3 Penyebab Mobil Suka Ngelitik, Bahaya Ta?

Oktober 31, 2023
By Getan Metodius
3 Penyebab Mobil Suka Ngelitik, Bahaya Ta?-otospector

Mobil itu banyak sekali komponen yang saling berkaitan ya otofriends. Bahkan satu hal yaitu mesin punya banyak sekali komponen yang saling bekerjasama. Semua itu dilumasi oleh oli mesin mobil. Tapi pernah nggak kemu ngerasa kok mobil berasa ngelitik dan pas dikendarainya jadi neggak enak. Trus ada ngga sih bahaya mobil ngelitik itu?

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Ngelitik pada sistem mesin ini bahaya apa enggak sih sebetulnya, dan apa penyebab dari mesin mobil kita itu ngelitik.

Kalau mobil ngelitik, itu artinya mesin mobil mengalami getaran yang kurang sempurna, tidak sempurna dimana bang min? Tentu pembakaran mesin yang tidak sempurna tadi menyebabkan mesin mobil kamu ngelitik otofriends.

#1: Apa yang dimaksud ngelitik?

pembakaran mesin mobil

Sumber: Teknisimobil.com

Ngelitik atau bahasa teknisnya adalah knocking atau engine knocking merupakan situasi dimana pembakaran di mesin mobil tidak berjalan dengan baik otofriends.

Bahan bakar atau bensin itu seharusnya akan terbakar dalam waktu yang udah ditentuin sesuai dengan siklus bergeraknya mesin. Catat, menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi adalah yang terbaik, karena bahan bakar yang digunakan itu berdampak langsung ke sistem pembakaran mesin. Jika lebih rendah bisa membuat proses pembakaran tidak stabil.

Jadi ngelitik dikarenakan pembakaran yang terjadi sendiri atau saat tidak diinginkan oleh mesin. Istilah gampangnya pembakaran terjadi atau mledak sendiri sebelum waktu yang ada. Penyebabnya ada bermacam-macam, jadi kamu sebagai pemilik mobil harus mengetahui dengan tepat.

Baca juga: Ketahuilah Beda Oli mesin dan Oli Gardan

#2: Ngelitik karna telat service.

telat service mobil

Sumber: Lifepal

Tandanya ketika kamu berkendara seperti terdengar ada bunyi ketikan pada sisi mesin mobil dengan repetisi frekuensi tertentu. Mesin berasa ngelitik ini biasanya sering dirasakan oleh mobil yang sering telat servis, telat service salah satu penyebabnya.

Jadi pada bagian mesin mobil itu berkerak serta di sisi ruang bakar mesin berkerak dan bikin pembakaran tidak sempurna, tentu ini berdampak banget sama tenaga mesin kamu jadinya mendem nggak optimal.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Ngelitik karena naiknya suhu di mesin.

pembakaran mesin mobil

Sumber: usaditoscars

Kalau point di atas itu mengacu pada kotornya mesin dan bikin mesin ngelitik, di point selanjutnya adalah adanya kenaikan suhu di mesin itu sendiri. Ngelitik pada mesin mobil bisa disebabkan karena suhu yang terlalu tinggi pada mesin.

Gini otofriends, kompresi atau suhu yang tinggi bisa bikin mobil ngelitik, mesin yang kompresinya besar perlu diberikan suplai bensin dengan oktan tinggi untuk mengimbanginya, itu yang membuat mobil ngelitik.

Jika oktannya rendah pada mesin kompresi besar, jadinya malah mesin jadi cepat panas dan bikin mobil ngelitik. Jika besin oktannya itu semakin rendah, maka bahan bakar itu mudah sekali terbakar karena suhu panas.

Tentu ini berdampak konsumsi bahan bakar kamu jadi lebih boros, serta kerja mesin malah tidak baik. Pentingnya pakai bensin sesuai dengan spesifikasi mesin dan rekomendasi.

#4: Ngelitik karena busi yang sudah waktunya diganti.

busi mobil rusak

Sumber: moservice

Penyebab selanjutnya bisa datang dari busi mobil, memang kondisinya beragam. Contoh saja ketika busi masih dipakai padahal sudah waktunya diganti, atau ada kondisi lain seperti menggunakan busi tidak sesuai spesifikasi.

Busi pada mobil itu akan bekerja pada pada hitungan yang sudah pasti, jika ada kesalahan, maka pasti akan mengganggu proses pembakaran dan ini bisa menjadi mesin ngelitik.

Jika nggak diberikan busi yang tepat, ditambah mesin sering ngelitik, sering panas, ini bisa bikin kerusakan parah untuk mobil, karena berdampak pada performa mesin.

Baca juga: Adu Teknologi Shell Vs Motul Mana Pilihanmu?

Pastikan beli mobil bekas yang sehat agar terhindar dari ngelitik:

Itu dia kita sudah bahas penyebab mesin mobil ngelitik, mulai dari penyebab paling sepele, sampai nilai oktan yang tidak sesuai ternyata jangka panjangnya bisa menyebabkan kerusakan komponen dan pada umur mobil itu sendiri.

Penting banget nih, karena biasanya hal ini terjadi pada mobil bekas. Jadi kamu perlu test drive dan rasakan dengan benar apakah mesin mobil sudah sesuai atau ada indikasi ngelitik. Jadi kamu perlu memeriksa dengan detail, sampai pada test drive.

Sebelum transaksi deal, pastikan mobil bekas yang akan kamu beli sudah dilakukan pengecekan menyeluruh oleh ahli yang independen. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk membantu kamu mendapatkan mobil yang berkualitas.

Agar kedepannya tidak terhidar dari PR yang besar hanya karena ingin buru-buru beli mobil bekas dan tergiur harga murah apalagi tidak pakai jasa professional.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Menghilangkan Bau Apek di Mobil

April 23, 2024
Menghilangkan bau apek di mobil atau bau-bau lainnya, memang harus segera dilakukan pemilik mobil. Tentu Otofriends tidak mau berada di mobil yang di dalamnya tercium berbagai aroma tidak sedap. Apalagi kalau mobil jadi kendaraan sehari-hari dan banyak waktu yang dihabiskan di dalamnya. Sayangnya, tidak semua orang peduli atau telaten mengatasi bau apek di mobil. Selain
Baca Lebih Lanjut

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting Otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

April 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut