Klik disini untukJual Mobil Anda

Cek Dokumen Penting Sebelum Beli Mobil Bekas

September 19, 2022
By Thomas W
Cek Dokumen Penting Sebelum Beli Mobil Bekas-otospector

Selain melakukan pengecekan mesin dan bodi, hal yang tak kalah penting saat membeli sebuah mobil bekas, adalah cek dokumen mobil bekas. Pasalnya, dokumen sebuah kendaraan (BPKB dan STNK) terkait dengan masalah legalitas atau hukum. Tentu kita tidak bisa bermain-main dengannya.  

Cek dokumen mobil bekas juga diperlukan untuk kelancaran pengurusan dokumen selanjutnya saat proses Balik Nama. Seperti kita tahu, saat kendaraan sudah dijual oleh pemilik, biasanya pemilik lama akan langsung memblokir kepemilikan kendaraan untuk mencegah pajak progresif. Di sinilah pemilik baru harus segera melakukan proses Balik Nama.

Apa saja yang harus dilakukan saat melakukan cek dokumen mobil bekas. Berikut 5 langkah yang bisa dilakukan:

#1. Cara Mengecek Keaslian BPKB

BPKB mobil bekas
BPKB Mobil
  • Perhatikan sampul BPKB. Sampul BPKB asli terliha lebih mengilap, sementara BPKB palsu umumnya lebih buram.
  • Perhatikan hologram. Pada BPKB asli, hologram terlihat abu-abu dan tidak berubah warna saat diterawang. Sementara BPKP palsu akan berubah menjadi kuning saat diterawang.
  • Lihat nomor seri di bawah hologram. Nomor tersebut adalah untuk membedakan domisili. Ada kode khusus tentang asal Polda dari dokumen. Data ini sifatnya rahasia.
  • Perhatikan identitas pemilik kendaraan. Pada PBKB palsu, perubahan hanya data kendaraan saja dan bukan data pemilik kendaraan. Biasanya pada bagian identitas kendaraan akan dihapus lalu diprint ulang.
  • Cek lambang Korlantas. Pada lembar buku BPKB halaman 14 terdapat lambang Korlantas. Jika disinari dengan ultraviolet lambang akan terlihat. Permukaan lembar ini juga akan terasa kasar saat diraba. Pada PBKP palsu lembar kertas akan terasa rata.
Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Inilah Prosedur Dan Biaya Balik Nama Mobil

#2. Cek keaslian STNK

STNK mobil bekas
Lubang yang membentuk huruf STNK
  • Cek stiker hologram. Stiker terdapat pada sisi kanan atas STNK. Caranya sama dengan mengecek hologram BPKB.
  • Lubang-lubang tipis pada lembar STNK. Pada sisi kanan lembaran STNK asli akan terdapat lubang-lubang tipis membentuk tulisan STNK. Sementara pada STNK palsu lubang-lubang tipis itu tidak ada.
  • Perhatikan barcode STNK. Jika barcode discan akan muncul angka atau identitas pemilik kendaraan. Sementara pada STNK palsu, barcode hanya sekadar hiasan.

#3. Cek Data Kendaraan Di Samsat online

Website E-Samsat
Tampilan Awal Situs E-Samsat

Biasanya kita mengenal e-Samsat saat membayar pajak dan memperpanjang STNK online. Namun, saat ini kita juga bisa memeriksa data kendaraan seperti, mengecek plat nomor online kendaraan.

Untuk mengecek data kendaraan dengan e-samsat, berikut yang bisa dilakukan:

  • Buka situs e-samsat sesuai provinsi atau bisa akses langsung e-samsat.id
  • Masukkan nomor polisi atau plat nomor mobil yang ingin dicek
  • Isi kode keamanan jika diperlukan
  • Klik cari untuk menemukan informasi
  • Kemudian, informasi dari mobil yang sedang dicari akan muncul.

#4. Cek Data Kendaraan Di Kantor Samsat

Kantor Samsat
Kantor Samsat

Selain melakukan pengecekkan secara online di e-samsat, kita juga bisa melakukan cek data kendaraan dengan langsung datang ke kantor samsat.

Sebelum datang ke samsat, siapkan beberapa dokumen seperti, KTP asli dan fotokopi. Kemudian ikuti langkah berikut ini:

  • Ambil dan isi formulir sesuai dengan nama pemilik pada STNK.
  • Serahkan formulir dan dokumen, kemudian petugas akan memberikan nomor antrian.
  • Setelah dipanggil, petugas akan memberikan data-data mengenai mobil yang ingin dicek.
  • Pengecekan bisa dilakukan untuk keaslian dokumen, kepemilikan tangan keberapa, serta pengecekan mobil kredit macet.

#5: Perbedaan BPKB Tangan Pertama Dan Kedua

STNK dan BPKB mobil bekas
STNK dan BPKB

Saat pembelian mobil bekas, ada baiknya kita mengecek apakah BPKB dari tangan pertama atau tangan kedua. Mempertimbangkan mobil sudah ke tangan berapa menjadi hal yang penting, agar terhindar dari penipuan atau membeli kendaraan dari hasil pencurian.

Perbedaan dari BPKB tangan pertama dan tangan kedua biasanya bisa dilihat dari pencantuman nomor KTP pemilik yang masih berlaku. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya pemalsuan BPKB yang tidak bertanggung jawab.

Perbedaan berikutnya adalah ada banyaknya halaman untuk kolom pengisian penggantian nomor polisi atau mutasi, bisa disebut juga dengan balik nama. Bila lembar tersebut habis, maka kendaraan bisa dipastikan sudah berada di tangan kedua atau lebih.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Mengenali BPKB Asli atau Palsu, Begini Ciri-cirinya

Saat membeli mobil bekas, bagaimana cara memastikan dokumen yang dimiliki lengkap dan sah?

Jika Otofriends ragu dengan kelengkapan surat-surat sebuah mobil bekas, maka sebaiknya gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Petugas inspeksi akan memeriksa kelengkapan surat-surat dan memastikan apakah sudah sesuai dengan kendaraan yang diinspeksi.

Namun jika Otofriends ingin mengetahui keabsahan surat-surat, maka silakan saja langsung ke Kantor Samsat. Pengecekan keabsahan surat-surat masuk dalam ranah Samsat atau Kepolisian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya