Baiknya Garansi Mobil Berapa Tahun?

Maret 25, 2023
By Thomas W
Baiknya Garansi Mobil Berapa Tahun?-otospector

Jika konsumen membeli barang, maka salah satu pelayanan yang diberikan oleh penjual adalah memberikan garansi. Langkah ini biasanya dilakukan agar konsumen merasa telah membeli barang yang bagus, karena produsen berani menjamin jika ada keluhan atau kerusakan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Begitu pula jika Otofriends membeli mobil. Pada mobil baru, wajar jika ada garansi pabrik. Nah, istimewanya, sekarang ada juga dealer yang memberikan layanan garansi mobil bekas.  Tentu saja garansi ini akan membuat pembeli semakin tenang dalam memakai kendaraannya karena ada jaminan seandainya terjadi kerusakan.

Nah, apa saja yang perlu dipahami dalam garansi mobil? Yuk kita lihat faktanya:

#1: Alasan Adanya Garansi 

dealer mobil

Alasan utama pemberian garansi mobil baru dari pabrik karena garansi akan menjamin kondisi, ketahanan dan kegunaan dari mobil agar tetap prima seperti kondisi saat kita membeli baru.

Garansi juga menjadi bentuk tanggung jawab produsen jika terjadi kecacatan atau malfungsi dari produk selama periode tertentu. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku.

Garansi ini pasti akan diberikan apabila terdapat cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrikan, serta bukan akibat akibat kesalahan pemakai serta material yang habis terpakai (aus) atau mengalami kerusakan.

Baca juga: Kenapa Beli Mobil Bekas Harus Dengan Garansi

#2: Jangka Waktu Garansi

Odometer kendaraan

Garansi tentu tidak bersifat selamanya, melainkan ada jangka waktu. Pada mobil baru umumnya jangka waktu ini terbagi dua yakni garansi standar dan garansi terbatas.

Garansi standar diberian untuk perbaikan atas kerusakan atau cacat yang timbul selama jangka waktu tertentu atau jarak yang telah ditentukan. Biasanya pada mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia adalah pemakaian 3 tahun atau jarak tempuh 100.000 km (mana yang tercapai terlebih dahulu).

Sedangkan garansi terbatas diberikan untuk suku cadang tertentu dengan batasan masa garansi yang berbeda dengan suku cadang pada umumnya. Misalnya pada aki dan ban dengan masing-masing periode masa garansi 6 bulan atau 10.000 km (mana yang tercapai terlebih dahulu).

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Syarat dan Ketentuan Garansi

Servis bengkel resmi

Pada mobil baru terdapat berbagai syarat agar garansi mobil tidak gugur. Yang utama tentu saja tetap melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Servis dilakukan minimal pada setiap kelipatan 10.000 km atau 6 bulan. Penggunaan suku cadang dan komponen mobil juga wajib orisinil.

Garansi bisa gugur jika dilakukan pengalih fungsi kendaraan, perubahan pada mesin, bodi parts, kelistrikan, nomor rangka, nomor mesin, dan penggunaan yang tidak sesuai.  

#4: Keuntungan Selama Masa Garansi

Derek mobil

Selama berlakunya masa garansi, biasanya ada berbagai penawaran fasilitas dan keuntungan (benefit) lebih yang diberikan. Menariknya keuntungan ini terasa lebih banyak  pada garansi mobil bekas, seperti yang ditawarkan oleh Otospector.

Dengan menggunakan garansi mobil bekas Otospector, maka akan didapat benefit gratis Layanan Darurat 24 Jam selama 1 tahun  dengan pemakaian tidak terbatas untuk klaim garansi. Fasilitas ini tersedia di seluruh Indonesia dengan layanan meliputi derek, penggantian ban, jumper aki, pengantaran bensin hingga buka kunci mobil.

Dalam program Garansi Mobil Bekas, Otospector juga akan menjamin garansi mesin dan transmisi. Termasuk ketika mobil terjadi kerusakan akibat kecelakaan. Sehingga konsumen yang beli mobil bekas bisa terhindar dari rasa khawatir serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Baca juga: Mesin Mobil Brebet Bisa Karena 8 Penyebab Ini

beli mobil bekas di tokopedia

Apa saja keuntungan menggunakan mobil yang telah diinspeksi oleh Otospector?

Tidak salah jika dikatakan, salah satu ciri dari mobil bekas berkualitas adalah telah lulus inspeksi dari jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Artinya mobil tersebut sudah melalui tahap inspeksi dan kondisinya bisa tercermin dari laporan inspeksi.

Keuntungan lainnya, mobil yang telah lulus inspeksi bisa dilengkapi pula dengan Garansi Otospector. Garansi ini akan melindungi mobil Otofriends selama 1 tahun untuk kerusakan mesin dan transmisi. Selain itu ada banyak fasilitas dan keuntungan yang bisa didapat dari program ini seperti layanan Call Centre 24 jam untuk membantu jika mobil ada kesulitan di jalan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut

Cek Harga Vios Bekas Per 2024, Mulai Rp 65 Juta

Maret 17, 2024
Jika Otofriends rajin mengamati tren pencarian di Google, maka “harga Vios bekas” termasuk kata kunci yang banyak dicari konsumen otomotif Indonesia. Fakta ini juga jadi salah satu indikasi kesuksesan Vios di kelas mini sedan, disamping prestasinya sebagai market leader. Pertanyaan seputar segmen mobil sedan yang terjangkau dengan mesin oke sering jadi perbincangan. Dari situlah Toyota
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut