Perhatikan 5 Titik Rawan Sebelum Beli Mobil Klasik

Desember 30, 2016
By jandika
Perhatikan 5 Titik Rawan Sebelum Beli Mobil Klasik-otospector

Apakah Anda salah satu penggemar mobil klasik? Atau mungkin Anda baru saja menaruh minat untuk membeli mobil tua dan berencana memodifikasi mobil tersebut nantinya? Agar Anda dapat mengambil keputusan yang matang, perhatikan 5 titik rawan berikut sebelum membeli mobil idaman Anda:

#1: Sasis dan Kaki-Kaki Mobil

Poin yang satu ini merupakan bagian paling vital yang harus Anda amati. Sasis dan kaki-kaki mobil tua cenderung sudah mulai ringkih sehingga berpotensi bermasalah di jalan. Mintalah untuk melakukan pengecekan khusus untuk bagian sasis dan kaki-kaki agar Anda dapat mengetahui kondisi keseluruhan dari depan hingga belakang.

Baca juga: Servis di Bengkel Resmi atau Umum? Sebelum Memutuskan Cek Dulu Fakta-faktanya!

#2: Knalpot

Salah satu indikasi mesin mobil masih berada dalam kondisi baik adalah dengan melihat gas buangan dari knalpot. Jika knalpot masih mengeluarkan air, artinya tidak ada kebocoran oli. Mintalah juga untuk menguji coba mobil beberapa menit untuk melihat emisinya. Mesin mobil masih tergolong baik jika jelaga yang tersisa di knalpot tidak basah dan temperatur mobil berada dalam kondisi normal.

#3: Karburator

Karburator berfungsi mencampur udara dan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Sebagian besar mobil keluaran terbaru telah menggunakan sistem injeksi untuk pembakaran sehingga karburator umumnya hanya akan Anda temukan pada mobil-mobil lawas atau klasik. Sebelum membeli mobil incaran Anda, pastikan karburatornya masih mulus dan terawat, karena karburator yang sudah mulai soak akan berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar.

#4: Eksterior

Anda mungkin berpikir bahwa eksterior mobil bukanlah suatu masalah besar. Namun kenyataannya, merombak bagian eksterior mobil antik dapat memakan biaya yang lebih besar daripada hanya mengganti beberapa bagian onderdil mobil yang sudah mulai usang. Pertimbangkan kondisi mesin maupun badan mobil dan cari tahu perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan nantinya.

Baca juga: Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

#5: Surat Kelengkapan

Kelengkapan dokumen dan berkas mobil tidak kalah penting dibanding faktor lainnya. Tentunya Anda wajib was-was jika mobil yang telah Anda sukai ternyata tidak disertai dengan STNK atau BPKB yang jelas. Jika Anda membeli mobil keluaran sebelum tahun 1970, periksa juga boekpass mobil tersebut. Boekpass merupakan sertifikat kendaraan bermotor sebelum dikeluarkannya BPKB.

Apakah Anda sudah siap untuk membeli mobil lawas idaman? Jika Anda masih belum merasa sepenuhnya yakin, jangan ragu untuk menggunakan jasa pengecekan independen oleh teknisi terlatih.

OtoSpector memiliki layanan khusus untuk inspeksi mobil tua karena lebih banyak titik rawan yang harus diamati dibandingkan mobil keluaran baru. Selain itu, mobil tua juga memiliki banyak area “tersembunyi” karena beberapa bagiannya tidak sama dengan mobil keluaran baru sehingga pengecekan harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Panas, Ini Penyebab Lain Kopling Mobil Bisa Bau

Juli 30, 2024
Kopling merupakan komponen yang memiliki peran penting dalam mobil khususnya mobil bertransmisi manual. Seperti yang kita ketahui bersama, untuk berpindah transmisi satu ke transmisi selanjutnya pengemudi mobil jenis ini harus terus menginjak kopling. Banyak terjadi kasus muncul bau tidak sedap dari kopling mobil. Agar terhindar dari kasus tersebut, kenali penyebab-penyebabnya. Berikut ini penyebab kopling mobil
Baca Lebih Lanjut

Kenapa Mobil Diesel itu Bisa Lebih Mahal

Juli 28, 2024
Mobil diesel menjadi perbincangan di dunia otomotif, termasuk untuk memilih antara kendaraan diesel atau kendaraan bensin. Karena sebagian besar orang memutuskan untuk membeli mobil diesel. Karena dapat menghasilkan lebih banyak torsi serta sudah dapat beroperasi dengan baik di tingkat konversi yang tinggi. Dengan demikian ini menjadi salah satu alasan mengapa mobil diesel harga nya mahal. 
Baca Lebih Lanjut

Simsalabim Cara Mudah Tukar Tambah Mobil Bekas

Juli 27, 2024
Pasar otomotif di Indonesia sudah berkembang dengan pesat, inovasi dan pembaharuan sudah menjadi keniscayaan otofriends.  Perkembangan zaman yang menuntut untuk mempunyai kendaraan dengan teknologi yang terbaru dan canggih, maka sebagian orang mempertimbangkan langkah untuk tukar tambah mobil bekas.  Dengan melakukan tukar tambah mobil bekas maka kamu bisa memiliki peluang untuk mengganti kendaraan kamu dengan mobil
Baca Lebih Lanjut