Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Februari 23, 2024
By Thomas W
Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik-otospector

Sering terjadi para pemilik merasa bingung apa penyebab mobil bunyi ngelitik. Istilah ngelitik atau engine knocking adalah kondisi di mana suara mesin terasa kasar terus menerus atau rasanya seperti bergetar. Tentu saja tidak enak didengar apalagi dirasakan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Meski gejalanya terdengar serupa, tapi ternyata ada banyak penyebab mesin jadi ngelitik. Kalau sudah ada gejalanya, jangan dibiarkan. Agar tidak menyebabkan kerusakan lain dan problem utamanya segera teratasi.

Nah, biar cepat tertangani, berikut ini beberapa penyebab mobil bunyi ngelitik:

#1. BBM Tidak Sesuai Kebutuhan

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Carmudi

Pemakaian BBM dengan oktan yang terlalu rendah atau tidak sesuai dengan yang seharusnya, bisa jadi penyebab mesin ngelitik.

Perlu diketahui, angka oktan menentukan resistensi terhadap terjadinya knocking atau istilah lainnya detonasi. BBM yang tidak sesuai bakalan memicu risiko detonasi dini.

Risiko lain dari pemakaian BBM dengan oktan rendah adalah pembakaran tidak merata dalam silinder. Kondisi ini juga bisa memicu gejala ngelitik.

BBM berkualitas rendah biasanya titik ledaknya juga di suhu yang lebih rendah. Padahal semakin tinggi kompresi mesin, maka suhu di ruang bakar juga tinggi. Kondisi ini butuh BBM dengan titik ledak yang lebih tinggi.

Baca juga: 3 Penyebab Mobil Suka Ngelitik, Bahaya Ta?

#2: Penumpukan Kerak Karbon

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Astra Daihatsu

Sebenarnya penyebab utamanya adalah karena mobil jarang diservis. Akibatnya muncul penumpukan kerak karbon di dalam ruang bakar dan sekitarnya.

Karbon berasal dari sisa pembakaran yang terjadi. Kerak akan semakin banyak jika kualitas BBM rendah.

Kerak di dalam ruang bakar bisa terbakar secara mandiri sebelum busi memercikkan bunga api. Di sinilah terjadi pembakaran dini sehingga timbul ngelitik.

Kerak karbon ini juga akan mengganggu aliran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya pembakaran juga ikut terganggu.

beli mobil bekas di tokopedia

#3:  Pengapian Kurang Sempurna

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Duitpintar.com

Ngelitik akibat pengapian biasanya dipicu dari busi yang sudah lemah.

Karena busi sudah lemah maka api yang dihasilkan juga relatif kecil sehingga bensin yang disemprot oleh injektor tidak bisa terbakar semua. Dari situlah terdapat sisa uap bensin yang bisa terbakar lagi sehingga timbul ngelitik.

Ngelitik juga bisa muncul jika waktu pembakaran atau ignition timing sudah berubah.

Proses ini terjadi karena bahan bakar diledakkan tidak pada waktunya. Biasanya terlalu cepat. Akibatnya kompresi akan hilang atau ngempos.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Suhu Mesin Naik Berlebihan

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Ayotekno.id

Suhu mesin yang naik secara berlebihan akan menimbulkan pembakaran dini dan akhirnya muncul ngelitik.

Kenaikan suhu mesin ini biasanya dipengaruhi oleh suhu, kompresi dan jenis BBM. Jika ada mekanisme yang terganggu pada saat proses pembakaran, maka suhu makin lama semakin panas.

Munculnya ngelitik sebenarnya disebabkan karena panas berlebih membuat pengapian kacau karena bahan bakar yang bisa terbakar sebelum waktunya.

Namun ketika suhu mesin sudah lebih dingin, biasanya suara ngelitik juga akan hilang.

#5: Komponen Mesin Ada yang Rusak

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Haynes.com

Ngelitik bisa juga muncul akibat rusaknya komponen-komponen di dalam mesin.

Biasanya komponen yang terganggu adalah piston, katup, bantalan poros engkol, dan sistem pelumasan.

Terjadinya gangguan justru ada setelah mesin mengalami perbaikan. Contohnya kondisi akibat kepala silinder yang sudah melengkung.

Biasanya solusinya kepala silinder ini akan dibubut biar rata. Tapi akibatnya kompresi malah naik akibat ukuran ruang bakar berkurang.

Jika mobil sudah pernah turun mesin, sebaiknya diperhatikan juga masalah kualitas BBM. Kalau tidak sesuai, maka otomatis ngelitik.

Baca juga: 4 Dampak Pakai Bensin Tidak Sesuai RON

Cara mengetahui mobil bekas tidak boros BBM?

Konsumsi BBM setidak-tidaknya dipengaruhi dua faktor, yaitu perilaku berkendara serta kondisi mesin. Kalau mesin sudah lama tidak diservis sehingga ada beberapa komponen terabaikan, maka konsumsi BBM juga jadi boros.

Untuk memastikan kinerja mesin sebuah mobil bekas, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi mobil yang mendetail serta tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Maret 03, 2024
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut