Fan Belt Mobil Bising? Ini 4 Cara Mengatasinya

April 01, 2022
By Thomas W
Fan Belt Mobil Bising? Ini 4 Cara Mengatasinya-otospector

Seperti kita tahu, fan belt mobil adalah karet kipas pendingin mesin mobil, terbuat dari imitasi karet dan baja. Komponen ini berfungsi sebagai pemutar berbagai komponen mesin, dari mulai pompa oli hingga alternator.

Sayangnya fan belt mobil umurnya cukup singkat. Penyebabnya karena posisi komponen ini memang terbuka dan berhubungan dengan engine pulley. Akibatnya ia terpapar berbagai benda seperti air hujan, genangan, tanah, lumpur, bahkan pasir.

Kondisi itulah yang menyebabkan fan belt mobil mengeluarkan bunyi berisik (belt dressing) akibat karet yang tidak bisa memutar pulley secara sempurna. Atau bisa juga karena bagian pulley kering terkikis kotoran.

Agar tidak panik saat terjadi belt dressing, gunakan bahan-bahan ini untuk mengatasinya:

#1: Air Sabun

Fan Belt Mobil Bising? Ini 4 Cara Mengatasinya

Dalam keadaan darurat, cara ini bisa dikatakan paling ampuh dan sederhana. Namun sifatnya hanya sementara dan kurang efektif.

Caranya adalah dengan menyemprotkan air sabun pada permukaan belt yang mengeluarkan bunyi berisik. Tidak perlu terlalu banyak, asalkan permukaan belt sudah basah.

Ketika situasi sudah memungkinkan, atasi dengan cara lain yang lebih efektif.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Catat Nih, 7 Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

#2: Oli Atau Lilin Batangan

Sintetik vs Non-Sintetik

Cara darurat lainnya adalah mengoleskan oli atau pelumas. Sebaiknya gunakan oli mobil yang baru agar permukaan belt tidak menjadi kotor.  

Namun harus diingat, cara mengoleskannya harus hati-hati dan tidak perlu terlalu banyak. Jika berlebihan malah akan membuat belt selip dan muncul bunyi lai.

Alternatif lain bisa juga menggunakan lilin batangan yang digosokkan pada belt yang menimbulkan bunyi.

#3: Gemuk / Grease

Fan Belt Mobil Bising? Ini 4 Cara Mengatasinya

Mirip dengan metode sebelumnya dengan oli, belt juga bisa diolesi dengan gemuk (grease). Mekanisme pengolesannya juga mirip dengan pemakaian oli, begitu pula takarannya.

Pemakaian gemuk juga harus hati-hati agar tidak overdosis. Kalau berlebihan, maka belt justru bisa selip.

#4. Cairan Khusus Belt

Fan Belt Mobil Bising? Ini 4 Cara Mengatasinya

Cara yang paling disarankan tentu saja dengan pemakaian cairan khusus belt. Cairan semacam ini sudah banyak tersedia di toko aksesoris mobil atau pusat belanja retail.

Untuk menyemprotkan cairan khusus ini, Otofriends harus menghidupkan mesin hingga kondisi stasioner. Baru semprotkan pada bagian belt yang berbunyi sampai bunyi hilang.

Harus diingat, semprot secukupnya saja agar tidak menimbulkan selip atau membuat mesin jadi kotor.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Penyakit Mesin Innova Bensin Yang Sering Terjadi

Bagaimana kita memastikan kondisi fan belt dari mobil bekas yang hendak kita beli?

Pada dasarnya fan belt mempunyai usia pakai. Idealnya setiap 40.000 km komponen berbahan karet tahan panas ini diganti dengan yang baru. Namun terkadang karena kelalaian pemilik mobil, pemakaiannya bisa lebih dari itu.

Pada waktu Otofriends hendak membeli mobil bekas, perhatikan pula kondisi fan belt. Apakah memang masih layak atau terlihat sudah agak rapuh. Agar lebih yakin dalam menilai, Otofriends baiknya menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang sudah berpengalaman dan independen.

Jika riwayat perawatan mobil bekas tidak diketahui, segera setelah mobil dibeli ada baiknya fan belt diganti saja. Tindakan ini penting untuk mencegah fan belt putus tiba-tiba dan malah merugikan mesin.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

April 03, 2024
Mobil bekas BMW selalu punya tempat tersendiri, bener nggak otofriends? Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

Maret 31, 2024
Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan. Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran

Maret 31, 2024
Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung halaman. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Perjalanan mudik sangat penting untuk mereka yang merantau. Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang
Baca Lebih Lanjut