Update Biaya Balik Nama dan Mutasi Mobil Terbaru 2024

Maret 23, 2024
By Getan Metodius
Update Biaya Balik Nama dan Mutasi Mobil Terbaru 2024-otospector

Bersyukur kalau udah bisa beli mobil, untuk otofriends yang baru beli mobil bekas mungkin bingung nih akan beberapa hal. Seperti berapa sih biaya balik nama dan mutasi mobil, bang min bakalan jabarin dengan lengkap di artikel berikut ini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Langkah selanjutnya ketika Otofriends sudah belu mobil bekas dari dealer terbaik seperti dealer rekanan otospector. Otofriends bisa mengurus sendiri perihal biaya administrasi kendaraan seperti mutasi dan balik nama. Simak biaya mutasi dan balik nama mobil.

#1: Lakukan mutasi kendaraan terlebih dahulu.

dealer mobil bekas

Sumber: Otomotif.Kompas

Kamu harus tahu nih ada biaya balik nama mobil yang dimana bergantung dari niali jual mobil itu sendiri. Jadi selain siapkan biaya, kamu perlu siapkan pengetahuan dulu yah sebelum melakukan balik nama.

Langkah pertama setelah beli mobkas adalah melakukan mutasi mobil, dengan prosedur ini, plat nomor juga akan berganti mengikuti perpindahan domisili.

Perlu diketahui nih, hal ini adalah wajib dilakukan buat kamu yang beli mobil bekas beda domisili tempat tinggal, contoh mobil dengan plat Tangerang, kamu domisilinya di Bogor.

Ketika sudah mutasi kendaraan tadi, baru deh kamu bisa balik nama, dari pemilik lama menjadi kamu sang pemilik yang baru. Ketika sudah ngurus balik nama, kendaraan bermotor itu udah resmi menjadi milik kamu, dan akan mempermudah kalau ngurus pajak kendaraan bermotor (PKB).

Baca juga: Inilah Prosedur Dan Biaya Balik Nama Mobil

#2: Biaya mutasi mobil bekas.

bpkb mobil

Sumber: Daihatsu.co.id

Syarat balik nama mobil, kamu harus mutasi terlebih dahulu otofriends. Kalau berbicara mutasi, kita harus merujuk pada PP No. 60 Tahun 2016 yang membahas tentang Jenis dan Tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) Polri, ini detail biaya mutasi mobil 2023:

  • Penerbitan STNK = Rp 200.000
  • Penerbitan TNKB = Rp 100.000
  • Biaya cetak atau ganti BPKB = Rp 375.000
  • Biaya surat mutasi = Rp 250.000
  • Biaya cek fisik kendaraan mobil = Rp 25.000
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Biaya untuk balik nama mobil bekas.

balik nama mobil

Kita pahami dulu ya otofriends kalau untuk point 3 perihal biaya balik nama itu setiap daerah punya prosedur dan biaya Bea balik nama mobil bekas yang beda-beda. Semua kewenangan itu dikembalikan ke pemerintah daerah masing-masing.

Kalau bisa sih kamu cek dulu besaran biaya balik nama mobil via online sebelum datang ke Samsat terdekat. Ini ada rincian biaya balik nama mobil bekas untuk kamu.

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB): Biaya ini dibebankan pada pemilik mobil bekas sebesar 1% dari harga beli mobil atau 2/3 dari jumlah PKB.

SWDKLLJ: Berdasarkan dari UU 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, biaya yang perlu disiapkan Rp 143.000.

Lalu biaya pendaftaran balik nama mobil sebesar Rp 100.000

#4: Siapkan dokumen yang menjadi persyaratan.

dokumen mobil bekas

Sumber: Suzuki.co.id

Tahap pertama adalah kamu perlu mempersiapkan dokumen pendukung yang perlu dipersiapkan. Diantaranya ada:

  • KTP pemilik kendaraan yang baru (KTP Kamu) beserta copy.
  • BPKB asli dan juga copy.
  • STNK asli dan copy.
  • Lalu ada kuitansi dari pembelian mobil bekas serta copyan yang sudah bermaterai Rp 10.000 masing-masing ditandatangani kamu sebagai pembeli dan si penjual.
  • Dok hasil pengecekan fisik, tentu ini perlu dilakukan di Samsat.

Setelah dari Samsat tempat kendaraan asal, kamu ke samsat sesuai domisili kamu sesuai KTP dengan beberapa tahapan singkat berikut:

  • Ke kantor SAMSAT tujuan yang terdekat dari rumah.
  • Lakukan pengecekan fisik oleh petugas dan kamu juga perlu isi dokumen.
  • Siapkan dokumen tadi dan berikan pada petugas mutasi BPKB.
  • Isi juga form dan serahkan fotokopi KTP lalu lunasi pembayaran.
  • Berikan dokumen formular yang sudah diisi dan bukti pembelian mobil ke BPKB online.
  • Setelah membayar tagihan BPKB online simpan buktinya, kamu ke loket BPKB dan serahkan copy STNK dan copy pembayaran pajak STNK.
  • Setelah itu berikan copy STNK dan pembayaran pajak STNK nya ke loket Pelat Nomor dan ambil Pelat Nomor baru, serta BPKB baru.

Baca juga: Cek Dokumen Penting Sebelum Beli Mobil Bekas

Penting, langsung urus balik nama dan mutasi setelah beli mobil bekas:

Ketika sudah beli mobil bekas dan melakukan transaksi di dealer mobil bekas, kamu perlu sesegera mungkin lakukan mutasi dan balik nama, agar kedepannya lebih enak. Pastikan juga sebelum beli mobil bekas, kamu mengecek mobil yang akan dibeli secara menyeluruh.

Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector agar proses pengecekan lebih detail dan independen. Kalau sudah di cek dan hasilnya oke, kamu bisa melakukan transaksi pembelian, dengan begitu kamu dipastikan beli mobil dengan aman dan nyaman.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mantap Ekspor Mobil Indonesia di 2024 Hampir Setengah Juta

Januari 21, 2024
Indonesia emang sudah tidak perlu diragukan dalam hal pangsa pasar. Indonesia salah satu negara pasar otomotif terbesar di dunia. Penjualan mobil baru dan juga mobil bekasnya sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha. Sampai akhirnya kita punya peluang untuk memproduksi mobil, dan itu sudah mulai terwujud otofriends. Sampai di tahun 2023 pun total unit mobil yang
Baca Lebih Lanjut

Biaya Tol Jakarta ke Surabaya Per Desember 2024

Januari 21, 2024
Musim liburan Natal dan Tahun baru sudah di depan mata. Bagi Otofriends yang ingin berlibur dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi dari Jakarta ke Surabaya, tentu akan lebih menyenangkan jika lewat jalan tol. Berapa sih, total tarifnya? Nah, sebelum dijawab, perlu diketahui bahwa Biaya tol Jakarta ke Surabaya sudah beberapa kali mengalami kenaikan. Kenaikan ini
Baca Lebih Lanjut

Yuk, Intip Mobil Bekas Surabaya 2024 Harga Di Bawah Rp200 Juta

Januari 21, 2024
Setelah situasi Pandemi perlahan-lahan mulai berangsur normal, kondisi perdagangan mobil bekas Surabaya perlahan-lahan mulai menggeliat dan bangkit. Situasi bursa sudah mulai bergairah. Perdagangan mobil bekas di Surabaya memang tergolong cukup ramai setelah Jabodetabek. Namun karakteristik pasar di Kota Pahlawan itu agak berbeda dengan Ibukota, karena lebih dominan pada mobil berkapasitas besar atau mobil keluarga. Soal
Baca Lebih Lanjut