Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Februari 23, 2024
By Thomas W
Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik-otospector

Sering terjadi para pemilik merasa bingung apa penyebab mobil bunyi ngelitik. Istilah ngelitik atau engine knocking adalah kondisi di mana suara mesin terasa kasar terus menerus atau rasanya seperti bergetar. Tentu saja tidak enak didengar apalagi dirasakan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Meski gejalanya terdengar serupa, tapi ternyata ada banyak penyebab mesin jadi ngelitik. Kalau sudah ada gejalanya, jangan dibiarkan. Agar tidak menyebabkan kerusakan lain dan problem utamanya segera teratasi.

Nah, biar cepat tertangani, berikut ini beberapa penyebab mobil bunyi ngelitik:

#1. BBM Tidak Sesuai Kebutuhan

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Carmudi

Pemakaian BBM dengan oktan yang terlalu rendah atau tidak sesuai dengan yang seharusnya, bisa jadi penyebab mesin ngelitik.

Perlu diketahui, angka oktan menentukan resistensi terhadap terjadinya knocking atau istilah lainnya detonasi. BBM yang tidak sesuai bakalan memicu risiko detonasi dini.

Risiko lain dari pemakaian BBM dengan oktan rendah adalah pembakaran tidak merata dalam silinder. Kondisi ini juga bisa memicu gejala ngelitik.

BBM berkualitas rendah biasanya titik ledaknya juga di suhu yang lebih rendah. Padahal semakin tinggi kompresi mesin, maka suhu di ruang bakar juga tinggi. Kondisi ini butuh BBM dengan titik ledak yang lebih tinggi.

Baca juga: 3 Penyebab Mobil Suka Ngelitik, Bahaya Ta?

#2: Penumpukan Kerak Karbon

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Astra Daihatsu

Sebenarnya penyebab utamanya adalah karena mobil jarang diservis. Akibatnya muncul penumpukan kerak karbon di dalam ruang bakar dan sekitarnya.

Karbon berasal dari sisa pembakaran yang terjadi. Kerak akan semakin banyak jika kualitas BBM rendah.

Kerak di dalam ruang bakar bisa terbakar secara mandiri sebelum busi memercikkan bunga api. Di sinilah terjadi pembakaran dini sehingga timbul ngelitik.

Kerak karbon ini juga akan mengganggu aliran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya pembakaran juga ikut terganggu.

beli mobil bekas di tokopedia

#3:  Pengapian Kurang Sempurna

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Duitpintar.com

Ngelitik akibat pengapian biasanya dipicu dari busi yang sudah lemah.

Karena busi sudah lemah maka api yang dihasilkan juga relatif kecil sehingga bensin yang disemprot oleh injektor tidak bisa terbakar semua. Dari situlah terdapat sisa uap bensin yang bisa terbakar lagi sehingga timbul ngelitik.

Ngelitik juga bisa muncul jika waktu pembakaran atau ignition timing sudah berubah.

Proses ini terjadi karena bahan bakar diledakkan tidak pada waktunya. Biasanya terlalu cepat. Akibatnya kompresi akan hilang atau ngempos.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Suhu Mesin Naik Berlebihan

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Ayotekno.id

Suhu mesin yang naik secara berlebihan akan menimbulkan pembakaran dini dan akhirnya muncul ngelitik.

Kenaikan suhu mesin ini biasanya dipengaruhi oleh suhu, kompresi dan jenis BBM. Jika ada mekanisme yang terganggu pada saat proses pembakaran, maka suhu makin lama semakin panas.

Munculnya ngelitik sebenarnya disebabkan karena panas berlebih membuat pengapian kacau karena bahan bakar yang bisa terbakar sebelum waktunya.

Namun ketika suhu mesin sudah lebih dingin, biasanya suara ngelitik juga akan hilang.

#5: Komponen Mesin Ada yang Rusak

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Sumber: Haynes.com

Ngelitik bisa juga muncul akibat rusaknya komponen-komponen di dalam mesin.

Biasanya komponen yang terganggu adalah piston, katup, bantalan poros engkol, dan sistem pelumasan.

Terjadinya gangguan justru ada setelah mesin mengalami perbaikan. Contohnya kondisi akibat kepala silinder yang sudah melengkung.

Biasanya solusinya kepala silinder ini akan dibubut biar rata. Tapi akibatnya kompresi malah naik akibat ukuran ruang bakar berkurang.

Jika mobil sudah pernah turun mesin, sebaiknya diperhatikan juga masalah kualitas BBM. Kalau tidak sesuai, maka otomatis ngelitik.

Baca juga: 4 Dampak Pakai Bensin Tidak Sesuai RON

Cara mengetahui mobil bekas tidak boros BBM?

Konsumsi BBM setidak-tidaknya dipengaruhi dua faktor, yaitu perilaku berkendara serta kondisi mesin. Kalau mesin sudah lama tidak diservis sehingga ada beberapa komponen terabaikan, maka konsumsi BBM juga jadi boros.

Untuk memastikan kinerja mesin sebuah mobil bekas, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi mobil yang mendetail serta tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

Januari 20, 2024
Bagi sebagian orang, istilah flushing AC mobil mungkin masih terasa asing. Padahal salah satu cara untuk merawat AC mobil ini fungsinya sangat penting. AC mobil akan selalu dalam kondisi bersih dan terawat, serta berumur panjang. Kalau sudah paham fungsinya, pemilik mobil biasanya akan mencari tahu soal biaya flushing AC mobil. Soalnya urusan perawatan AC mobil
Baca Lebih Lanjut

4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi Update 2024

Januari 18, 2024
Tidak bisa terbayangkan situasi di mana accu mobil tidak mau mengisi kembali, sementara kendaraan dipakai hampir setiap saat. Padahal jika ada masalah terhadap pengisian accu, risikonya adalah mogok atau berhenti tiba-tiba. Nah, urusannya bisa lebih repot lagi, karena aki salah satu komponen penting di mobil. Accu mobil menjadi bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

Januari 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut