Mari Kenali Jenis-jenis Asuransi Mobil

Oktober 22, 2023
By Thomas W
Mari Kenali Jenis-jenis Asuransi Mobil-otospector

Sebagai pemilik mobil, Otofriends pasti pernah mendengar tentang asuransi mobil. Ya, asuransi mobil adalah salah satu produk asuransi, sama seperti asuransi-asuransi lain yang kita kenal. Hanya saja asuransi ini memberikan jaminan perlindungan finansial. Terutama jika terjadi risiko kerusakan atau kehilangan mobil akibat bencana alam, pencurian, kecelakaan, dan lain-lain. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Asuransi semacam ini menjadi pilihan banyak orang karena sifatnya menanggung biaya perbaikan bahkan penggantian mobil. Apalagi dua perkara ini masih dianggap sebagai sesuatu yang mahal bagi banyak orang.

Perusahaan asuransi mobil di Indonesia secara umum menawarkan dua jenis asuransi mobil. Yaitu asuransi mobil TLO dan All Risk. Mau tahu lebih lengkap penjelasannya? Simak di bawah ini tentang asuransi mobil terbaik:

#1: Asuransi Mobil All Risk

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Asuransi mobil ini memberikan perlindungan terhadap semua peristiwa yang tidak diinginkan, yaitu risiko kerusakan atau kehilangan mobil. Asuransi ini melindungi mobil kerusakan ringan hingga berat, seperti penyok, kaca pecah, lecet, terbakar, terjadi kecelakaan, kena banjir, kena petir, dll.

Asuransi jenis ini juga menanggung biaya perbaikan atau penggantian mobil jika kendaraan mengalami total loss. Artinya, kerusakan mobil lebih dari 75% atau bahkan sampai hilang.

Karena cakupan perlindungannya yang lebih luas dari asuransi TLO, maka wajar kalau premi asuransi mobil All lebih tinggi. Asuransi semacam ini juga lebih cocok untuk kendaraan baru atau yang berusia di bawah 5 tahun.

Baca juga: Kenapa Beli Mobil Bekas Harus Dengan Garansi

#2: Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Jenis asuransi ini cuma memberi perlindungan terahadap risiko kehilangan mobil. Selain itu ada juga perlindungan kerusakan parah hingga menyebabkan total loss.

Asuransi ini tidak menanggung perbaikan jika mobil mengalami kerusakan sedang atau ringan. Contoh kerusakan ini misalnya penyok, lecet, kaca pecah, dll.

Mengingat cakupannya cukup sempit, maka asuransi mobil jenis ini punya premi yang lebih rendah dibandingkan asuransi all risk. Asuransi mobil TLO ini tepat untuk mobil-mobil lama atau usia mobil sudah lebih dari 5 tahun.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Cara Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Tentu saja memilih salah satu di antara dua itu adalah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Akan tetapi sebelum memutuskan mana yang dipilih, pemilik mobil perlu memperhatikan hal berikut ini:

  • Apa saja syarat dan ketentuan polis produk asuransi mobil. Ini termasuk manfaat, kewajiban, pengecualian, batasan, dan prosedur klaim asuransi.
  • Bagaimana reputasi dan kredibilitas dari perusahaan asuransi tersebut. Hal ini termasuk layanan pelanggan, call center 24 jam, jaringan bengkel rekanan, dan catatan rekam jejak penyelesaian layanan asuransi klaim.
  • Besaran premi dan biaya tambahan asuransi mobil, termasuk diskon, bonus, komisi, administrasi, dan pajak.
  • Perbandingan berbagai produk asuransi dari berbagai perusahaan untuk mendapat harga penawaran terbaik.

Baca juga: 5 Hal Penting Sebelum Memilih Asuransi Mobil Bekas

Asuransi memang penting untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi pada mobil milik Otofriends. Dengan asuransi, maka pemilik mobil bisa lebih tenang dalam pemakaian sehari-hari.

Begitu pula saat Otofriends memilih mobil bekas, perlu mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil yang hendak dibeli. Agar lebih pasti, sebaiknya Otofriends menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi, maka Otofriends dapat mengetahui kondisi mobil secara keseluruhan. Selain itu dapat menentukan harga terbaik saat mobil hendak dibeli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada Otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut

Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

April 18, 2024
Membuka tutup radiator mobil memang kadang harus dilakukan pada beberapa kondisi. Namun Otofriends harus berhati-hati karena tindakan ini hanya bisa dilakukan dengan  memperhitungkan kondisi dari radiator saat itu. Apakah suhunya masih panas atau sudah cukup dingin. Selain kondisinya, Otofriends juga harus tahu cara membuka tutup yang benar. Karena kalau salah cara bukanya, bisa-bisa malah akan
Baca Lebih Lanjut