Baiknya Garansi Mobil Berapa Tahun?

Maret 25, 2023
By Thomas W
Baiknya Garansi Mobil Berapa Tahun?-otospector

Jika konsumen membeli barang, maka salah satu pelayanan yang diberikan oleh penjual adalah memberikan garansi. Langkah ini biasanya dilakukan agar konsumen merasa telah membeli barang yang bagus, karena produsen berani menjamin jika ada keluhan atau kerusakan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Begitu pula jika Otofriends membeli mobil. Pada mobil baru, wajar jika ada garansi pabrik. Nah, istimewanya, sekarang ada juga dealer yang memberikan layanan garansi mobil bekas.  Tentu saja garansi ini akan membuat pembeli semakin tenang dalam memakai kendaraannya karena ada jaminan seandainya terjadi kerusakan.

Nah, apa saja yang perlu dipahami dalam garansi mobil? Yuk kita lihat faktanya:

#1: Alasan Adanya Garansi 

dealer mobil

Alasan utama pemberian garansi mobil baru dari pabrik karena garansi akan menjamin kondisi, ketahanan dan kegunaan dari mobil agar tetap prima seperti kondisi saat kita membeli baru.

Garansi juga menjadi bentuk tanggung jawab produsen jika terjadi kecacatan atau malfungsi dari produk selama periode tertentu. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku.

Garansi ini pasti akan diberikan apabila terdapat cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrikan, serta bukan akibat akibat kesalahan pemakai serta material yang habis terpakai (aus) atau mengalami kerusakan.

Baca juga: Kenapa Beli Mobil Bekas Harus Dengan Garansi

#2: Jangka Waktu Garansi

Odometer kendaraan

Garansi tentu tidak bersifat selamanya, melainkan ada jangka waktu. Pada mobil baru umumnya jangka waktu ini terbagi dua yakni garansi standar dan garansi terbatas.

Garansi standar diberian untuk perbaikan atas kerusakan atau cacat yang timbul selama jangka waktu tertentu atau jarak yang telah ditentukan. Biasanya pada mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia adalah pemakaian 3 tahun atau jarak tempuh 100.000 km (mana yang tercapai terlebih dahulu).

Sedangkan garansi terbatas diberikan untuk suku cadang tertentu dengan batasan masa garansi yang berbeda dengan suku cadang pada umumnya. Misalnya pada aki dan ban dengan masing-masing periode masa garansi 6 bulan atau 10.000 km (mana yang tercapai terlebih dahulu).

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Syarat dan Ketentuan Garansi

Servis bengkel resmi

Pada mobil baru terdapat berbagai syarat agar garansi mobil tidak gugur. Yang utama tentu saja tetap melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Servis dilakukan minimal pada setiap kelipatan 10.000 km atau 6 bulan. Penggunaan suku cadang dan komponen mobil juga wajib orisinil.

Garansi bisa gugur jika dilakukan pengalih fungsi kendaraan, perubahan pada mesin, bodi parts, kelistrikan, nomor rangka, nomor mesin, dan penggunaan yang tidak sesuai.  

#4: Keuntungan Selama Masa Garansi

Derek mobil

Selama berlakunya masa garansi, biasanya ada berbagai penawaran fasilitas dan keuntungan (benefit) lebih yang diberikan. Menariknya keuntungan ini terasa lebih banyak  pada garansi mobil bekas, seperti yang ditawarkan oleh Otospector.

Dengan menggunakan garansi mobil bekas Otospector, maka akan didapat benefit gratis Layanan Darurat 24 Jam selama 1 tahun  dengan pemakaian tidak terbatas untuk klaim garansi. Fasilitas ini tersedia di seluruh Indonesia dengan layanan meliputi derek, penggantian ban, jumper aki, pengantaran bensin hingga buka kunci mobil.

Dalam program Garansi Mobil Bekas, Otospector juga akan menjamin garansi mesin dan transmisi. Termasuk ketika mobil terjadi kerusakan akibat kecelakaan. Sehingga konsumen yang beli mobil bekas bisa terhindar dari rasa khawatir serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Baca juga: Mesin Mobil Brebet Bisa Karena 8 Penyebab Ini

beli mobil bekas di tokopedia

Apa saja keuntungan menggunakan mobil yang telah diinspeksi oleh Otospector?

Tidak salah jika dikatakan, salah satu ciri dari mobil bekas berkualitas adalah telah lulus inspeksi dari jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Artinya mobil tersebut sudah melalui tahap inspeksi dan kondisinya bisa tercermin dari laporan inspeksi.

Keuntungan lainnya, mobil yang telah lulus inspeksi bisa dilengkapi pula dengan Garansi Otospector. Garansi ini akan melindungi mobil Otofriends selama 1 tahun untuk kerusakan mesin dan transmisi. Selain itu ada banyak fasilitas dan keuntungan yang bisa didapat dari program ini seperti layanan Call Centre 24 jam untuk membantu jika mobil ada kesulitan di jalan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Grand Livina Bekas Harganya Kian Turun, Ini 5 Penyebabnya

Mei 10, 2024
Saat ini di pasaran memang hanya tersedia Nissan Grand Livina bekas. Tanpa produk baru yang meluncur, keberadaannya seolah terlupakan. Namun jika kita mengingat pada periode pertengahan dekade 2000-an, siapa yang tidak kenal dengan low MPV andalan Nissan ini. Dengan tongkrongan yang manis, ditambah keunggulan dalam hal pengendalian, kapasitas kabin, serta efisiensi konsumsi BBM, menjadikan Grand
Baca Lebih Lanjut

Catat, 4 Rekomendasi Mobil Sunroof 100 Jutaan

Mei 10, 2024
Membeli mobil pasti bikin kita senang, pertama dari sisi mobilitas lebih efektif bisa membawa banyak barang dan juga penumpang, lalu bisa menambah gengsi, apalagi mobil-mobil yang kita punya merupakan mobil keren. Otofriends tahu kalau mobil dengan sunroof merupakan mobil impian untuk sebagian orang, karena elegan dan trendi, mobil ini punya peminat yang juga tidak kalah
Baca Lebih Lanjut

Arti dan Fungsi dari Lampu Hazard di Mobil

Mei 10, 2024
Hallo Otofriends, kamu tahu nggak nih apa sih sebetulnya arti serta fungsi dari lampu hazard? Kita bahas lebih detail yuk disini. Adanya lampu hazard di setiap mobil sudah pasti banyak sekali manfaatnya untuk kita sebagai pengemudi. Lampu peringatan darurat atau lampu hazard merupakan komponen yang sangat penting yang ada di kendaraan, karena dapat membantu untuk
Baca Lebih Lanjut