Beginilah Risiko Ganti Head Unit Mobil

Juni 02, 2023
By Thomas W
Beginilah Risiko Ganti Head Unit Mobil-otospector

Head unit adalah komponen penting dalam sistem hiburan mobil. Head unit berfungsi sebagai sumber audio yang dapat memutar musik dari berbagai media, seperti radio, CD, USB, Bluetooth, dan lainnya. Selain itu, head unit juga dapat menampilkan informasi penting tentang kondisi mobil, seperti sensor tekanan angin ban, suhu, konsumsi bahan bakar, dan sebagainya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Banyak pemilik mobil yang kurang puas dengan head unit bawaan standar mobil dan ingin menggantinya dengan produk aftermarket yang lebih canggih dan modern. Produk aftermarket biasanya memiliki fitur lebih lengkap, seperti layar sentuh, GPS, kamera mundur, dan lainnya. Harganya pun bervariasi, mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Akan tetapi mengganti head unit mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Penggantian head unit memiliki risiko cukup besar yang harus dipahami yakni:

#1: Tidak Cocok Dengan Ukuran Frame Mobil

Risiko Ganti Head Unit Mobil

Ukuran frame head unit bawaan mobil biasanya berbeda-beda tergantung dari merek dan tipe mobil. Ada yang menggunakan sistem single DIN (ukuran 180 x 50 mm) dan ada yang menggunakan sistem double DIN (ukuran 180 x 100 mm).

Jika Otofriends ingin mengganti head unit dengan menggunakan rangka atau frame yang berbeda, harus dicari tempat di area dasbor dengan cara memodifikasi bracket dan frame. Tentunya ada biaya tambahan dan keahlian khusus. Selain itu, perhatikan juga estetika dan kekuatan pemasangan bracket dan frame agar tidak merusak tampilan dan fungsi dasbor. Ada risiko besar jika asal pasang frame.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Sistem Audio Mobil Bermasalah

#2: Tidak Cocok Dengan Kabel Dan Soket Mobil

Risiko Ganti Head Unit Mobil

Kabel dan soket head unit bawaan mobil biasanya sudah disesuaikan dengan sistem kelistrikan yang memiliki standar tertentu dari pabrikan. Jika head unit diganti dengan produk aftermarket, kemungkinan besar kabel dan soketnya tidak akan cocok.

Jika ingin tetap diganti, Otofriends harus mencari kabel adaptor atau memotong / mengupas kabel untuk menghubungkan head unit baru dengan sistem kelistrikan mobil. Tentu risikonya akan terjadi hubungan pendek atau korsleting yang bisa berakibat mobil terbakar. Jika ingin tetap dikerjakan, Otofriends tentu harus memperhatikan semua kabel.

#3: Tidak Cocok Dengan Steering Control

Risiko Ganti Head Unit Mobil

Banyak mobil modern yang memiliki fitur steering control atau pengaturan audio dari setir. Fitur ini memungkinkan pengemudi mengatur volume, mode, atau lagu tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan.

Jika head unit nya  diganti dengan produk aftermarket, kemungkinan besar fitur ini tidak akan berfungsi lagi akibat tidak kompatibel dengan head unit baru. Meski sangat memungkinkan untuk dikoneksikan dengan steering control, memasang produk aftermarket maka berisiko audio control tidak bekerja atau mau tidak mau mengorbankan fitur ini.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Tidak Cocok Dengan Sistem Komputer Mobil

Risiko Ganti Head Unit Mobil

Banyak mobil modern punya sistem komputer yang terintegrasi dengan head unit bawaan standar mobil. Sistem komputer ini dapat menampilkan informasi penting tentang kondisi mobil, seperti sensor tekanan angin ban, suhu, konsumsi bahan bakar, dan sebagainya.

Jika head unit diganti dengan produk aftermarket, kemungkinan besar sistem komputer ini tidak akan berfungsi lagi karena tidak kompatibel. Harus dicari cara untuk menghubungkan head unit baru dengan sistem komputer atau mengorbankan informasi penting tersebut. Dengan cara itu maka mobil mudah untuk dikoneksikan dengan head unit yang baru.

#5: Menghilangkan Garansi

Risiko Ganti Head Unit Mobil

Pabrikan mobil biasanya tidak menyarankan pemilik kendaraan untuk melakukan modifikasi pada bodi, mesin, komponen, atau kelistrikan yang tidak sesuai dengan standar.

Penggantian head unit tentu berisiko garansi akan hilang. Jika terjadi kerusakan akibat modifikasi tersebut, Anda tidak bisa mengklaim garansi dan harus menanggung biaya perbaikan sendiri.

Baca juga: Ini Dia 5 Penyebab Aki Mobil Tekor

beli mobil bekas di tokopedia

Dari fakta-fakta tadi, maka pikirkan matang-matang jika Otofriends memang bermaksud mengganti head unit. Jika tetap ingin diganti, pastikan pilih produk yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil. Selain itu, pastikan juga mempercayakan pemasangan head unit mobil kepada teknisi berpengalaman dan profesional.

Jangan lupa, kinerja head unit juga amat ditentukan oleh kinerja kelistrikan secara umum. Untuk memastikan sistem kelistrikan sebelum membeli mobil bekas, manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi secara menyeluruh, Otofriends akan mampu menilai kondisi mobil bekas secara keseluruhan. Mobil lebih terjamin kualitasnya dan lebih tenang saat dipakai nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Pakai Ban Asimetris, Simak Tips Aman Nyetir Saat Hujan Lainnya

Juli 09, 2024
Berkendara di musim hujan juga harus lebih waspada, karena saat berkendara di musim hujan dapat membuat pandangan tidak terlalu jelas, apalagi jika di posisi hujannya pada saat malam hari membuat visibilitas ke jalan pastinya akan berkurang drastis. Sesungguhnya mau musim hujan atau bukan, kita sebagai pengemudi haruslah berkendara dengan aman, namun bedanya saat berkendara di
Baca Lebih Lanjut

Apa Saja Pemicu Aquaplaning Mobil?

Juli 09, 2024
Di musin kemarau dengan banyak hujan seperti sekarang ini, para pengemudi harus ekstra waspada terhadap pemicu aquaplaning mobil. Masalahnya, situasi ini sering kali terjadi secara tidak terduga. Tiba-tiba saja, di tengah perjalanan, mobil tergelincir dan meluncur tanpa terkendali. Ujung-ujungnya bisa mengakibatkan kecelakaan dan memakan korban.  Kabar baiknya, kondisi aquaplaning ini sebenarnya bisa dikenali bahkan bisa
Baca Lebih Lanjut

Ada di Mall Ciputra Ini Jadwal Samsat Keliling Jakarta Barat Lainnya

Juli 06, 2024
Warga Jakarta Barat yang akan melakukan urusan perpanjangan STNK, tentu tidak pernah merasa repot lagi berkat adanya layanan Samsat Keliling Jakarta Barat. Dengan adanya Samsat Keliling, warga punya banyak alternatif tujuan yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kepentingan pribadinya. Wajar jika ada sebagian anggota masyarakat yang memilih urusan perpanjangan STNK kendaraannya di Samsat Keliling. Ini
Baca Lebih Lanjut