Berapa Lama Sih Masa Penggunaan Baterai Mobil Listrik?

November 09, 2023
By Getan Metodius
Berapa Lama Sih Masa Penggunaan Baterai Mobil Listrik?-otospector

Kini mobil listrik sudah eksis di Indonesia, sudah cukup banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan ingin membeli mobil listrik. Meskipun begitu, kita perlu tahu nih berapa lama sih untuk baterai mobil listrik bisa digunakan? Simak masa pakai baterai mobil listrik biar nggak salah paham.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Akhir-akhir ini memang kendaraan listrik lagi jadi perbincangan hangat ya otofriends, mengingat daya tariknya dari sisi mobil tanpa bensin dan juga tampilan eksterior yang sangat menarik. Kita juga nggak boleh abai akan pengetahuan tentang kapasitas baterai mobil listrik.

#1: Penggunaan bisa 10-15 tahun.

baterai mobil listrik

Sumber: omazaki

Baterai mobil listrik bisa digunakan sangat panjang otofriends. Memang sih baterai mobil listrik ini punya spesifikasi dan juga usia pakai yang berbeda antara satu mobil dengan mobil yang lainnya.

Tapi rata-rata umur baterai mobil listrik itu bisa sampai 10-15 tahun loh otofriends. Jika kita pecah dan hitung dalam jarak tempuh, itu berarti bisa sampai 200.000 km kekuatannya.

Contoh baterai mobil listrik dari mobil Jepang Nissan, itu bisa lebih dari 10 tahun, bahkan sampai 12 tahun. Namanya mobil baterai memang bisa diisi ulang, dan itu salah satu keunggulannya, termasuk mengisi ulang di listrik rumah.

Pabrikan ini terus mengembangkan teknologi biar terus menghadirkan mobil yang punya baterai awet. Begitupun pabrikan mobil asal Jepang lainnya serta pabrikan luar Jepang pastinya.

Seperti Tesla sendiri yang mengklaim mobil listriknya dilengkapi baterai yang bisa beroperasi sampai 1500 siklus pengisian, atau setara 800.000 km di perhitungan odometer.

Untuk menaikkan daya, atau mengisi, kini di Indonesia memang sudah banyak stasiun pengisian untuk mobil listrik, namun belum merata.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Fakta masuknya mobil listrik di tanah air.

mobil lsitrik di indonesia

Sumber: Katadata

Mobil listrik sudah banyak digunakan di negara lain, tapi untuk di Indonesia sendiri sudah mulai masuk mobil listrik dan juga sudah mulai dibicarakan sekitar tahun 2012. Memang awal-awal perkembangan mobil listrik di Indonesia belum langsung berkembang.

Ketika sudah mulai dirasa bermanfaat, mobil listrik di Indonesia perlahan membaik dari sisi minat. Bahkan di Indonesia sendiri ada namanya Mobil Listrik Selo yang merupakan mobil listrik lokal asli buatan anak Indonesia yaitu Ricky Elson.

Ditambah lagi adanya dukungan dari Pemerintah, bikin minat akan mobil listrik semakin tinggi. Terlebih dengan adanya regulasi Perpres Nomor 55 Tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai di 12 Agustus 2019.

#3: Kelebihan mobil listrik?

baterai mobil listrik

Kelebihan mobil listrik cukup banyak dan dirasa membantu kehidupan manusia saat ini. Mulai dari ramah lingungan, karena tidak menghasilkan residu Co2 dan CO. Lalu suara mesin lebih senyap, dan berdampak pada senyapnya juga kabin mobil itu sendiri.

Sekali pengisian penuh, jarak yang ditempun cukup jauh. Karena mobil listrik dibekali dengan tempat penampungan daya tahan listrik, atau penyimpanan energi yang bisa digunakan untuk penunjang penggerak dari mobil. Jenis baterai mobil listrik memang tergantung pabrikan, namun semuanya bisa dilakukan pengisian ulang di Indonesia.

Baca juga: 4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi Update 2023

#4: Kekurangan mobil listrik.

cas mobil listrik

Sumber: sebangsanetwork

Karena semuanya itu ada plus minusnya, jadi mobil listrik pun tetap ada kekurangannya otofriends. Kalau yang paling mudah aja deh di Indonesia, tempat pengisian daya listrik untuk mobil itu masih sangat sedikit sekali, dan hanya ada di kota besar saja.

Salah satu faktornya dari sisi mahalnya harga baterai. Mahalnya harga baterai jika perlu diganti, belum lagi kalau ternyata barang atau baterai itu belum ready, harus menunggu waktu yang lama. Selain itu waktu pengisian daya yang boleh dibilang sangat lama, jika dibandingkan waktu pengisian bahan bakar pada mobil biasa.

#5: Mobil listrik di Indonesia.

wuling airev

Ada beberapa brand yang memiliki mobil hybrid dan menjual produknya di Indonesia. Seperti ada Tesla, Toyota dengan Corolla Crossnya, Wuling dengan AirEv, ada Hyundai Ioniq5, sampai Nissan Kicks dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Simak Sebelum Beli, Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Mahalnya mobil listrik, mobil konvensional second jadi primadona.

Kamu tahu nggak otofriends kalau mobil listrik di Indonesia itu termasuk dalam harga yang mahal. Makanya masyarakat kita enggak terlalu fokus pengen membeli mobil listrik, malahan pasar mobil bekas yang ramai.

Mobil bekas konvensional dengan bahan bakar minyak tetap jadi primadona, karena harganya sudah sangat terjangkau dan jika memilih dengan tepat bisa dapat mobil yang sangat berkualitas.

Untuk menunjang itu, sebelum beli mobil bekasnya, perlu kamu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector. Biar kamu dapat memilih mobil mana yang perlu dibeli dan sehat untuk kedepannya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Mei 16, 2024
Mungkin Otofriends pernah merasakan rem mobil terkunci secara tiba-tiba. Awalnya mungkin ada rasa panik, karena mobil tidak mau bergerak, meski persneling sudah masuk dan mobil siap jalan. Baru setelah dicoba berkali-kali, akhirnya rem yang terkunci itu biasanya baru terlepas. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya di atas 2 minggu, memang berisiko mengalami rem
Baca Lebih Lanjut

Batas Aman Mobil Untuk Lewati Banjir 

Mei 16, 2024
Kamu ingin menerjang banjir menggunakan mobil? Tapi kamu masih tidak tahu berapa batas aman mobil ketika sedang terendam banjir? Simak pembahasan berikut ini otofriends. Seperti yang kita ketahui kalau banjir adalah sesuatu yang sering terjadi di Indonesia, terutama di daerah dataran rendah yang sering kali terkena banjir ketika hujan sudah mulai turun. Dan bagi pemilik
Baca Lebih Lanjut

Spesifikasi Mobil Genesis G80 Milik Shin Tae Yong

Mei 16, 2024
Pelatih Timnas U-23 yaitu Shin Tae Yong baru saja diberikan mobil listrik Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase oleh Hyundai, mobil listrik ini harga nya mencapai Rp 2 miliar. Hyundai memberikan sebuah mobil listrik kepada Shin Tae Yong sebagai wujud apresiasinya, karena berkat Shin Tae Yong Timnas U-23 berhasil masuk ke semifinal Piala Asia U-23 dan membuat
Baca Lebih Lanjut