Tidak bisa terbayangkan situasi di mana accu mobil tidak mau mengisi kembali, sementara kendaraan dipakai hampir setiap saat. Padahal jika ada masalah terhadap pengisian accu, risikonya adalah mogok atau berhenti tiba-tiba.
Nah, urusannya bisa lebih repot lagi, karena aki salah satu komponen penting di mobil.
Accu mobil menjadi bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai penyuplai listrik. Agar mobil dapat berjalan dengan baik dan optimal, kondisi accu tentu harus terjaga. Namun ada kalanya karena berbagai sebab, accu tidak mau mengisi.
Sebagai pemilik kendaraan kadang kita tidak tahu apa yang terjadi, yang menjadi penyebab aki kita tidak mau mengisi. Entah ada kerusakan pada dinamo ampere, sampai kendala pada mesin kendaraan.
Nah agar kita bisa mengantisipasi accu mobil yang gagal mengisi, yuk kita lihat penyebabnya:
Fungsi dinamo ampere adalah menggantikan kinerja accu mobil saat mesin hidup. Karena perannya yang vital, jika terjadi kerusakan, maka akan menyebabkan aki mobil tidak terisi atau akan cepat soak.
Bagian pada dinamo yang sering bermasalah adalah carbon brush. Komponen yang berhubungan langsung dengan spill ring pada mobil bisa mengalami keausan. Akibatnya koneksi keduanya kendor dan arus pengisian accu akan terhambat. Kerusakan juga bisa terjadi pada IC regulator.
Jika dinamo ampere rusak, maka suplai kelistrikan akan tetrganggu. Fungsi accu sebagai penyimpan arus tidak terjadi sehingga membuat busi mati. Sistem injeksi yang memakai kelistrikan juga akan mati sehingga mobil mogok.
Pada tipe accu basah, perawatan paling dasar adalah dengan mengisi air aki sesuai pada batasnya. Masalahnya tidak sedikit orang lalai mengecek sehingga aki kekurangan zat elektrolit.
Kondisi ini akan membuat zat yang menghasilkan kelistrikan lama kelamaan akan hilang.
Karena itu, sebaiknya pengecekan aki dilakukan rutin. Hal ini untuk mencegah penyebab aki mobil tidak mengisi ketika mobil sedang digunakan.
Perawatan yang baik juga akan membuat usia pakai accu jadi lebih panjang.
Kondisi kabel-kabel dan koneksi pada soket-soket juga bisa jadi penyebab aki tidak mengisi.
Soket dan kabel bisa bermasalah biasanya karena usia. Biasanya terjadi pada mobil-mobil yang sudah berumur atau tidak terawat. Terutama pada mobil di atas 10 tahunan.
Soket-soket ini harganya tidak mahal, berkisar Rp15 ribu – Rp20 ribu. Namun pengerjaan pergantian ini memang butuh ketelatenan dan dilakukan mekanik berpengalaman.
Memang banyak problem yang bisa terjadi sehingga accu tidak mengisi, namun jangan lupa bahwa kelayakan accu itu sendiri juga perlu diperiksa. Karena bagaimanapun, accu juga punya usia pakai. Termasuk kondisi kelayakan air aki di dalamnya.
Usia pakai accu sangat bervariasi. Jika dilakukan perawatan dengan benar, bisa mencapai 2 tahun bahkan lebih.
Jika memang persoalannya pada usia pakai, solusi terbaik tentu saja mengganti accu sesuai dengan kebutuhan listrik kendaraan. Kualitas accu juga ikut menentukan kinerja accu dalam menunjang kelistrikan.
Harga accu saat ini amatlah bervariasi. Namun dengan sistem tukar tambah antara accu lama dengan accu baru, maka harga akan bisa lebih murah.
Kondisi accu yang kurang optimal dapat mempengaruhi performa kendaraan, terutama yang menyangkut kelistrikan kendaraan. Padahal kelistrikan juga diperlukan dalam kinerja mesin dalam menjalankan kendaraan.
Karena itu saat akan membeli sebuah mobil bekas, pastikan kondisi accu dan sistem kelistrikan dalam kondisi sehat. Nah, untuk memastikannya, jangan ragu gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang dikenal independen dan terpercaya.
Dari hasil inspeksi Otospector, Otofriends akan memiliki gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara menyeluruh. Dari laporan inilah keputusan terbaik menyangkut pembelian bisa diambil.
Bagikan