Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja.
Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa kamu jadikan tolak ukur otofriends. Dan untuk kamu yang memiliki mobil usahakan untuk selalu memperhatikan kinerja mesin mobil yang mau miliki.
Kamu bisa perhatikan mulai dari cek saluran oli, rem, atau mesin yang harus dilakukan secara rutin, hal ini hanya untuk memastikan kalau mesin mobil kamu dalam keadaan yang aman dan nyaman saat dikendarai.
Nah berikut ini ada beberapa tandanya:
Sumber: Freepik
Jika berkurangnya air radiator secara drastis maka nanti akan menyebabkan terjadinya korosi atau berkarat. Karena jika air radiator habis maka akan ada lubang yang menyebabkan terjadinya rembesan pada air radiator. Nah, hal ini akan mengakibatkan kapasitas air akan berkurang ketika posisi mesin mobil sedang dinyalakan.
Namun hal ini juga harus dikonsultasikan dengan pihak teknisi jika kamu kurang mengetahui komponen tersebut. Karena terkadang air radiator bisa san menyembur disebabkan adanya masalah dalam komponen tersebut.
Sumber: Moladin
Jika kamu mempunyai mobil yang sudah lama atau umurnya sudah tua dan jarang banget digunakan. Maka kamu berhak untuk mengecek kondisi mobil tersebut sebelum kamu hendak ingin pergi berkendara.
Namun terkadang, akan muncul asap putih yang keluar dari dalam knalpot ketika kamu hendak ingin menstarter. Dan apabila jika mobil kamu di dalam perjalanan sudah mengeluarkan asap putih, maka hal ini bisa dinyatakan mobil kamu perlu penanganan khusus treatment turun mesin.
Sumber: MSN
Penyebab air radiator yang tercampur oleh minyak adanya korosi atau pengeroposan di bagian blok silinder head. Biasanya berbentuk lubang – lubang sebagai jalan masuknya saluran air. Jadi, air bisa saja masuk ke dalam komponen ruang kompresi serta oli pun akan masuk ke dalam saluran air tersebut. Maka hal ini dapat menyebabkan oli berwarna coklat dibandingkan dengan kondisi oli yang sebelumnya.
Sumber: Fastlow
Tanda ini juga menjadi salah satu tanda kalau mobil kamu sudah turun mesin karena adanya kondisi kepala busi yang selalu basah dengan oli. Namun, jika hal ini sudah terjadi maka kamu harus melakukan pengecekan ke komponen ruang kompresi.
Jika kamu sudah mengeceknya, apakah posisinya masih sama atau sudah berubah? Karena hal ini juga bisa menjadi indikasi kalau oli sudah meluas ke dalam ruang kompresi sehingga dapat mudah terbakar.
Nah, jika hal in sudah terjadi kamu tidak perlu khawatir karena kamu hanya perlu membawa kendaraan mobil kamu ke teknisi untuk segera memperbaiki kerusakannya.
Hal-hal seperti turun mesin dan kerusakan mesin parah lainnya mungkin bisa luput dari pengecekan pembeli mobil bekas. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector supaya tidak salah beli.
Inspeksi mobil yang detail Otospector lebih dari 150 komponen mobil, pengecekannya bukan 10 atau 30 menit saja, melainkan bisa satu jam untuk satu mobilnya. Hubungi CS Otospector sekarang dan kamu bisa bijak dalam memilih mobil bekas.
Bagikan