Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

5 Titik Rawan yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Klasik

Desember 30, 2016
By jandika
5 Titik Rawan yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Klasik-otospector

Apakah Anda salah satu penggemar mobil klasik? Atau mungkin Anda baru saja menaruh minat untuk membeli mobil tua dan berencana memodifikasi mobil tersebut nantinya? Agar Anda dapat mengambil keputusan yang matang, perhatikan 5 titik rawan berikut sebelum membeli mobil idaman Anda:

#1: Sasis dan Kaki-Kaki Mobil

Poin yang satu ini merupakan bagian paling vital yang harus Anda amati. Sasis dan kaki-kaki mobil tua cenderung sudah mulai ringkih sehingga berpotensi bermasalah di jalan. Mintalah untuk melakukan pengecekan khusus untuk bagian sasis dan kaki-kaki agar Anda dapat mengetahui kondisi keseluruhan dari depan hingga belakang.

#2: Knalpot

Salah satu indikasi mesin mobil masih berada dalam kondisi baik adalah dengan melihat gas buangan dari knalpot. Jika knalpot masih mengeluarkan air, artinya tidak ada kebocoran oli. Mintalah juga untuk menguji coba mobil beberapa menit untuk melihat emisinya. Mesin mobil masih tergolong baik jika jelaga yang tersisa di knalpot tidak basah dan temperatur mobil berada dalam kondisi normal.

#3: Karburator

Karburator berfungsi mencampur udara dan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Sebagian besar mobil keluaran terbaru telah menggunakan sistem injeksi untuk pembakaran sehingga karburator umumnya hanya akan Anda temukan pada mobil-mobil lawas atau klasik. Sebelum membeli mobil incaran Anda, pastikan karburatornya masih mulus dan terawat, karena karburator yang sudah mulai soak akan berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar.

#4: Eksterior

Anda mungkin berpikir bahwa eksterior mobil bukanlah suatu masalah besar. Namun kenyataannya, merombak bagian eksterior mobil antik dapat memakan biaya yang lebih besar daripada hanya mengganti beberapa bagian onderdil mobil yang sudah mulai usang. Pertimbangkan kondisi mesin maupun badan mobil dan cari tahu perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan nantinya.

#5: Surat Kelengkapan

Kelengkapan dokumen dan berkas mobil tidak kalah penting dibanding faktor lainnya. Tentunya Anda wajib was-was jika mobil yang telah Anda sukai ternyata tidak disertai dengan STNK atau BPKB yang jelas. Jika Anda membeli mobil keluaran sebelum tahun 1970, periksa juga boekpass mobil tersebut. Boekpass merupakan sertifikat kendaraan bermotor sebelum dikeluarkannya BPKB.

Apakah Anda sudah siap untuk membeli mobil lawas idaman? Jika Anda masih belum merasa sepenuhnya yakin, jangan ragu untuk menggunakan jasa pengecekan independen oleh teknisi terlatih.

OtoSpector memiliki layanan khusus untuk inspeksi mobil tua karena lebih banyak titik rawan yang harus diamati dibandingkan mobil keluaran baru. Selain itu, mobil tua juga memiliki banyak area “tersembunyi” karena beberapa bagiannya tidak sama dengan mobil keluaran baru sehingga pengecekan harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya