Apa Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

April 18, 2024
By Getan Metodius
Apa Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem-otospector

Hi Otofriends, rem mobil yang kurang pakem adalah masalah serius yang dapat mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Supaya bisa mengatasinya dengan efektif, penting nih untuk kita memahami penyebabnya dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk memperbaikinya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

#1: Kampas Rem Sudah Aus atau Ada Sumbatan.

kampas rem mobil aus

Sumber: momobil

Kampas rem yang aus atau juga tersumbat oleh kotoran tetntu bisa mengurangi gesekan dengan cakram rem, sehingga mengurangi efektivitas dari pengereman.

#2: Cairan Rem yang menurun kualitasnya.

minyak rem mobil

Sumber: autochem

Gini Otofriends, kadang kalau kita pikir cairan rem masih banyak tapi kok rem kurang jos. Bisa jadi cairan rem itu udah nggak bagus lagi kualitasnya, atau mungkin kamu jarang pakai mobil jadi udah lama minyaknya. Cairan rem yang kotor atau sudah tua tentu bisa mengurangi responsifitas sistem rem dan menyebabkan rem terasa tidak pakem.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga:  Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin  

#3: Cakram Rem yang sudah Tidak Rata atau Terdapat Karat.

kampas rem mobil tidak rata

Sumber: kompas

Permukaan cakram rem yang tidak rata atau juga berkarat dapat mengurangi kontak dengan kampas rem, jadi akan  mengurangi efektivitas pengereman mobil kamu.

#4: Sistem Hidrolik Terjadi Masalah.

hidrolik rem mobil

Sumber: lifepal

Pada poin ke empat, ada masalah pada sistem hidrolik, seperti contoh kebocoran pada selang rem atau silinder rem yang bocor, ini bisa mengurangi tekanan yang dibutuhkan untuk mengerem.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Beban Berlebih pada Mobil.

mobil bawa banyak barang

Sumber: sembodorentcar

Ini kadang suka diabaikan sih menurut bang min. Orang berpikir beban yang buanyak itu nggak berpengaruh sama kinerja rem mobilnya. Memuat kendaraan melebihi dari kapasitas maksimal dapat meningkatkan waktu pengereman dan juga menyebabkan rem menjadi kurang efektif.

Tips Mengatasi Rem Mobil yang Kurang Pakem

  1. Periksa dan Mengganti Kampas Rem yang sudah Aus: Lakukan pemeriksaan rutin pada kampas rem Otofriends dan harus segera ganti jika sudah aus. Pastikan juga nih kampas rem itu tidak tersumbat oleh kotoran.
  2. Ganti Cairan atau Minyak Rem secara Berkala: Ganti minyak rem sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk menjaga responsivitas sistem rem.
  3. Periksa dan Rutin Bersihkan Cakram Rem: Periksa permukaan cakram rem mobil secara rutin dan bersihkan jika ditemukan karat atau kotoran. Pastikan juga permukaannya rata ya.
  4. Periksa Juga Sistem Hidrolik: Periksa sistem hidrolik secara berkala dan perlu diperbaiki atau juga ganti komponen yang bermasalah, seperti selang rem atau silinder rem yang bocor.
  5. Gunakan Rem yang Tepat: Pastikan penggunaan paduan rem yang sesuai dengan spesifikasi mobil kamu. Hindari paduan rem yang terlalu padat atau terlalu lembut.
  6. Hindari Bawa Beban Berlebihan: Usahakan untuk kamu tidak memuat kendaraan melebihi dari kapasitas maksimal agar sistem rem dapat berfungsi dengan optimal.
  7. Lakukan Pengereman yang Benar Secara Bertahap: Ketika melakukan pengereman, lakukanlah secara bertahap dan hindari pengereman mendadak yang dapat menyebabkan roda terkunci.

Baca juga: Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

Kapan mau cek rem mobilnya?

Memiliki rem mobil yang pakem merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan kamu dan pengguna jalan lainnya. Dengan memahami dan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan efektif dan menjaga keselamatan selama berkendara. 

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik profesional jika kamu mengalami masalah serius dengan sistem rem mobil. Buat yang mau beli mobil bekas, biar nggak dapet mobil yang bermasalah, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja.

Inspeksi mobil menyeluruh termasuk sampai ke sistem pengereman mobil, biar mobil yang kamu beli bisa awet dan enak digunakan setiap hari.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

3 Cara Mencari Lokasi Rest Area Terdekat Dari Kita? Update 2024

Februari 12, 2024
Saat ini bepergian sudah tidak terasa jauh seperti dulu, pasalnya jarak yang dulu katanya “jauh”, kini sudah terasa lebih dekat. Adanya pembangunan jalan tol yang semakin banyak dan meluas ini menjadi salah satu faktornya Otofriends. Dengan istirahat sejenak, bisa membuat perjalanan lebih aman. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah pun sudah menargetkan 13 tol baru sampai akhir tahun
Baca Lebih Lanjut

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends. Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.
Baca Lebih Lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca Lebih Lanjut