Klik disini untukPesan Mobil Idaman

5 Mobil Bekas Murah Harga di Bawah Rp50 Jutaan, Tipe SUV

Oktober 12, 2020
By Thomas W
5 Mobil Bekas Murah Harga di Bawah Rp50 Jutaan, Tipe SUV-otospector

Banyak mobil bekas murah saat ini, mengingat di pasaran memang sedang membanjir penawaran dari penjual. Akan tetapi jangan sembarangan memilih mobil begitu saja. Pilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari.

Contohnya, mobil yang tangguh dan siap menghadapi medan yang kurang menguntungkan. Jalanan yang rusak atau ancaman banjir, misalnya. Apalagi musim hujan sudah di depan mata.

Mobil yang memenuhi syarat tentu saja dari jenis SUV. Bukan hanya karena mobil jenis ini punya tenaga dan torsi yang lumayan, namun juga ground clearance-nya yang relatif tinggi. Kondisi seperti itu membuat SUV cukup tangguh dan aman dalam pemakaian sehari-hari di tengah ancaman bencana.

Mobil-mobil yang bisa direkomendasikan antara lain: 

#1: Daihatsu Taft

Pilihan pertama dalam rekomendasi mobil bekas murah tapi tangguh ini memang benar-benar legenda-nya SUV di Indonesia. Bayangkan, Taft keluaran tahun 1970-an (pertama kali diluncurkan tahun 1976) atau hampir 40 tahun lalu saja hingga kini masih ada terlihat di jalanan. Dengan kubikasi 2.530 cc dan mesin bandel, rasanya Taft pantas dijuluki salah satu SUV lawas paling tangguh.

Dengan budget Rp50 jutaan, Anda akan bisa leluasa memilih Taft F50 yang merupakan Taft generasi 1980-an dan sudah direstorasi. Atau kalau mau yang tahun produksinya lebih muda, Anda bisa sabar mencari Taft F70 atau biasa disebut Taft GT, hingga tahun produksi 1992.

#2: Suzuki Escudo 

Mobil ini dikenal memiliki eksterior yang mewah pada zamannya. Selain itu keunggulan ada pada kenyamanan sistem suspensi serta rakitan bodi yang kuat serta tidak mudah keropos. Bukan hanya eksterior, bagian interiornya juga cukup menarik. Terutama ketersediaan fitur-fitur yang cukup keren pada zamannya, seperti power window, central lock, remote alarm, dll.

Dalam hal performa, Escudo juga tidak mengecewakan. Dari mesin 1,6 L SOHC 16 katup 4 silinder segaris, mampu dihasilkan tenaga 85 hp dan torsi sebesar 147 Nm. Hanya saja, karena saat ini usianya sudah tergolong uzur, wajar jika mesin sering overheat serta kopling kadang bermasalah.

Escudo sendiri mulai dipasarkan di Indonesia tahun 1992. Dengan budget Rp50 jutaan, Anda bisa berburu Escudo dengan tahun produksi antara 1994 sampai 1996. Bahkan kalau Anda mau sedikit bersabar, bisa mendapat tahun 1997.

Baca juga: Tertarik Meminang SUV Usia 10 Tahun? Simak Dulu Perbandingan Harganya

#3: Nissan Terrano Granroad

Jangan kaget kalau ada yang mengatakan Nissan Terrano dikenal sebagai mobil yang “haus BBM” di antara mobil bekas murah yang ada. Memang ada yang berpendapat begitu. Padahal mesinnya sebenarnya standar saja, yakni 2.400 cc dengan tenaganya 118 hp dengan torsi 185 Nm.

Akan tetapi konsumsi BBM yang cukup besar itu terkompensasikan dengan tarikan yang terasa mantap. Terutama ketika diajak jalan-jalan di medan yang penuh tantangan alam. Kabin yang terasa lega juga membuat berkendara semakin menyenangkan, apalagi jika bersama keluarga.

Dengan bentuknya yang gagah, Terrano sempat membuat banyak orang melirik saat diluncurkan pertama kali pada 1995. Dengan budget Rp50 jutaan, maka bisa didapat produksi tahun 1998 sampai 2000. Cukup lumayan kan?

#4: Chevrolet Opel Blazer

Jika pada era 90-an, Terrano disebut-sebut merajai pasar SUV, maka salah satu pesaing kuatnya adalah Opel Blazer. Saat itu Blazer paling tidak sudah punya 2 keunggulan yakni sistem injeksi dan harga jual yang lebih murah. Dalam hal tampang, Blazer juga boleh dibilang sangat menarik pada zamannya. Khas mobil-mobil Eropa, karena menyandang nama Opel.  

Sesuai dengan peruntukannya, kabin Blazer juga terasa sangat lega. Cocok sekali untuk mengajak keluarga berpetualang. Dengan mesin 2.2 liter yang mampu melepas 138 hp dan torsi puncak 195 Nm, Blazer semakin menarik tersedia pula versi 4WD. Ketangguhannya tidak diragukan sehingga sering dijuluki “si kebo”.

Saat diluncurkan pertama kali pada tahun 1996, harga Blazer sangat kompetitif yakni Rp72 juta. Kini dengan budget Rp50 jutaan, Anda bisa mendapat Opel Blazer Montera tahun 2000 sebagai mobil bekas murah tapi tangguh yang bisa dibawa pulang.

#5: Daihatsu Feroza

Daihatsu Feroza

Pada masanya, SUV ini sudah terasa sangat modern. Semua itu berkat tongkrongannya yang terkesan agresif dan berotot. Apalagi jika ditambah bar tinggi di depannya. Namun jika disimak lebih jauh, sebenarnya Feroza tidak segarang di dalam imajinasi yang memandang. Apalagi Feroza hanya tersedia dalam RWD, hingga sering disebut jip banci.

Mesinnya sendiri tidak besar, 1.6 liter 4-silinder segaris dengan 16 katup SOHC berpendingin liquid cooled. Berbeda dengan dua saudaranya yaitu Rocky dan GT yang punya versi diesel, Feroza hanya tersedia dalam bahan bakar bensin. Perbedaan inilah yang kabarnya mengakibatkan saat itu Feroza kurang direspons konsumen.

Dengan budget Rp50 jutaan, Anda bisa memboyong Feroza antara tahun produksi 1995 sampai 1997. Masih cukup memadai untuk disebut mobil murah tapi tangguh.

Baca juga: Bagaimana Nasib Mobil Bekas Banjir? Ini Beberapa Faktanya

Dibandingkan dengan mobil-mobil kecil seperti MPV atau Hatchback, SUV memang aslinya tidak masuk dalam kategori mobil murah. Maka wajar jika SUV yang masuk dalam budget Rp50 jutaan adalah mobil-mobil yang sudah cukup mencicipi asam garam di jalanan alias sudah tua. Kondisinya harus dipastikan betul agar tidak mengecewakan saat dipakai nantinya.

Bila Anda ingin mengetahui secara jelas kondisi mobil yang sudah berumur, lebih baik pergunakan jasa inspeksi mobil bekas seperti Otospector. Dengan tenaga-tenaga inspektor yang andal dan berpengalaman, Anda akan mendapat hasil inspeksi yang objektif. Berdasarkan hasil inspeksi ini, kita bisa memilih mobil yang ada dalam kondisi terbaik.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya