Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
By Getan Metodius
Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin-otospector

Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa kamu jadikan tolak ukur otofriends. Dan untuk kamu yang memiliki mobil usahakan untuk selalu memperhatikan kinerja mesin mobil yang mau miliki.

Kamu bisa perhatikan mulai dari cek saluran oli, rem, atau mesin yang harus dilakukan secara rutin, hal ini hanya untuk memastikan kalau mesin mobil kamu dalam keadaan yang aman dan nyaman saat dikendarai.

Nah berikut ini ada beberapa tandanya:

#1: Berkurangnya Air Radiator 

radiator mobil

Sumber: Freepik

Jika berkurangnya air radiator secara drastis maka nanti akan menyebabkan terjadinya korosi atau berkarat. Karena jika air radiator habis maka akan ada lubang yang menyebabkan terjadinya rembesan pada air radiator. Nah, hal ini akan mengakibatkan kapasitas air akan berkurang ketika posisi mesin mobil sedang dinyalakan.

Namun hal ini juga harus dikonsultasikan dengan pihak teknisi jika kamu kurang mengetahui komponen tersebut. Karena terkadang air radiator bisa san menyembur disebabkan adanya masalah dalam komponen tersebut.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

#2: Terlihatnya Asap Putih

asap putih mobil

Sumber: Moladin

Jika kamu mempunyai mobil yang sudah lama atau umurnya sudah tua dan jarang banget digunakan. Maka kamu berhak untuk mengecek kondisi mobil tersebut sebelum kamu hendak ingin pergi berkendara.

Namun terkadang, akan muncul asap putih yang keluar dari dalam knalpot ketika kamu hendak ingin menstarter. Dan apabila jika mobil kamu di dalam perjalanan sudah mengeluarkan asap putih, maka hal ini bisa dinyatakan mobil kamu perlu penanganan khusus treatment turun mesin. 

#3: Air Radiator Sudah Tercampur Oleh Minyak

tutup radiator

Sumber: MSN

Penyebab air radiator yang tercampur oleh minyak adanya korosi atau pengeroposan di bagian blok silinder head. Biasanya berbentuk lubang – lubang sebagai jalan masuknya saluran air. Jadi, air bisa saja masuk ke dalam komponen ruang kompresi serta oli pun akan masuk ke dalam saluran air tersebut. Maka hal ini dapat menyebabkan oli berwarna coklat dibandingkan dengan kondisi oli yang sebelumnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Berapa Lama Sih Masa Penggunaan Baterai Mobil Listrik?

#4: Basahnya Bagian Kepala Busi

busi basah oli

Sumber: Fastlow

Tanda ini juga menjadi salah satu tanda kalau mobil kamu sudah turun mesin karena adanya kondisi kepala busi yang selalu basah dengan oli. Namun, jika hal ini sudah terjadi maka kamu harus melakukan pengecekan ke komponen ruang kompresi.

Jika kamu sudah mengeceknya, apakah posisinya masih sama atau sudah berubah? Karena hal ini juga bisa menjadi indikasi kalau oli sudah meluas ke dalam ruang kompresi sehingga dapat mudah terbakar.

Nah, jika hal in sudah terjadi kamu tidak perlu khawatir karena kamu hanya perlu membawa kendaraan mobil kamu ke teknisi untuk segera memperbaiki kerusakannya.

Pastikan jika ingin beli mobil bekas:

Hal-hal seperti turun mesin dan kerusakan mesin parah lainnya mungkin bisa luput dari pengecekan pembeli mobil bekas. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector supaya tidak salah beli.

Inspeksi mobil yang detail Otospector lebih dari 150 komponen mobil, pengecekannya bukan 10 atau 30 menit saja, melainkan bisa satu jam untuk satu mobilnya. Hubungi CS Otospector sekarang dan kamu bisa bijak dalam memilih mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Maret 22, 2024
Seperti yang kita ketahui bahwasanya Mobil Hybrid saat ini sudah menjadi sorotan di kalangan dunia otomotif karena klaim efisiensinya. Karena mobil Hybrid ini sudah ramah lingkungan dan juga hemat bahan bakar, akan tetapi masih perlu kita soroti kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini Otofriends. Berikut ini adalah kelebihan dari mobil Hybrid. #1: Irit atau
Baca Lebih Lanjut

Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

Maret 20, 2024
Banyak sekali pemilik mobil yang cuek mengenai bahayanya air hujan untuk mobil. Contohnya adalah seperti terlalu sering membiarkan air hujan mengering sendiri pada bagian bodi mobil dan tidak segera membersihkannya atau juga tidak segera mengelap dan tidak pula mencuci mobilnya. Walaupun cuma hanya terkena air hujan, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi kebiasaan serta dapat
Baca Lebih Lanjut

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut