Download Aplikasi OTOS
Install

Ketahuilah Beda Oli mesin dan Oli Gardan

Oktober 23, 2023
By Thomas W
Ketahuilah Beda Oli mesin dan Oli Gardan-otospector

Tahukah Otofriends, bahwa sebuah mobil memiliki setidaknya terdapat 5 sampai 6 jenis oli atau pelumas berbeda di dalamnya? Antara lain oli mesin, oli gardan, oli transmisi, minyak rem, dan oli power steering. Masing-masing oli tersebut punya fungsi dan karakteristiknya masing-masing, cek perbedaan oli mesin dan oli gardan disini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Di antara beberapa jenis oli, ada dua jenis oli yang menunjang kinerja mobil yakni oli mesin dan oli gardan. Kedua jenis oli ini digunakan untuk menjaga kinerja mobil di mana masing-masing mempunya fungsi utama yang berbeda.

Kedua jenis oli ini memiliki perbedaan dalam hal warna, konsistensi, dan waktu penggantian. Berikut adalah penjelasannya:

#1: Perbedaan Fungsi

Beda Oli mesin dan Oli Gardan

Pada dasarnya oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin, seperti piston, katup, dan bantalan. Pelumasan ini sangat penting agar gesekan dan panas yang terjadi tidak akan berlebihan sehingga dapat merusak mesin mobil.

Menggunakan oli mesin sesuai untuk karakteristik mesin itu sendiri, jenis oli mesin ada yang sintetis dan full sintetis. Jadi sebelum membeli, pastikan kamu mengetahui mana yang cocok untuk mesin kamu.

Selain itu perlu diketahui, oli mesin memiliki juga fungsi untuk membersihkan kotoran pada komponen mesin, mencegah terjadinya karat, dan membuat mesin lebih dingin.

Sementara itu oli gardan fungsinya adalah untuk melumasi komponen transmisi, seperti gigi-gigi roda, kopling, dan poros. Tujuannya agar tidak terjadi gesekan dan keausan yang dapat mengurangi efisiensi transmisi.

Fungsi oli gardan juga bisa mencegah karat, mengurangi getaran, dan meningkatkan daya tahan transmisi.

Baca juga: 5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

#2: Perbedaan Warna Oli

Beda Oli mesin dan Oli Gardan

Ada perbedaan warna di antara kedua oli ini. Saat baru diganti, oli mesin biasanya berwarna kuning keemasan atau coklat muda. Warnanya akan berubah menjadi gelap atau kehitaman setelah bercampur dengan kotoran dan partikel logam seiring pemakaian.

Sementara itu saat baru diganti oli gardan memiliki warna merah atau hijau. Seiring pemakaian warnanya tidak akan berubah banyak, karena pada dasarnya tidak bercampur dengan kotoran transmisi.

#3: Perbedaan Waktu Penggantian

Beda Oli mesin dan Oli Gardan

Periode waktu penggantian oli mesin sebenarnya bisa berbeda-beda tergantung pada jenis mobil, kondisi medan yang dilalui, dan frekuensi penggunaan mobil.

Akan tetapi secara umum, oli mesin biasanya diganti setiap 5.000 km atau 6 bulan. Meski ada juga yang menggantinya di 10.000 km.

Sedangkan pada oli gardan, selain kondisi jalan yang dilalui dan frekuensi penggunaan mobil, maka jenis transmisi juga berpengaruh pada waktu penggantian.

Secara umum setiap 40.000 km jarak tempuhnya atau 4 tahun, tergantung mana yang lebih dahulu tercapai, akan dilakukan penggantian oli gardan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Bahan Pembuatannya

Beda Oli mesin dan Oli Gardan

Oli mesin terbuat dari minyak bumi murni atau campuran minyak bumi dan bahan sintetis. Di dalam oli mesin ada oli dasar dan aditif atau sintetis.

Sementara itu oli gardan terbuat dari bahan sintetis yang telah diformulasi khusus untuk melumasi kontak gigi di boks gardan.

Di dalam oli gardan terdapat aditif anti karat dan anti oksidasi serta zat extreme pressure.

#5: Perbedaan Kekentalan

Beda Oli mesin dan Oli Gardan

Ada perbedaan kekentalan antara dua jenis oli ini. Oli mesin punya tiga jenis kekentalan, yaitu sintetis, semi sintetis, dan mineral. Kekentalan rendah ada pada sintetis, sementara yang tinggi adalah mineral.

Oli gardan biasanya punya kekentalan lebih tinggi daripada oli mesin karena harus melumasi bagian-bagian yang lebih berat

Baca juga: 5 Cara Atasi Oli Mesin Mobil Bocor Tanpa Bongkar

Bagaimana Cara Menentukan Jenis Oli Terbaik?

Dalam buku manual kendaraan tentu sudah ditentukan jenis oli mobil yang direkomendasikan. Kalau mau aman, ikuti saja pedoman tersebut. Soal merek, kita bebas memilih, asalkan spesifikasinya sesuai.

Dengan pemakaian oli yang sesuai, maka semestinya kondisi mesin juga akan selalu terjaga meski mobil sudah dipakai bertahun-tahun. Namun jika Otofriends ingin lebih memastikan kondisi mesin sebuah mobil bekas, maka manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang akan memberikan gambaran secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat Nih, 7 Mobil Bekas Di Bawah 50 Juta Di Jogja Yang Layak Jadi Pilihan  

Agustus 12, 2025
Ada banyak pilihan yang bisa dilirik kalau kita bicara soal mobil bekas di bawah 50 jutaan di Jogja. Apalagi warga Jogja dikenal orangnya sabar dan jeli. Maka Otospector yakin, bakal bisa didapat unit-unit yang meski sudah tergolong tahun tua, kondisi masih layak. Terus terang, dengan dana sampai dengan 50 jutaan, pilihan sangat terbatas. Dari tahun
Baca Lebih Lanjut

Penyebab dan Ciri Kondensor AC Mobil Rusak + Tips Perbaikan

Agustus 12, 2025
Siapa yang di sini pernah mengalami masalah kondensor AC mobil? Seperti yang kita ketahui kondensor AC mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk sistem pendingin mobil yang fungsinya untuk menghilangkan panas dari kabin mobil. Tapi seperti komponen lainnya, kondensor AC mobil juga sangat rentan untuk mengalami kerusakan.  Kondensor juga merupakan komponen sistem AC
Baca Lebih Lanjut

Ini Daftar Mobil Bekas Di Bawah 100 juta Di Tangerang, Semua Mobil Keluarga!

Agustus 11, 2025
Kalau untuk mobil keluarga, harga mobil bekas di bawah 100 juta di Tangerang sangat menarik buat dicatat. Mobil-mobil yang direkomendasikan ini, sengaja dipilih model-model yang populer. Selain karena sudah terbukti diakui konsumen berdasarkan penjualannya, untuk mendapatkannya juga relatif mudah. Termasuk saat harus merawatnya ketika pemakaian nanti. Meski begitu, tetap saja Otofriends harus berhati-hati dalam memilih.
Baca Lebih Lanjut