Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
By Getan Metodius
Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut-otospector

Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada Otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps?

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang belum pernah kita temui pasti kita akan menggunakan aplikasi Google Maps untuk menentukan arah jalannya. 

Google Maps memudahkan kita untuk mencari informasi kondisi jalanan dan juga memudahkan untuk mencari arah, lokasi, serta navigasi ke seluruh dunia. Maka dengan hal tersebut Google Maps sudah menjadi aplikasi yang disukai oleh semua kalangan.

Selain itu, Google Maps juga memberikan berbagai pilihan dan fitur, termasuk ada beberapa warna, yang  fungsi nya untuk memberi informasi yang berbeda tiap warnanya. Yuk, langsung aja kita cari tahu apa aja sih arti warna dan simbol yang ada di Google Maps yang perlu kita ketahui.

#1: Bagian area:

area dalam google maps

Sumber: Liputan6

  • Biru : Area air, contohnya seperti sungai dan danau.
  • Hijau : Taman atau area yang hijau.
  • Kuning : Pusat kota atau daerah bisnis.
  • Abu-abu : Area perumahan.
  • Oren : Area industri.

Baca juga: Mesin Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup? Ini Solusinya!

#2: Bagian Jalan dan Arah: 

arah dalam google maps

Sumber: wikihow

  • Kuning : Jalan penghubung antara jalan utama atau jalan sekunder.
  • Hijau : Jalan atau area pejalan kaki.
  • Merah : Jalan arteri atau jalan utama.
  • Abu-abu : Jalan kecil atau jalan yang cuman bisa dilewati oleh kendaraan kecil biasa dibilang dengan sebutan jalan lokal.
  • Biru : Jalur kereta api, contohnya seperti kereta komuter atau kereta bawah tanah.
  • Ungu : Jalur kereta api yang cepat atau jalur metro dari sistem kereta api biasa.
  • Putih : Jalan setapak atau jalanan yang tidak mempunyai lalu lintas yang signifikan.
  • Transportasi Umum.
beli mobil bekas di tokopedia

#3: Bagian Bangunan: 

google maps

Sumber: Jawa Pos

  • Biru : Pasar
  • Kuning : Tempat perbelanjaan, contohnya seperti Mall. 
  • Merah : Fasilitas medis atau rumah sakit.
  • Oren : Pom bensin
  • Abu-abu : Apartemen atau gedung perkantoran

#4: Kode dari warna akan menunjukkan lalu lintas di jalan:

gambar google maps

Sumber: Sonora

  • Oren : Lalu lintas sedang padat.
  • Hijau : jalanan lancar atau tidak ada kemacetan. 
  • Merah : Sedang terjadi kemacetan lalu lintas.
  • Garis abu-abu atau kebiruan : menunjukkan rute kalian.
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Bagian Fitur Khusus:

  • Kuning : Digunakan sebagai petunjuk lalu lintas saat ini, contoh nya seperti pada saat macet.
  • Ungu : Digunakan sebagai penunjukan area yang dikelola atau yang diatur oleh institusi Pendidikan atau Universitas.
  • Merah : Digunakan sebagai tanda untuk menandai tujuan atau lokasi awal. 

Warna yang diberikan di Google Maps sangatlah berguna untuk informasi yang ada di lalu lintas, serta dapat memberikan informasi mengenai navigasi dan arah. Warna-warna yang ada di Google Maps mempunyai arti yang berbeda. Dengan adanya perbedaan warna jadi lebih membantu pengguna untuk memahami keadaan lalu lintas.

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Penyebab Mesin Overheat

Lalu bagaimana cara membaca Google Maps?

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk memudahkan kamu membaca Google Maps.

  1. Download dan buka aplikasi Google Maps.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download aplikasi Google Maps di Google Play Store atau di App Store. Lalu buka aplikasi Google Maps di handphone kamu.

  1. Pilih lokasi yang akan dituju.

Lalu yang kedua, pilih atau ketik lokasi yang akan kamu tuju. Seperti nama alamat, nama tempat, atau koordinat di bagian kolom pencarian yang sudah tersedia di bagian atas layar. Lalu nanti Google Maps akan menampilkan pencarian yang kamu tuju.

  1. Navigasi.

Navigasi adalah titik awal sampai ke titik tujuan. Jadi kamu bisa klik tombol navigasi yang ada di bawah layar. Lalu Google Maps akan menunjukkan arah yang bisa kamu lalui.

  1. Fitur Lain.

Selain itu, Google Maps juga sudah menyediakan fitur tambahan, contohnya seperti mengetahui kondisi lalu lintas, dan lokasi transportasi umum. Jika ingin menggunakan fitur ini kamu bisa langsung aja klik tombol yang sesuai yang ada di dalam aplikasi Google Maps. 

  1. Bisa Memperkecil Peta atau Memperbesar Peta.

Kamu juga bisa lho untuk memperkecil atau memperbesar peta. Cara nya kamu hanya menggeser jari kamu di layar hp atau bisa juga dengan klik tombol zoom out atau zoom in, yang letaknya ada di kanan bawah layar hp kamu.

  1. Dapat Mengubah Tampilan pada Peta.

Yang terakhir, Google Maps juga bisa mengubah tampilan pada peta. Contohnya seperti mengubah tampilan peta jalan, peta satelit, atau peta terestrial. Cara untuk mengubah tampilan ini, kamu hanya kok pada bagian ikon lapisan pada bagian kanan atas layar.

Teknologi peta sangat membantu pengemudi.

Baik kamu dan saya sangat terbantu banget dengan teknologi google maps ini. Selain itu untuk kelancaran perjalanan mengemudi kamu, perlu dipastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima ya Otofriends.

Biar mobil makin awet dan jika ada rejeki berlebih ingin upgrade mobil, daya jual kembalinya tidak anjlok karena banyak kerusakan disana sini. Teruntuk yang mau beli mobil bekas, disarankan menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja. Layanan inspeksi mobil no 1 di Indonesia ini bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan mobil bekas mana yang patut kamu beli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

3 Cara Mencari Lokasi Rest Area Terdekat Dari Kita? Update 2024

Februari 12, 2024
Saat ini bepergian sudah tidak terasa jauh seperti dulu, pasalnya jarak yang dulu katanya “jauh”, kini sudah terasa lebih dekat. Adanya pembangunan jalan tol yang semakin banyak dan meluas ini menjadi salah satu faktornya Otofriends. Dengan istirahat sejenak, bisa membuat perjalanan lebih aman. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah pun sudah menargetkan 13 tol baru sampai akhir tahun
Baca Lebih Lanjut

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends. Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.
Baca Lebih Lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca Lebih Lanjut