Perhatikan 5 Titik Rawan Sebelum Beli Mobil Klasik

Desember 30, 2016
By jandika
Perhatikan 5 Titik Rawan Sebelum Beli Mobil Klasik-otospector

Apakah Anda salah satu penggemar mobil klasik? Atau mungkin Anda baru saja menaruh minat untuk membeli mobil tua dan berencana memodifikasi mobil tersebut nantinya? Agar Anda dapat mengambil keputusan yang matang, perhatikan 5 titik rawan berikut sebelum membeli mobil idaman Anda:

#1: Sasis dan Kaki-Kaki Mobil

Poin yang satu ini merupakan bagian paling vital yang harus Anda amati. Sasis dan kaki-kaki mobil tua cenderung sudah mulai ringkih sehingga berpotensi bermasalah di jalan. Mintalah untuk melakukan pengecekan khusus untuk bagian sasis dan kaki-kaki agar Anda dapat mengetahui kondisi keseluruhan dari depan hingga belakang.

Baca juga: Servis di Bengkel Resmi atau Umum? Sebelum Memutuskan Cek Dulu Fakta-faktanya!

#2: Knalpot

Salah satu indikasi mesin mobil masih berada dalam kondisi baik adalah dengan melihat gas buangan dari knalpot. Jika knalpot masih mengeluarkan air, artinya tidak ada kebocoran oli. Mintalah juga untuk menguji coba mobil beberapa menit untuk melihat emisinya. Mesin mobil masih tergolong baik jika jelaga yang tersisa di knalpot tidak basah dan temperatur mobil berada dalam kondisi normal.

#3: Karburator

Karburator berfungsi mencampur udara dan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Sebagian besar mobil keluaran terbaru telah menggunakan sistem injeksi untuk pembakaran sehingga karburator umumnya hanya akan Anda temukan pada mobil-mobil lawas atau klasik. Sebelum membeli mobil incaran Anda, pastikan karburatornya masih mulus dan terawat, karena karburator yang sudah mulai soak akan berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar.

#4: Eksterior

Anda mungkin berpikir bahwa eksterior mobil bukanlah suatu masalah besar. Namun kenyataannya, merombak bagian eksterior mobil antik dapat memakan biaya yang lebih besar daripada hanya mengganti beberapa bagian onderdil mobil yang sudah mulai usang. Pertimbangkan kondisi mesin maupun badan mobil dan cari tahu perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan nantinya.

Baca juga: Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

#5: Surat Kelengkapan

Kelengkapan dokumen dan berkas mobil tidak kalah penting dibanding faktor lainnya. Tentunya Anda wajib was-was jika mobil yang telah Anda sukai ternyata tidak disertai dengan STNK atau BPKB yang jelas. Jika Anda membeli mobil keluaran sebelum tahun 1970, periksa juga boekpass mobil tersebut. Boekpass merupakan sertifikat kendaraan bermotor sebelum dikeluarkannya BPKB.

Apakah Anda sudah siap untuk membeli mobil lawas idaman? Jika Anda masih belum merasa sepenuhnya yakin, jangan ragu untuk menggunakan jasa pengecekan independen oleh teknisi terlatih.

OtoSpector memiliki layanan khusus untuk inspeksi mobil tua karena lebih banyak titik rawan yang harus diamati dibandingkan mobil keluaran baru. Selain itu, mobil tua juga memiliki banyak area “tersembunyi” karena beberapa bagiannya tidak sama dengan mobil keluaran baru sehingga pengecekan harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor

Maret 09, 2024
Suka bingung nggak sih otofriends kalau lagi nyetir kok tiba-tiba mobil nggak ada tenaga. Lalu juga kadang kita ngerasa mobil kok jadi lebih boros daripada biasanya, nah hal ini bisa terjadi ketika filter udara yang kotor. Lah kok bisa filter udara kotor bisa bikin performa loyo? Tentu bisa, karena filter udara yang sudah kotor itu
Baca Lebih Lanjut

Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

Maret 09, 2024
Seseorang yang mengantuk, sesungguhnya adalah kondisi di mana ia merasa ingin tidur atau susah untuk tetap terjaga. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, gangguan tidur, atau kondisi medis tertentu. Akan tetapi mengantuk juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menenangkan sistem saraf pusat. Simak obat yang tidak boleh diminum
Baca Lebih Lanjut

Apa Aja Penyakit-Penyakit Mobil Tua?

Maret 08, 2024
Mana nih yang mau otw mudik lebaran tahun 2024? Spesial buat kamu yang bawa mobil udah berumur atau tua. Jangan lupa cek beberapa komponen yang bisa menyebabkan penyakit untuk mobil-mobil tua. Buat yang pada mau otw mudik, terutama saat dua minggu mau lebaran, biasanya jalanan cukup macet. Nah saat mudik emang nggak bisa diprediksi bakalan
Baca Lebih Lanjut