Klik disini untukJual Mobil Anda

Begini Cara Cek Oli Mobil Pakai Dipstick

Mei 11, 2022
By Thomas W
Begini Cara Cek Oli Mobil Pakai Dipstick-otospector

Cara cek oli mobil memakai dipstick bisa dikatakan tidaklah sulit. Semua orang bisa melakukannya asalkan mau sedikit repot di sela-sela waktu senggang. Tapi masalahnya, tidak semua orang tahu manfaat dan langkah-langkah yang benar. Akhirnya mereka selalu lupa melakukannya.

Padahal perlu Otofriends ketahui, mengecek oli mesin secara rutin adalah bentuk perawatan mobil paling sederhana. Pengecekan perlu untuk memastikan volume oli pada mesin tetap terjaga secara ideal serta kualitas oli itu sendiri. Sehingga dijamin mesin tetap bisa bekerja optimal. 

Bagaimana cara cek oli mobil dengan dipstick yang benar? Faktor-faktor apa yang harus diperhatikan selama pengecekan? Yuk, sama-sama kita cermati poin-poin berikut ini:

#1: Saat Yang Tepat Untuk Pengecekan 

Waktu Ganti Oli - Tutup Oli Mesin

Pengecekan perlu dilakukan rutin minimal satu atau dua bulan sekali. Kondisi lain yang bisa mempercepat periode ini adalah saat ditemukan tetesan oli saat mobil terparkir dan bau menyengat ketika perjalanan.

Oli mesin yang diabaikan kondisinya dan jarang dicek akan berdampak pada menurunnya performa mesin mobil. Lama kelamaan malah akan terjadi kerusakan yang tidak diharapkan.

Pengecekan sebaiknya dilakukan dalam kondisi mesin mati dan sudah didiamkan lebih dari 10 menit setelah mesin dimatikan. Bisa juga dilakukan saat pagi hari sebelum dipanaskan atau mobil beroperasi.

#2: Mengecek Menggunakan Dipstick

Ganti Oli Rutin

Sebenarnya ada beberapa cara mengecek oli mobil. Contohnya dengan memeriksa lampu indikator oli. Apabila sesaat setelah mesin mobil dinyalakan indikator tersebut mati dalam waktu kurang dari 3 detik, itu tanda oli masih dalam kondisi baik.

Namun jika indikator tidak segera mati setelah mesin mobil menyala, maka kemungkinan isi oli kurang dan perlu ditambahkan

Cara cek oli mobil lain yang praktis bisa menggunakan dipstick. Batang pipih ini pasti tersedia di dalam tabung penampung oli mesin mobil. Sesuai namanya, alat ini digunakan dengan cara dicelupkan (dipping) di wadah oli.

Dipstick ini bisa mudah dilihat begitu kap mesin dibuka. Ujung dipstick akan terlihat berwarna kuning, putih, atau merah.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Inilah 5 Indikasi Saatnya Ganti Oli Mobil

#3: Langkah-Langkah Awal Pengecekan

Ganti Oli Sesuai Buku Manual

Sebelum mulai pengecekan, pastikan mobil diparkir di permukaan jalan yang rata. Pengaturan ini berguna agar pembacaan oli pada dispstick bisa lebih akurat.

Pastikan juga mesin mobil dalam keadaan mati, bahkan baiknya dalam kondisi dingin. Hanya saja, memang ada beberapa macam kendaraan yang justru merekomendasikan mesin dalam keadaan hangat. Karena itu bacalah buku manual pemilik secara seksama.

Harus diingat, ada faktor-faktor yang mempengaruhi temperatur mesin ideal untuk pengecekan oli. Antara lain seperti jenis oli dan temperatur di lokasi tempat pengecekan.  

#4: Indikator Pada Dipstick Yang Perlu Diperhatikan

Begini Cara Mudah Pengecekan Transmisi Mobil Matic Bekas

Jika Otofriends perhatikan pada dipstick, indikator volume oli dibagi menjadi tiga level. Bagian bawah atau ujung menunjukkan titik minimum, sementara di bagian atas maksimum. Artinya jika batas oli ada di antara keduanya, berarti aman.

Jumlah oli tentu tidak boleh kurang. Namun tidak boleh juga pernah melebihi titik maksimum pengisian agar performa mesin tidak menjadi lambat.

Jika Otofriends memeriksa oli saat keadaannya panas, maka umumnya batas oli terlihat mendekati maksimum atau bahkan melebihi. Jika ini terjadi, jumlah oli boleh sedikit dikurangi.

#5: Perhatikan Juga Kondisi Warna Oli

Periksa Kondisi Oli

Saat mengecek volume oli, jangan lupa sekaligus mengecek warnanya.

Oli mesin yang kondisinya baik akan berwarna kuning sedikit kehijauan dan tidak terlalu gelap. Oli akan berubah warna dari emas ke coklat dan hitam setelah semakin lama oli tersebut keluar dari mesin.

Oli yang berwarna kuning bersih maupun kuning kecoklatan masih layak pakai. Namun jika warnanya sudah coklat gelap atau bahkan hitam, oli sudah sangat tidak layak dan harus diganti.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

Bagaimana cara memastikan oli mobil bekas yang ditawarkan ke kita, telah bocor sehingga berdampak ke mesin?

Memilih dan membeli mobil bekas sebaiknya tidak asal beli tanpa diperiksa kondisinya. Salah memilih mobil bekas, maka konsekuensinya bisa berakibat panjang di masa datang.

Kalau ada tanda-tanda mobil bekas mengalami kebocoran oli, maka pastikan kondisinya dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya