Klik disini untukJual Mobil Anda

Perhatikan 5 Titik Rawan Sebelum Beli Mobil Klasik

Desember 30, 2016
By jandika
Perhatikan 5 Titik Rawan Sebelum Beli Mobil Klasik-otospector

Apakah Anda salah satu penggemar mobil klasik? Atau mungkin Anda baru saja menaruh minat untuk membeli mobil tua dan berencana memodifikasi mobil tersebut nantinya? Agar Anda dapat mengambil keputusan yang matang, perhatikan 5 titik rawan berikut sebelum membeli mobil idaman Anda:

#1: Sasis dan Kaki-Kaki Mobil

Poin yang satu ini merupakan bagian paling vital yang harus Anda amati. Sasis dan kaki-kaki mobil tua cenderung sudah mulai ringkih sehingga berpotensi bermasalah di jalan. Mintalah untuk melakukan pengecekan khusus untuk bagian sasis dan kaki-kaki agar Anda dapat mengetahui kondisi keseluruhan dari depan hingga belakang.

Baca juga: Servis di Bengkel Resmi atau Umum? Sebelum Memutuskan Cek Dulu Fakta-faktanya!

#2: Knalpot

Salah satu indikasi mesin mobil masih berada dalam kondisi baik adalah dengan melihat gas buangan dari knalpot. Jika knalpot masih mengeluarkan air, artinya tidak ada kebocoran oli. Mintalah juga untuk menguji coba mobil beberapa menit untuk melihat emisinya. Mesin mobil masih tergolong baik jika jelaga yang tersisa di knalpot tidak basah dan temperatur mobil berada dalam kondisi normal.

#3: Karburator

Karburator berfungsi mencampur udara dan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Sebagian besar mobil keluaran terbaru telah menggunakan sistem injeksi untuk pembakaran sehingga karburator umumnya hanya akan Anda temukan pada mobil-mobil lawas atau klasik. Sebelum membeli mobil incaran Anda, pastikan karburatornya masih mulus dan terawat, karena karburator yang sudah mulai soak akan berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar.

#4: Eksterior

Anda mungkin berpikir bahwa eksterior mobil bukanlah suatu masalah besar. Namun kenyataannya, merombak bagian eksterior mobil antik dapat memakan biaya yang lebih besar daripada hanya mengganti beberapa bagian onderdil mobil yang sudah mulai usang. Pertimbangkan kondisi mesin maupun badan mobil dan cari tahu perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan nantinya.

Baca juga: Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

#5: Surat Kelengkapan

Kelengkapan dokumen dan berkas mobil tidak kalah penting dibanding faktor lainnya. Tentunya Anda wajib was-was jika mobil yang telah Anda sukai ternyata tidak disertai dengan STNK atau BPKB yang jelas. Jika Anda membeli mobil keluaran sebelum tahun 1970, periksa juga boekpass mobil tersebut. Boekpass merupakan sertifikat kendaraan bermotor sebelum dikeluarkannya BPKB.

Apakah Anda sudah siap untuk membeli mobil lawas idaman? Jika Anda masih belum merasa sepenuhnya yakin, jangan ragu untuk menggunakan jasa pengecekan independen oleh teknisi terlatih.

OtoSpector memiliki layanan khusus untuk inspeksi mobil tua karena lebih banyak titik rawan yang harus diamati dibandingkan mobil keluaran baru. Selain itu, mobil tua juga memiliki banyak area “tersembunyi” karena beberapa bagiannya tidak sama dengan mobil keluaran baru sehingga pengecekan harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cek Harga Mobil Xenia Bekas Paling Update Awal 2022

Januari 08, 2022
Mengingat kehadirannya sudah lebih dari 17 tahun, harga mobil Xenia bekas di pasaran sangatlah beragam. Dengan kualitas yang masih bagus dan layak, mobil ini pantas untuk dijadikan kendaraan keluarga maupun aktivitas bisnis. Di Indonesia, mobil ini sudah rilis sejak tahun 2004. Dengan tiga generasi, di mana terjadi perubahan signifikan dari generasi awal hingga saat ini.
Baca lebih lanjut

Harga Mobil Vios Bekas Kian Menarik, Cek Info Terbarunya!

Januari 07, 2022
Harga mobil Vios bekas masih diburu karena memiliki spesifikasi mumpuni untuk dijadikan alat transportasi pribadi. Ini sekaligus membuktikan bahwa small sedan dari Toyota itu memang layak diperhitungkan.  Kehadiran Vios tahun 2003, merupakan upaya menggantikan Soluna yang sudah berhenti produksi sejak 2000. Hingga saat ini, sudah terdapat tiga generasinya dengan karakteristik luxury tak bisa diabaikan. Bahkan
Baca lebih lanjut

Jangan Sembarangan Pakai Lampu Hazard, Ini 5 Faktanya

Januari 06, 2022
Saat hujan turun di jalanan dan pandangan sedikit berkurang, banyak mobil yang mengatasinya dengan menyalakan lampu hazard. Apakah tindakan ini bisa dibenarkan? Sayangnya tidak. Karena lampu hazard bukan untuk keperluan penanda saat mobil berada di tengah hujan lebat atau kabut. Dalam kondisi semacam ini, pemakaian hazard justru malah membahayakan, karena pengemudi lain tidak bisa mengetahui
Baca lebih lanjut