Download Aplikasi OTOS
Install

Perbedaan Mesin Mobil Panas Biasa dengan Overheat

April 29, 2025
By Getan Metodius
Perbedaan Mesin Mobil Panas Biasa dengan Overheat-otospector

Pernah gak, kamu lagi nyetir mobil, tiba-tiba ngerasa mesin kok kayak makin panas? Pasti langsung deg-degan, kan? Tapi tunggu dulu, mesin panas itu belum tentu overheat, lho. Banyak orang sering salah paham, dikit-dikit dibilang overheat, padahal bisa jadi itu cuma panas normal.

Biar kamu gak panik berlebihan (atau malah cuek kebangetan), yuk kita bahas bareng apa sih sebenarnya perbedaan mesin mobil panas biasa dengan overheat. Bahasannya santai aja ya, biar lebih gampang dicerna!

Mesin Mobil Panas Itu Wajar

Overheat
Penyebab Overheat Pada Mesin Diesel yang Beresiko Sering Muncul saat Berkendara dengan Mobil

Pertama-tama, kamu perlu tau, mesin mobil itu memang dirancang untuk bekerja pada suhu tinggi. Saat mesin hidup, pembakaran bahan bakar menghasilkan panas, dan itu normal banget. Sistem pendingin mobil (kayak radiator, kipas, coolant) bertugas menjaga suhu mesin supaya tetap ideal — gak terlalu dingin, gak terlalu panas.

Biasanya, suhu dari kerja mesin mobil modern berada pada kisaran 85–105 derajat Celsius. Kalau suhu mesin kamu di angka itu, berarti masih aman, bro!

Tanda mesin panas biasa:

  • Jarum indikator suhu dashboard berada di ujung atau berada di tengah sedikit di atasnya.
  • Kipas radiator menyala normal.
  • Mesin tetap bertenaga dan gak ada suara aneh.
  • Gak ada asap keluar dari kap mesin.
Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: Harus Waspada Beli Mobil Bekas Yang Pernah Overheat

Kalau kayak gini, tenang aja. Mesin kamu cuma lagi “on fire” dalam arti positif, siap diajak jalan jauh!

Nah, Kalau Overheat, Itu Baru Masalah Serius!

Overheat itu beda level, sob. Ini kejadian di mana suhu mesin melebihi batas aman, biasanya di atas 110 derajat Celsius bahkan lebih. Kalau dibiarkan, overheat bisa bikin mesin rusak parah. Yang paling berbahaya, mobil kamu bisa jadi turun mesin alias overhaul — biayanya? Jangan ditanya, bisa bikin kantong jebol!

Tanda mesin overheat:

  • Jarum indikator suhu naik sampai merah.
  • Muncul asap putih dari kap mesin.
  • Mesin tiba-tiba kehilangan tenaga atau ngadat.
  • Bau sangit atau bau cairan panas tercium dari kabin.
  • Lampu peringatan suhu menyala di dashboard.

Kalau sudah begini, jangan lanjut jalan. Berhenti dulu di tempat aman, terus matiin mesin. Daripada maksa jalan dan akhirnya biaya servisnya lebih mahal, mendingan ambil tindakan cepat.

Penyebab Mesin Panas Biasa vs Overheat

Mesin Panas Biasa biasanya terjadi karena:

  • Jalanan macet parah, mesin hidup terus tanpa banyak angin masuk ke radiator.
  • Cuaca panas terik, suhu lingkungan tinggi.
  • Mesin kerja berat, misalnya nanjak panjang sambil bawa beban berat.
  • Mobil habis dipakai jalan jauh nonstop.

Kalau penyebabnya ini, cukup kasih waktu mesin buat istirahat. Atau kalau lagi muacet banget, sesekali boleh di gas dikit supaya air radiator mobil bisa bersirkulasi.

Sedangkan Overheat disebabkan karena ada masalah serius, seperti:

  • Radiator bocor atau mampet.
  • Kipas radiator mati atau rusak.
  • Thermostat macet (bikin aliran coolant gak jalan).
  • Selang radiator bocor atau pecah.
  • Waterpump (pompa air pendingin) rusak.
  • Coolant habis karena kebocoran.

Masalah-masalah ini harus diperbaiki segera. Kalau terus dipaksa, mesin bisa aus, silinder melengkung, bahkan blok mesin retak. Waduh!

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Catat Nih, Biar Mobil Tua Ga Gampang Overheat

Mesin Overheat

Apa yang Harus Dilakukan Kalau Mesin Panas atau Overheat?

Kalau mesin hanya panas biasa:

  • Cukup kurangi beban mesin (matikan AC).
  • Jangan kebut-kebutan.
  • Biarkan mobil jalan pelan agar aliran udara ke radiator tetap ada.
  • Kalau perlu, berhenti sebentar dan biarkan mesin idle supaya pendinginan jalan.

Kalau mesin sudah overheat:

  1. Langsung cari tempat aman buat berhenti.
  2. Matiin mesin, jangan dulu langsung buka kap (tunggu 10–15 menit).
  3. Periksa indikator coolant — kalau habis, berarti ada kebocoran.
  4. Kalau sudah dingin, cek tabung radiator cadangan.
  5. Panggil bantuan atau bawa ke bengkel kalau kamu gak yakin.

Ingat ya, jangan buka tutup radiator saat mesin panas! Bisa muncrat air panas, bahaya banget buat keselamatan kamu.

Tips Mencegah Mesin Overheat

Biar gak ngalamin drama overheat di tengah jalan, ini dia tips simpel yang wajib kamu lakukan:

  • Rutin cek air radiator dan coolant. Jangan nunggu kering!
  • Ganti coolant sesuai jadwal. Jangan pakai air biasa terus-menerus, nanti radiator berkarat.
  • Servis rutin sistem pendingin. Termasuk bersihin radiator, cek thermostat, cek kipas.
  • Perhatikan indikator suhu mesin saat jalan. Kalau ada tanda gak normal, lebih baik waspada.
  • Cek selang radiator. Kalau udah getas atau bocor, segera ganti.

Mobil sehat, hati juga tenang, kan?

Panas Biasa vs Overheat, Jangan Salah Bedain!

Mesin panas biasa itu wajar, bagian dari kerja normal mobil. Tapi overheat itu tanda ada yang salah dan harus cepat ditangani. Kunci utama adalah kenali gejalanya, pahami penyebabnya, dan lakukan perawatan rutin.

Daripada nanti mobil kamu harus masuk bengkel berbulan-bulan, mendingan sekarang lebih peka sama tanda-tanda kecilnya. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bolehkah Menyalakan AC Ketika Mobil Dipanaskan?

November 18, 2024
Memang cukup banyak orang menanyakan, apakah boleh menyalakan AC ketika mobil dipanaskan? Wajar saja kalau ada orang bertanya begitu. Soalnya mereka takut, kalau AC dinyalakan, maka mesin akan terbebani. Lalu dalam jangka panjang, dampaknya buruk untuk mesin. Tentu saja jawabannya, boleh-boleh saja. Namun agar Otofriends paham, maka kita wajib mengerti tentang kerja AC dan hubungannya
Baca Lebih Lanjut

Apa yang Membuat Mobil Hybrid Berbeda dari Mobil Biasa

November 18, 2024
Pada umumnya untuk mengetahui perbedaan mobil hybrid dan mobil biasa lumayan sulit, Karena keduanya memiliki kesamaan yang tak jauh berbeda. Karena mobil hybrid dan mobil biasa memiliki tone warna yang serupa dan memiliki fitur yang sama juga, tapi jika kamu sudah menyalahkan mobil maka nanti akan terlihat perbedaannya. Suara mobil hybrid biasanya akan terdengar lebih
Baca Lebih Lanjut

Inilah Beda Antara Dual Zone dan Single Zone AC

November 15, 2024
Bagi sebagian orang, istilah dual zone dan single zone AC mungkin belum terlalu akrab. Maklum, fitur yang ada dalam sistem tata udara kabin ini memang umumnya baru ada pada mobil-mobil berteknologi terbaru. Rata-rata juga baru didapati pada mobil dari kelas menengah ke premium. Secara gampangnya, sistem AC single zone hanya punya satu pengaturan suhu untuk
Baca Lebih Lanjut