Mari Kenali Jenis-jenis Asuransi Mobil

Oktober 22, 2023
By Thomas W
Mari Kenali Jenis-jenis Asuransi Mobil-otospector

Sebagai pemilik mobil, Otofriends pasti pernah mendengar tentang asuransi mobil. Ya, asuransi mobil adalah salah satu produk asuransi, sama seperti asuransi-asuransi lain yang kita kenal. Hanya saja asuransi ini memberikan jaminan perlindungan finansial. Terutama jika terjadi risiko kerusakan atau kehilangan mobil akibat bencana alam, pencurian, kecelakaan, dan lain-lain. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Asuransi semacam ini menjadi pilihan banyak orang karena sifatnya menanggung biaya perbaikan bahkan penggantian mobil. Apalagi dua perkara ini masih dianggap sebagai sesuatu yang mahal bagi banyak orang.

Perusahaan asuransi mobil di Indonesia secara umum menawarkan dua jenis asuransi mobil. Yaitu asuransi mobil TLO dan All Risk. Mau tahu lebih lengkap penjelasannya? Simak di bawah ini tentang asuransi mobil terbaik:

#1: Asuransi Mobil All Risk

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Asuransi mobil ini memberikan perlindungan terhadap semua peristiwa yang tidak diinginkan, yaitu risiko kerusakan atau kehilangan mobil. Asuransi ini melindungi mobil kerusakan ringan hingga berat, seperti penyok, kaca pecah, lecet, terbakar, terjadi kecelakaan, kena banjir, kena petir, dll.

Asuransi jenis ini juga menanggung biaya perbaikan atau penggantian mobil jika kendaraan mengalami total loss. Artinya, kerusakan mobil lebih dari 75% atau bahkan sampai hilang.

Karena cakupan perlindungannya yang lebih luas dari asuransi TLO, maka wajar kalau premi asuransi mobil All lebih tinggi. Asuransi semacam ini juga lebih cocok untuk kendaraan baru atau yang berusia di bawah 5 tahun.

Baca juga: Kenapa Beli Mobil Bekas Harus Dengan Garansi

#2: Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Jenis asuransi ini cuma memberi perlindungan terahadap risiko kehilangan mobil. Selain itu ada juga perlindungan kerusakan parah hingga menyebabkan total loss.

Asuransi ini tidak menanggung perbaikan jika mobil mengalami kerusakan sedang atau ringan. Contoh kerusakan ini misalnya penyok, lecet, kaca pecah, dll.

Mengingat cakupannya cukup sempit, maka asuransi mobil jenis ini punya premi yang lebih rendah dibandingkan asuransi all risk. Asuransi mobil TLO ini tepat untuk mobil-mobil lama atau usia mobil sudah lebih dari 5 tahun.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Cara Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Tentu saja memilih salah satu di antara dua itu adalah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Akan tetapi sebelum memutuskan mana yang dipilih, pemilik mobil perlu memperhatikan hal berikut ini:

  • Apa saja syarat dan ketentuan polis produk asuransi mobil. Ini termasuk manfaat, kewajiban, pengecualian, batasan, dan prosedur klaim asuransi.
  • Bagaimana reputasi dan kredibilitas dari perusahaan asuransi tersebut. Hal ini termasuk layanan pelanggan, call center 24 jam, jaringan bengkel rekanan, dan catatan rekam jejak penyelesaian layanan asuransi klaim.
  • Besaran premi dan biaya tambahan asuransi mobil, termasuk diskon, bonus, komisi, administrasi, dan pajak.
  • Perbandingan berbagai produk asuransi dari berbagai perusahaan untuk mendapat harga penawaran terbaik.

Baca juga: 5 Hal Penting Sebelum Memilih Asuransi Mobil Bekas

Asuransi memang penting untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi pada mobil milik Otofriends. Dengan asuransi, maka pemilik mobil bisa lebih tenang dalam pemakaian sehari-hari.

Begitu pula saat Otofriends memilih mobil bekas, perlu mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil yang hendak dibeli. Agar lebih pasti, sebaiknya Otofriends menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi, maka Otofriends dapat mengetahui kondisi mobil secara keseluruhan. Selain itu dapat menentukan harga terbaik saat mobil hendak dibeli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Koleksi Mobil Ganjar Pranowo Capres 2024

Februari 15, 2024
Siapa yang enggak tahu nama ini Otofriends, nama Ganjar Pranowo udah jadi buah bibir beberapa bulan terakhir nih. Karena sosoknya yang kontroversial, ditambah Ganjar menjadi capres dari PDIP Perjuangan sontak namanya jadi banyak sekali dibahas. Tapi kamu tahu nggak nih kalau jawara PDIP ini juga punya koleksi otomotif seperti mobil loh. Siapa yang penasaran? Di
Baca Lebih Lanjut

Bikin Ngiler Inilah 5 Mobil Tercepat di Dunia 2024

Februari 14, 2024
Bagi penggemar mobil dengan performa terbaik dan kecepatan tertinggi, prestasi berupa kecepatan maksimal atau top speed, selalu jadi bahan pembicaraan yang seru. Pasalnya, banyak produsen mobil dunia yang berlomba-lomba untuk mencatatkan produknya sebagai yang tercepat. Tentu saja mobil dengan kecepatan di atas rata-rata ini tidak selalu dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan justru adalah untuk performa
Baca Lebih Lanjut

10 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Update 2024

Februari 13, 2024
Ketika Otofriends memikirkan tentang beli mobil, salah satu pertimbangan yang seringkali menjadi prioritas adalah membeli mobil bekas murah yang tetap dapat memenuhi kebutuhan transportasi. Mobil bekas murah seringkali menjadi alternatif yang bijak untuk mendapatkan kendaraan pribadi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, terlebih lagi pada tahun 2023 di mana perekonomian masih belum menentu. Berikut adalah
Baca Lebih Lanjut