Adu Teknologi Shell Vs Motul Mana Pilihanmu?

Oktober 30, 2023
By Thomas W
Adu Teknologi Shell Vs Motul Mana Pilihanmu?-otospector

Merek oli merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dan kesehatan mesin kendaraan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan kita.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Dua merek oli terbaik ini yang cukup populer di pasaran adalah Shell dan Motul. Kedua merek ini memiliki berbagai produk oli mesin dan oli motor yang menawarkan keunggulan masing-masing.

Namun, apa sebenarnya perbedaan antara teknologi yang digunakan oleh Shell dan Motul dalam membuat oli mereka? Mari kita simak ulasan Motul vs Shell berikut ini.

#1: Sekilas Tentang Shell

Adu Teknologi Shell Vs. Motul

Shell adalah salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia yang juga memproduksi oli untuk kendaraan bermotor.

Shell memiliki dua produk utama yaitu Shell Helix untuk mobil dan Shell Advance untuk motor. Kedua produk ini menggunakan teknologi Active Cleansing Technology yang diklaim dapat membersihkan mesin dari kotoran dan karbon.

Teknologi ini juga dapat meningkatkan perlindungan mesin dari gesekan dan keausan.

Baca juga: 5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

#2: Produk Unggulan Shell

Adu Teknologi Shell Vs Motul

Salah satu produk unggulan dari Shell adalah Shell Helix Ultra yang merupakan oli mesin sintetis cocok untuk mobil. Oli ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi PurePlus yang mengubah gas alam menjadi cairan sintetis.

Oli ini dikatakan dapat memberikan performa maksimal, efisiensi bahan bakar, dan melindungi mesin.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Sekilas Tentang Motul

kelebihan oli motul matic

Motul adalah merek oli asal Prancis yang juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Motul memiliki berbagai produk oli untuk kendaraan roda dua dan roda empat, baik yang berbahan dasar mineral, semi sintetis, maupun sintetis.

Salah satu produk andalan dari Motul adalah Motul 7100 yang merupakan oli motor sintetis dengan teknologi Ester. Ada juga Motul H Tech 100, serta khusus untuk scooter dengan produk Motul Scooter, dengan kualitas sangat baik meskipun harganya yang relatif mahal. Sehingga menjadikan Motul jadi salah satu pelumas terbaik yang memberikan perlindungan menyeluruh pada mesin.

#4: Mengenal Teknologi Ester

Adu Teknologi Shell Vs. Motul

Teknologi Ester adalah teknologi yang menggabungkan asam lemak nabati dengan alkohol untuk menghasilkan ester.

Ester adalah senyawa kimia yang memiliki sifat pelumas yang sangat baik. Teknologi Ester dapat meningkatkan performa, akselerasi, dan perlindungan mesin motor.

#5: Perbedaan Antara Shell Dan Motul

Adu Teknologi Shell Vs. Motul

Dari uraian di atas, dapat dilihat bahwa Shell dan Motul memiliki teknologi yang berbeda dalam membuat oli.

Shell lebih mengutamakan teknologi yang mampu membersihkan mesin dari kotoran dan karbon, sedangkan Motul lebih mengutamakan teknologi yang mampu memberikan performa tinggi pada mesin.

Harga oli Shell dan Motul bervariasi tergantung pada jenis dan kualitasnya. Secara umum, oli Shell lebih murah daripada oli Motul. Namun, harga tidak selalu menentukan kualitas.

Baca juga: Begini Cara Cek Oli Mobil Pakai Dipstick

Bagaimana cara memastikan mobil bekas telah mengalami kebocoran oli?

Memilih dan membeli mobil bekas sebaiknya tidak asal beli tanpa diperiksa kondisinya. Salah memilih mobil bekas, maka konsekuensinya bisa berakibat panjang di masa datang.

Kalau ada tanda-tanda mobil bekas mengalami kebocoran oli, maka pastikan kondisinya dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

18-28 Juli GIIAS 2024 Siap Menggebrak Tanah Air

Juni 16, 2024
Ajang pameran mobil terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show 2024 atau GIIAS 2024 akan segera digelar pada bulan Juli 2024. Pameran tahun ini disebut-sebut sebagai pameran yang terbesar yang penah diselenggarakan selama ini, kalau dihitung dari segi jumlah peserta pameran.  Bukan cuma peserta, jumlah mobil baru dan produk yang akan tampil dalam acara
Baca Lebih Lanjut

Jangan Kaget! Ini Dia 4 Penyebab Radiator Mobil Mampet

Juni 13, 2024
Air radiator sangatlah penting bagi mobil ya otofriends. Jika mobil kamu sudah menunjukkan ciri-ciri radiator mampet maka kamu harus segera memperbaikinya, agar tidak mengakibatkan kerusakan mendalam.  Peran yang sangat besar ada pada kipas radiator yang berupa viscous fan, yang boleh dibilang dengan sebutan fan radiator. Panas yang dihasilkan dari mesin akan terbuang dan nanti mesin
Baca Lebih Lanjut

Mobil Bekas 30 Jutaan Yang Bagus

Juni 13, 2024
Sering ada pertanyaan, mobil bekas 30 jutaan yang bagus, kira-kira apa pilihannya? Jujur saja, pertanyaan semacam ini sebenarnya sangat sulit dijawab. Karena pengertian “bagus”, memang sangat sifatnya sangat subyektif, tergantung pada selera masing-masing calon pembeli. Perlu juga dipahami, dengan anggaran 30 jutaan, tentu saja pilihannya adalah mobil yang usianya sudah cukup tua atau di atas
Baca Lebih Lanjut