Klik disini untukJual Mobil Anda

Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

Maret 24, 2016
By jandika
Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan-otospector

Salah satu bagian terpenting dari mobil adalah rangka atau sasis dari mobil tersebut. Rangka mobil berfungsi sebagai struktur utama yang menyangga komponen lainnya seperti mesin, transmisi, dan penggerak roda.

Terdapat dua jenis rangka yang dapat kita temukan pada hampir semua produksi mobil saat ini:

#1: Sasis Tangga

Sasis Tangga

Pada mobil yang menggunakan sasis tangga, body dan rangka mobil dibangun dari dua komponen yang terpisah. Body mobil dipasang di atas rangka yang menyerupai bentuk tangga atau yang sering disebut ladder frame.

Saat ini sudah tidak banyak mobil yang menggunakan sasis tangga, umumnya digunakan oleh mobil truk, SUV, atau jeep yang mempunyai tujuan mengangkut beban besar.

#2: Sasis Monocoque

Sasis Monokok

Mayoritas produksi mobil saat ini menggunakan sasis monocoque, di mana rangka dan body mobil adalah satu kesatuan atau biasa juga disebut unibody.

Kenapa banyak mobil menggunakan sasis model ini? Salah satu alasannya adalah efisiensi bahan bakar, karena body dan rangka menyatu, rangka tipe ini menjadi lebih ringan. Selain itu, ruang kabin juga lebih aman saat terjadi benturan.

Baca Juga: 5 Indikasi Mobil Bekas Terendam Banjir

Ciri Kerusakan Pada Sasis Mobil

Saat memeriksa mobil, ada dua tempat di mana Anda perlu memperhatikan kondisi rangka, yaitu saat memeriksa kolong dan ruang mesin.

Pada kolong mobil, lokasi sasis dapat Anda temukan di sepanjang kiri dan kanan body, dan juga di bawah bemper belakang. Di dalam ruang mesin, Anda perlu memeriksa sasis utama (berlokasi di kiri dan kanan bawah dekat fender), apron, dan juga sasis support radiator.

contoh-sasis-pecah
Sasis Pecah

Setelah anda menemukan lokasi sasis, pastikan sasis bebas dari tanda-tanda bekas perbaikan seperti las atau dempul. Karat pada sasis juga perlu diperhatikan, karena sasis yang bekas di-las cenderung menjadi berkarat.

Agar lebih jelas, berikut adalah contoh foto sasis yang sudah di-las akibat bekas tabrakan pada salah satu mobil yang kami inspeksi.

sasis-bekas-las
Sasis Bekas Las

Baca Juga: 5 Titik Rawan yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Klasik

Bagaimana bila Kerusakan Sudah Diperbaiki?

Jika rangka mobil yang mengalami kerusakan masih pada bagian luar, bisa dibilang tabrakan yang terjadi tidak terlalu besar dan bila diperbaiki dengan baik, maka tidak akan mengganggu fungsi mobil.

Akan tetapi, jika mobil mengalami tabrakan besar  sampai ke sasis utama, perbaikan menjadi pekerjaan besar yang sering kali tidak dapat mengembalikan kondisi/fungsi rangka kembali ke semula.

Contohnya, jika terjadi tabrakan pada sasis yang menjadi dudukan kaki-kaki, maka mobil akan menjadi oleng ke kanan dan kiri.

Tidak yakin mobil incaran Anda bebas tabrakan? Kami dapat membantu Anda. Semua inspektor kami berpengalaman dalam memeriksa struktur rangka mobil dan pemeriksaan bekas tabrakan sudah termasuk dalam standar 150+ Poin Inspeksi OtoSpector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perlu Tahu! Ini Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar

April 25, 2022
Tidak banyak orang paham, bahwa sebenarnya ada cara melepas aki mobil yang benar. Pengertian “benar” di sini artinya tidak menyebabkan kerusakan baik pada permukaan bodi maupun pada sistem kelistrikan. Cara melepas aki mobil memang perlu kehati-hatian, karena aki memiliki cairan yang bersifat korosif sehingga dapat menimbulkan noda pada berbagai permukaan seperti plastik atau cat. Sementara
Baca lebih lanjut

4 Hal Yang Perlu Kita Tahu Tentang Shockbreaker Mobil

April 24, 2022
Ketika kaki-kaki mobil mulai terasa ada keluhan, maka biasanya pertama kali pemilik akan curiga asalnya dari shockbreaker mobil. Apalagi jika pemilik sadar, shockbreaker yang ada di mobilnya sudah dipakai cukup lama.   Maklum saja kalau pemilik mobil cukup perhatian. Pasalnya, komponen ini berperan penting dalam meredam guncangan saat sistem suspensi bekerja. Kerusakan pada shockbreaker mobil
Baca lebih lanjut

Belum Mati, Segini Harga Mobilio Bekas Per April 2022

April 23, 2022
Tidak sedikit orang yang mencari informasi tentang harga Mobilio bekas di berbagai forum jual-beli mobil. Mereka penasaran karena sudah cukup lama tidak ada kabar terbaru soal Mobilio. Sehingga akhirnya tidak sedikit orang yang mengira mobil ini sudah tidak diproduksi lagi alias sudah disuntik mati. Padahal anggapan itu tidak benar. Meski produk barunya sudah sangat jarang
Baca lebih lanjut