Klik disini untukJual Mobil Anda

Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

Maret 24, 2016
By jandika
Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan-otospector

Salah satu bagian terpenting dari mobil adalah rangka atau sasis dari mobil tersebut. Rangka mobil berfungsi sebagai struktur utama yang menyangga komponen lainnya seperti mesin, transmisi, dan penggerak roda.

Terdapat dua jenis rangka yang dapat kita temukan pada hampir semua produksi mobil saat ini:

#1: Sasis Tangga

Sasis Tangga

Pada mobil yang menggunakan sasis tangga, body dan rangka mobil dibangun dari dua komponen yang terpisah. Body mobil dipasang di atas rangka yang menyerupai bentuk tangga atau yang sering disebut ladder frame.

Saat ini sudah tidak banyak mobil yang menggunakan sasis tangga, umumnya digunakan oleh mobil truk, SUV, atau jeep yang mempunyai tujuan mengangkut beban besar.

#2: Sasis Monocoque

Sasis Monokok

Mayoritas produksi mobil saat ini menggunakan sasis monocoque, di mana rangka dan body mobil adalah satu kesatuan atau biasa juga disebut unibody.

Kenapa banyak mobil menggunakan sasis model ini? Salah satu alasannya adalah efisiensi bahan bakar, karena body dan rangka menyatu, rangka tipe ini menjadi lebih ringan. Selain itu, ruang kabin juga lebih aman saat terjadi benturan.

Baca Juga: 5 Indikasi Mobil Bekas Terendam Banjir

Ciri Kerusakan Pada Sasis Mobil

Saat memeriksa mobil, ada dua tempat di mana Anda perlu memperhatikan kondisi rangka, yaitu saat memeriksa kolong dan ruang mesin.

Pada kolong mobil, lokasi sasis dapat Anda temukan di sepanjang kiri dan kanan body, dan juga di bawah bemper belakang. Di dalam ruang mesin, Anda perlu memeriksa sasis utama (berlokasi di kiri dan kanan bawah dekat fender), apron, dan juga sasis support radiator.

contoh-sasis-pecah
Sasis Pecah

Setelah anda menemukan lokasi sasis, pastikan sasis bebas dari tanda-tanda bekas perbaikan seperti las atau dempul. Karat pada sasis juga perlu diperhatikan, karena sasis yang bekas di-las cenderung menjadi berkarat.

Agar lebih jelas, berikut adalah contoh foto sasis yang sudah di-las akibat bekas tabrakan pada salah satu mobil yang kami inspeksi.

sasis-bekas-las
Sasis Bekas Las

Baca Juga: 5 Titik Rawan yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Klasik

Bagaimana bila Kerusakan Sudah Diperbaiki?

Jika rangka mobil yang mengalami kerusakan masih pada bagian luar, bisa dibilang tabrakan yang terjadi tidak terlalu besar dan bila diperbaiki dengan baik, maka tidak akan mengganggu fungsi mobil.

Akan tetapi, jika mobil mengalami tabrakan besar  sampai ke sasis utama, perbaikan menjadi pekerjaan besar yang sering kali tidak dapat mengembalikan kondisi/fungsi rangka kembali ke semula.

Contohnya, jika terjadi tabrakan pada sasis yang menjadi dudukan kaki-kaki, maka mobil akan menjadi oleng ke kanan dan kiri.

Tidak yakin mobil incaran Anda bebas tabrakan? Kami dapat membantu Anda. Semua inspektor kami berpengalaman dalam memeriksa struktur rangka mobil dan pemeriksaan bekas tabrakan sudah termasuk dalam standar 150+ Poin Inspeksi OtoSpector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Begini Cara Kerja Airbag Mobil Dan Jenis-jenisnya

Juni 17, 2023
Airbag atau kantong udara adalah salah satu fitur keselamatan yang ada di sebagian besar mobil modern. Airbag berfungsi untuk menjaga pengemudi dan penumpang dari cedera yang bisa terjadi akibat benturan keras saat terjadi kecelakaan. Sayangnya tak banyak orang mengetahui secara persis bagaimana kerja airbag ini, lantaran mungkin tidak pernah melihatnya sendiri. Karena memang kalau mau
Baca lebih lanjut

Simak Dulu Manfaat Modifikasi Mobil Ceper

Juni 16, 2023
Modifikasi mobil dengan ground clearance rendah atau biasa disebut mobil ceper adalah salah satu ciri khas dari para pecinta otomotif. Banyak pemilik mobil yang memodifikasi mobil mereka dengan menurunkan ketinggian bodi mobil agar terlihat lebih sporty dan keren. Bahkan tak jarang ada yang membeli mobil khusus untuk dimodifikasi seperti ini. Namun, modifikasi mobil ceper juga
Baca lebih lanjut

Cara Merawat Per Daun Mobil

Juni 14, 2023
Per pada mobil terutama roda empat atau lebih itu terbagi antara beberapa, pertama ada coil spring atau per keong, serta leaf spring atau instilah Indonesianya adalah per daun. Sebetulnya keduanya itu sama Otofriends, dimana memiliki fungsi sebagai peredam dari gejala naik serta turunnya yang disebabnya tidak ratanya aspal atau jalan yang dilalui. Kali ini kita
Baca lebih lanjut