Inilah 4 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Juni 28, 2022
By Thomas W
Inilah 4 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar-otospector

Para pemilik mobil biasanya akan khawatir dan kesal jika mendengar suara mesin mobil kasar. Apalagi jika selama itu pemilik merasa sudah merawat mobil dengan benar. Padahal untuk mengecek asal suara atau bunyi ternyata tidaklah gampang.

Suara mesin mobil kasar memang sumber masalahnya tidak melulu berasal dari mesin. “Mesin” hanya sekadar istilah karena biasanya bunyi ini muncul ketika mesin mobil beroperasi. Padahal penyebabnya bisa bermacam-macam.

Nah, agar lebih paham, yuk kita bedah dari mana kemungkinan penyebab sehingga suara mesin mobil kasar:  

#1: Bearing Mobil Bermasalah

5 Komponen Kaki-kaki Mobil Yang Sering Bermasalah

Cirinya adalah suara dengung yang terus-menerus dan semakin kencang ketika RPM naik. Bisa juga ketika mesin sudah panas.

Masalahnya ada beberapa macam bearing dalam mobil seperti tensioner, alternator, idler, kompresor, dan water pump. Jadi memang cukup sulit menentukan bearing yang bermasalah.

Di sini Otofriends butuh jasa bengkel untuk mencari tahu sumber masalah. Bengkel biasanya punya sound scope, alat khusus untuk mencari tahu dari mana asal sumber masalah ini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Fan Belt Mobil Bising? Ini 4 Cara Mengatasinya

#2: Kompresor AC Bermasalah

5 Komponen Yang Bikin Biaya Servis Mobil Membengkak

Bunyi kompresor AC termasuk paling gampang dikenali karena timbul begitu AC mobil dinyalakan.

Bunyi ini bisa muncul karena berbagai penyebab. Bisa dari oli kompresor AC yang sudah hampir habis. Bisa juga karena kompresor sudah dipenuhi kotoran.

Jika memang sumbernya dari kompresor, solusinya cukup dengan flushing. Namun perlu juga dipastikan apakah kemungkinan ada komponen lain di penyejuk udara ini yang perlu ditangani.

#3: Mesin Kekurangan Oli

Cara Memilih Oli yang Tepat

Seperti diketahui, oli mobil berfungsi mengurangi gesekan berlebih antar komponen di dalam mobil. Karena itu jika oli ternyata berkurang jumlahnya, maka kinerjanya dalam mengurangi gesekan juga akan berkurang. Akibatnya, timbul bunyi kasar.

Ciri bunyi kasarnya adalah dari sumber bunyi yang berasal dari bagian atas pengaturan katup. Bukalah kap mesin dan perhatikan dengan cermat.

Kebocoran biasanya disebabkan adanya kebocoran. Akibatnya oli mudah habis. Bocor juga bisa karena kondisi ring piston yang aus. 

#4: V Belt Bermasalah

Yuk, Kenali 5 Penyebab Mesin Overheat

V Belt adalah salah satu nama komponen pada mobil. Fungsi V Belt cukup krusial karena berhubungan langsung dengan beberapa komponen sekaligus, seperti kompresor AC dan hidrolik power steering.

Belt yang bermasalah biasanya terjadi karena kotornya tali kipas, keringnya tali kipas, rusaknya tali kipas, ataupun ukuran tali kipas yang kurang pas. Indikasinya bisa terdengar dari bunyi berdecit.

Jika Otofriends menemukan V Belt telah rusak, segera lakukanlah penggantian. Dalam kondisi normal, penggantian dilakukan setiap jarak tempuh 40.000 km. Namun jika sebelum jarak tersebut sudah ditemukan kerusakan, sebaiknya segera diganti saja.  

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Tanda Water Pump Mobil Alami Kerusakan

Bagaimana kita bisa mengetahui kondisi mesin mobil bekas dalam kondisi sehat sehingga tidak mengeluarkan bunyi kasar?

Calon pembeli mobil bekas memang harus cermat dalam memeriksa kondisi mobil bekas yang hendak dibelinya. Masalahnya, banyak pemilik yang abai dalam merawat mobilnya, karena berbagai alasan. Padahal para calon pembeli berharap bisa memperoleh unit dalam kondisi terbaik.

Untuk mengecek kinerja mesin sebuah mobil bekas, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dari hasil pengecekan, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi ebuah mobil secara keseluruhan. Hasil pengecekan dijamin independen dan terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

Januari 20, 2024
Bagi sebagian orang, istilah flushing AC mobil mungkin masih terasa asing. Padahal salah satu cara untuk merawat AC mobil ini fungsinya sangat penting. AC mobil akan selalu dalam kondisi bersih dan terawat, serta berumur panjang. Kalau sudah paham fungsinya, pemilik mobil biasanya akan mencari tahu soal biaya flushing AC mobil. Soalnya urusan perawatan AC mobil
Baca Lebih Lanjut

4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi Update 2024

Januari 18, 2024
Tidak bisa terbayangkan situasi di mana accu mobil tidak mau mengisi kembali, sementara kendaraan dipakai hampir setiap saat. Padahal jika ada masalah terhadap pengisian accu, risikonya adalah mogok atau berhenti tiba-tiba. Nah, urusannya bisa lebih repot lagi, karena aki salah satu komponen penting di mobil. Accu mobil menjadi bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

Januari 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut