Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
By Getan Metodius
Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin-otospector

Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa kamu jadikan tolak ukur otofriends. Dan untuk kamu yang memiliki mobil usahakan untuk selalu memperhatikan kinerja mesin mobil yang mau miliki.

Kamu bisa perhatikan mulai dari cek saluran oli, rem, atau mesin yang harus dilakukan secara rutin, hal ini hanya untuk memastikan kalau mesin mobil kamu dalam keadaan yang aman dan nyaman saat dikendarai.

Nah berikut ini ada beberapa tandanya:

#1: Berkurangnya Air Radiator 

radiator mobil

Sumber: Freepik

Jika berkurangnya air radiator secara drastis maka nanti akan menyebabkan terjadinya korosi atau berkarat. Karena jika air radiator habis maka akan ada lubang yang menyebabkan terjadinya rembesan pada air radiator. Nah, hal ini akan mengakibatkan kapasitas air akan berkurang ketika posisi mesin mobil sedang dinyalakan.

Namun hal ini juga harus dikonsultasikan dengan pihak teknisi jika kamu kurang mengetahui komponen tersebut. Karena terkadang air radiator bisa san menyembur disebabkan adanya masalah dalam komponen tersebut.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

#2: Terlihatnya Asap Putih

asap putih mobil

Sumber: Moladin

Jika kamu mempunyai mobil yang sudah lama atau umurnya sudah tua dan jarang banget digunakan. Maka kamu berhak untuk mengecek kondisi mobil tersebut sebelum kamu hendak ingin pergi berkendara.

Namun terkadang, akan muncul asap putih yang keluar dari dalam knalpot ketika kamu hendak ingin menstarter. Dan apabila jika mobil kamu di dalam perjalanan sudah mengeluarkan asap putih, maka hal ini bisa dinyatakan mobil kamu perlu penanganan khusus treatment turun mesin. 

#3: Air Radiator Sudah Tercampur Oleh Minyak

tutup radiator

Sumber: MSN

Penyebab air radiator yang tercampur oleh minyak adanya korosi atau pengeroposan di bagian blok silinder head. Biasanya berbentuk lubang – lubang sebagai jalan masuknya saluran air. Jadi, air bisa saja masuk ke dalam komponen ruang kompresi serta oli pun akan masuk ke dalam saluran air tersebut. Maka hal ini dapat menyebabkan oli berwarna coklat dibandingkan dengan kondisi oli yang sebelumnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Berapa Lama Sih Masa Penggunaan Baterai Mobil Listrik?

#4: Basahnya Bagian Kepala Busi

busi basah oli

Sumber: Fastlow

Tanda ini juga menjadi salah satu tanda kalau mobil kamu sudah turun mesin karena adanya kondisi kepala busi yang selalu basah dengan oli. Namun, jika hal ini sudah terjadi maka kamu harus melakukan pengecekan ke komponen ruang kompresi.

Jika kamu sudah mengeceknya, apakah posisinya masih sama atau sudah berubah? Karena hal ini juga bisa menjadi indikasi kalau oli sudah meluas ke dalam ruang kompresi sehingga dapat mudah terbakar.

Nah, jika hal in sudah terjadi kamu tidak perlu khawatir karena kamu hanya perlu membawa kendaraan mobil kamu ke teknisi untuk segera memperbaiki kerusakannya.

Pastikan jika ingin beli mobil bekas:

Hal-hal seperti turun mesin dan kerusakan mesin parah lainnya mungkin bisa luput dari pengecekan pembeli mobil bekas. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector supaya tidak salah beli.

Inspeksi mobil yang detail Otospector lebih dari 150 komponen mobil, pengecekannya bukan 10 atau 30 menit saja, melainkan bisa satu jam untuk satu mobilnya. Hubungi CS Otospector sekarang dan kamu bisa bijak dalam memilih mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fungsi Utama Gardan Dan Juga Cara Merawatnya

Januari 15, 2024
Emang sih mobil keluaran baru itu kebanyakan sudah menggunakan teknologi penggerak roda depan. Tapi gak sedikit dari pecinta otomotif yang masih pengen beli mobil dengan penggerak roda belakang dengan dukungan gardan sebagai pemicunya. Semua itu tidak salah dan balik lagi pada pilihan masing-masih kamu otofriends. Biar kamu makin ngerti kita bahas secara dalam tentang fungsi
Baca Lebih Lanjut

Terupdate Harga Mobil Calya Bekas 2024

Januari 14, 2024
Harga mobil Calya bekas semakin hari menarik untuk disimak. Salah satu alasannya karena mobil ini merupakan saudara kembar dari Daihatsu Sigra yang populasinya sangat banyak. Tentu pilihannya jadi semakin beragam, harga juga kompetitif. Faktor menarik lainnya, keduanya juga masuk dalam program mobil LCGC (Low Cost Green Car). Karena itu mobil ini dapat menjadi salah satu
Baca Lebih Lanjut

Selain Ban Kempes, Ini Penyebab Setir Mobil Berat

Januari 13, 2024
Penyebab setir mobil berat sebenarnya bisa bermacam-macam. Namun salah satu yang paling umum dan mudah dideteksi adalah kondisi ban mobil yang kempes. Saat melewati jalanan yang agak rusak, setir yang berat bisa langsung terasa. Tidak ada pilihan lain, untuk mencegah kondisi ini, Otofriends harus selalu mengecek tekanan angin pada ban secara rutin. Seiring waktu dan
Baca Lebih Lanjut