Segini Perkiraan Biaya Ganti Cat Mobil

Maret 09, 2024
By Thomas W
Segini Perkiraan Biaya Ganti Cat Mobil-otospector

Pemilik mobil yang ingin memperbarui warna body mobilnya biasanya akan mencari tahu informasi seputar biaya ganti cat mobil. Maklum saja, pengecatan bodi mobil bukan pekerjaan yang sering kita lakukan. Biasanya cuma saat warna body sudah pudar akibat usia mobil atau ketika ada kerusakan pada body.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Dengan mengetahui kisaran biaya ganti cat mobil, pemilik bakal bisa memperkirakan total biaya yang harus dikeluarkan. Maklum biaya pengecatan body sangatlah bervariasi, bergantung pada jenis mobil, jenis dan kualitas cat, serta lokasi bengkelnya.

Nah, karena itu sebelum tahu lebih jelas soal biaya ganti cat mobil, mari kita lihat beberapa informasi seputar pergantian cat mobil ini:

#1:  Ada Opsi Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Biaya Ganti Cat Mobil

Sumber: Motor1.com

Ada dua pilihan utama untuk urusan pengecatan yaitu mengecat di bengkel resmi atau bengkel umum. Soalnya masing-masing pilihan bakal ada konsekuensinya.

Mengecat di bengkel umum tentu biayanya lebih murah. Tetapi sebaiknya dipastikan dulu apakah fasilitas bengkelnya cukup komplet dan tenaganya profesional. Harus dipahami, proses pengeringan di bengkel umum ada yang belum menggunakan teknik oven. Artinya dijemur di bawah matahari langsung.

Tentu saja dengan proses pengeringan semacam ini, Otofriends harus memilih bahan cat yang cepat kering. Gunanya agar cat tidak ada partikel-partikel yang menempel dan dapat merusak permukaan body saat cat belum kering.

Baca juga: Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini 5 Keuntungan Dan Kerugiannya Update 2024

#2: Biaya Cat Mobil Full Body

Biaya Ganti Cat Mobil

Sumber: Teknobodyrepair.id

Biaya cat full body sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jenis mobil yang akan mempengaruhi luasan permukaan body, jenis cat yang dipakai, dan juga aturan dari bengkel.

Contohnya, pengecatan full body Toyota Avanza tentu akan berbeda dengan Honda Brio. Meski di pasaran, harga keduanya bisa hampir setara untuk tahun tertentu, namun untuk pengecatan, Avanza biasanya akan tetap lebih mahal.

Berikut beberapa contoh biaya pengecatan per merek mobil:

  • Toyota Avanza mulai dari Rp6 jutaan
  • Daihatsu Xenia mulai dari Rp6 jutaan
  • Honda Mobilio mulai dari Rp6 jutaan
  • Honda Brio mulai dari Rp4 jutaan
  • Daihatsu Agya mulai dari Rp4 jutaan
  • Toyota Kijang Innova mulai dari Rp11 jutaan

Sedangkan untuk biaya pengecatan di bengkel resmi, tinggal ditambahkan saja dengan selisih Rp3 juta – Rp4 juta lebih mahal.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Biaya Cat Mobil Per Panel

Biaya Ganti Cat Mobil

Sumber: Carproo.com

Otofriends juga punya opsi melakukan pengecatan per panel body.

Pengecatan dengan metode ini bisa dipakai jika ingin menghemat biaya pengecatan dengan cara dicicil per panel. Atau kalau memang Otofriends hanya ingin mengecat bagian panel tertentu saja.

Agar ada gambaran biaya ganti cat mobil per panel, berikut ini kami beri 3 pilihan cat yaitu Polyurethane (paling mahal), Acrylic Lacquer (cukup ekonomis), dan Duco (paling ekonomis).

Polyurethane

  • Bagian kabin atas mobil Rp500 ribu-Rp800 ribu  
  • Bagian pintu mobil Rp300 ribu-Rp450 ribu   
  • Kap mesin dan bagasi Rp400 ribu-Rp600 ribu      
  • Spakbor atau fender Rp300 ribu-Rp450 ribu
  • Bumper depan atau belakang   Rp300 ribu-Rp450 ribu

Acrylic Lacquer

  • Bagian kabin atas mobil Rp650 ribu       
  • Bagian pintu mobil Rp350 ribu
  • Kap mesin dan bagasi Rp350 ribu-Rp450 ribu
  • Spakbor atau fender Rp350 ribu
  • Bumper depan atau belakang Rp350 ribu

Duco      

  • Bagian kabin atas mobil Rp150-350 ribu
  • Bagian pintu mobil Rp150 ribu-Rp350 ribu
  • Kap mesin dan bagasi Rp150 ribu-Rp350 ribu
  • Spakbor atau fender Rp150 ribu-Rp350 ribu
  • Bumper depan atau belakang Rp150 ribu-Rp350 ribu
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Catat! Biaya Cat Mobil Dipengaruhi 5 Faktor Ini

Sejauh mana kondisi cat body mempengaruhi nilai mobil bekas?

Dari kondisi cat kita bisa tahu apakah mobil tersebut pernah dilakukan perbaikan bodi atau bahkan dicat ulang. Jangan lupa, perbaikan dan pengecatan body juga bisa jadi indikasi apakah mobil tersebut pernah tabrakan hebat atau kecelakaan.

Untuk mengetahui kondisi cat mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan peralatan dan inspektor yang andal, Otofriends bisa mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Dari sinilah kita akan dapat memilih mobil bekas yang terbaik sesuai harapan.

Yuk, inspeksi mobil incaranmu sekarang!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Mlongo Koleksi Mobil Raffi Ahmad Sampai 2024

Januari 29, 2024
Raffi Ahmad merupakan salah satu artis dan pengusaha yang sukses di tanah air. Selain dikenal sebagai presenter, aktor, dan produser, Raffi juga memiliki bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, properti, dan media seperti kanal Youtube. Raffi juga menjadi brand ambassador dari beberapa produk ternama seperti Samsung, Indomie, dan Shopee. Tak heran kalau Raffi menjadi
Baca Lebih Lanjut

Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Januari 29, 2024
Wajar jika para pengemudi mobil zaman sekarang agak asing dengan karburator. Maklum, komponen ini memang sudah ketinggalan zaman. Mobil-mobil zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya. Antara sistem injeksi dengan karburator tentu punya banyak perbedaan mendasar yang berpengaruh pada performas mesin. Agar Otofriends memahami peran karburator di masa lalu, ada baiknya kita mengenal
Baca Lebih Lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Januari 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut