Kenapa Mobil Diesel itu Bisa Lebih Mahal

Juli 28, 2024
By Getan Metodius
Kenapa Mobil Diesel itu Bisa Lebih Mahal-otospector

Mobil diesel menjadi perbincangan di dunia otomotif, termasuk untuk memilih antara kendaraan diesel atau kendaraan bensin. Karena sebagian besar orang memutuskan untuk membeli mobil diesel.

Karena dapat menghasilkan lebih banyak torsi serta sudah dapat beroperasi dengan baik di tingkat konversi yang tinggi. Dengan demikian ini menjadi salah satu alasan mengapa mobil diesel harga nya mahal. 

Seperti yang kita ketahui, mobil diesel termasuk batang penghubung, katup buang, poros bubungan, dan roda gila, di antara elemen lainnya.

Mobil diesel itu memiliki banyak komponen berkualitas tinggi, karena komponen ini mampu bekerja keras untuk memberikan pengalaman berkendara yang baik bagi pengemudi. 

Berikut ini ada beberapa point kenapa mobil diesel itu bisa menjadi lebih mahal harganya dibandingkan dengan mobil bensin.

#1: Jarak Tempuh.

jarak tempuh mobil diesel

Sumber: Carro

Untuk mobil diesel dilabel dengan menawarkan jarak lebih jauh, sedangkan mobil dengan berbahan bakar bensin tidak mampu menandingi mobil diesel dalam hal jarak. 

Seperti yang kita ketahui jika mobil diesel tidak menggunakan busi, mobil diesel mempunyai tingkat kompresi yang sangat tinggi, sehingga mobil diesel akan menggunakan lebih banyak bahan bakar. 

Dan ini menjadi sebuah keuntungan yang lumayan signifikan karena mobil bensin tidak menawarkan. Serta jarak tempuh yang akan diberikan oleh mobil diesel sudah mencakup biaya tambahan kendaraan. 

Baca juga: Harga Mobil Toyota Agya Bekas Dibawah 100 Juta

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Biaya Asuransi.

asuransi untuk mobil diesel

Sumber: bareksa

Pakar mobil sudah mengetahui jika harga mobil diesel untuk harga nya sekitar 10% sampai 15% lebih mahal. Dan biaya tambahan muncul untuk pergantian dan perbaikan suku cadang jika terjadi pencurian, tapi itu semua tergantung pemilik mobil nya. 

Karena mereka adalah otoritas terakhir untuk menentukan jumlah uang asuransi, sehingga pemilik mobil harus mengambil keputusan yang sangat tepat untuk mengenai asuransi mobil.

#3: Biaya Dan Efisiensi Bahan Bakar.

bahan bakar mobil diesel

Sumber: pertamina

Seperti yang kita ketahui mobil diesel mempunyai efisiensi bahan bakar yang baik. Mobil yang menggunakan berbahan bakar bensin tertinggal jika dibandingkan mobil dengan sejenisnya jika dalam hal efisiensi bahan bakar. Karena untuk harga bahan bakar solar sudah sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan bensin di SPBU. 

Namun untuk mengendarai mobil diesel dalam jarak yang lumayan jauh bisa memanfaatkan efisiensi bahan bakarnya.

Menurut pakar mobil sudah menyarankan untuk mengendarai mobil diesel setidaknya sejauh 6 sampai 10.000 mil untuk pengendara bisa merasakan manfaatnya. 

Karena mereka tidak mengemudi untuk jarak yang lebih jauh dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli mobil diesel.

Baca juga: Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

#4: Pengalaman Berkendara.

Mobil diesel memiliki mesin diesel yang sangat perkasa sudah menawarkan torsi yang lebih tinggi, sudah dipastikan untuk pengalaman berkendara akan lancar bagi pemilik mobil diesel. 

Karena mesin bensin sudah mempunyai pengembang daya yang rendah, serta rasio kompresi menjadi lebih rendah pada mobil berbahan bakar bensin. Untuk mobil diesel sudah mempunyai rasio kompresi yang sangat tinggi.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Biaya Pelayanan.

Untuk biaya servis kendaraan mobil solar dan mobil bensin, kamu juga perlu pertimbangkan efisiensi bahan bakar dari kedua kendaraan tersebut.

Karena mobil-mobil ini tidak perlu servis rutin namun pemilik mobil hanya perlu memperhatikan untuk mengeluarkan uang yang ekstra untuk memperbaiki mobil dieselnya. 

Dan bagi pemilik mobil yang mempunyai mobil diesel yang usianya sudah lebih dari 5 tahun sudah tidak akan membawa kendaraan untuk diservis. 

Kesimpulannya adalah mobil diesel harganya lebih mahal dan lebih maju dalam segala hal dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin.

Namun ini akan menjadi keputusan untuk pembeli mobil mengenai mobil yang menawarkan performa atau memilih untuk membantu mereka untuk menghemat uang.

Pastikan membeli mobil diesel bekas yang berkualitas.

Jangan sampai salah ya otofriends, meskipun mobil diesel terkenal dengan tenaganya yang sangat mantap. Tapi kalau pengen beli mobil kondisi bekasnya tetap harus hati-hati, niatnya pengen hemat, nanti malah merogoh kocek lebih dalam karena banyak perbaikan.

Gunakan aja layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, setelah inspeksi mobil selesai, kamu akan dapat laporan dan kamu bisa putuskan akan membeli mobilnya atau tidak. Akan menghemat waktu kan?

Belum lagi kalau mobil yang dicek tersebut lulus inspeksi, kamu akan mendapatkan layanan garansi mobil bekas dari Otospector loh. Jadi tanpa ragu deh beli mobil bekas.!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Update Biaya Balik Nama dan Mutasi Mobil Terbaru 2024

Juli 23, 2024
Bersyukur kalau sudah bisa beli mobil, untuk otofriends yang baru beli mobil bekas mungkin bingung nih akan beberapa hal. Seperti berapa sih biaya balik nama dan mutasi mobil, bang min bakalan jabarin dengan lengkap di artikel berikut ini. Langkah selanjutnya ketika Otofriends sudah belu mobil bekas dari dealer terbaik seperti dealer rekanan otospector. Otofriends bisa
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Juli 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut

Apa Saja yang Harus Kita Cek Saat Beli Mobil Bekas?

Juli 16, 2024
Seperti yang kita ketahui jika nilai kendaraan mobil cenderung akan terus menurun walaupun usia kendaraan tersebut masih kondisi baru atau belum lama dimiliki oleh tangan pertama. Maka sebagian orang jika membeli mobil baru bukanlah sebuah keharusan yang dimiliki.  Berikut ini ada beberapa tips buat kamu jika ingin membeli mobil yang bekas, kamu harus perhatikan dan
Baca Lebih Lanjut