;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Sistem Injeksi Mobil Perlu Dirawat. Inilah Hal Yang Harus Dikerjakan

Februari 28, 2020
By Thomas W
Sistem Injeksi Mobil Perlu Dirawat. Inilah Hal Yang Harus Dikerjakan-otospector

Saat ini pada umumnya mobil baru telah menggunakan sistem injeksi. Dibandingkan dengan penggunaan karburator, sistem ini terbukti punya banyak keunggulan, terutama soal efisiensi bahan bakar.

Biasanya, para pemilik kendaraan akan menyerahkan perawatan sistem injeksi kepada bengkel. Namun tidak ada salahnya memahami cara merawat sistem ini agar lebih mengerti sekiranya terdapat berbagai masalah. Mari kita simak beberapa tipsnya:

#1: Membersihkan bagian sensor

Setidaknya ada 10 sensor yang ada pada mesin injeksi, mulai dari nosel injektor, sensor pengapian, suhu air pendingin, idle, dll. Cara untuk mengetahui setiap sensor cukup dengan melihat kabel yang terhubungkan dengan ECU.

Sensor yang kotor cukup dibersihkan. Gunakan contact cleaner yang memang diperuntukkan untuk konektor kelistrikan.

#2: Perawatan nosel injektor

Perawatan ini diperlukan agar bentuk serta semprotan dari bahan bakar bisa ideal. Penggunaan bahan bakar dengan kualitas rendah akan menyebabkan lubang nosel  tersumbat oleh kotoran maupun kerak. Akhirnya semprotan jadi bermasalah dan tersumbat oleh kotoran dan kerak.

Cara membersihkannya, cukup dengan mencampurkan cairan pembersih ke tangki bahan bakar. Campuran bahan kimia itu akan mengikis kotoran dengan sendirinya.

Baca juga: 5 Komponen Mesin & Jenis Perbaikan Mobil Termahal

#3: Pembersihan filter bensin dan udara

Suplai bensin bisa terhambat karena kondisi fileter bensin yang tersumbat kotoran. Meski usia pakai pada mesin injeksi lebih lama dibandingkan sistem karburator, namun jikalau filter sudah kotor, harus tetap diganti.

#4: Membersihkan throttle body

Bagian ini berfungsi untuk mengatur keluar-masuk udara ke dalam mesin. Jika filter ini jarang dibersihkan sementara lingkungan di sekitar sangat berdebu, maka akan membut adanya kotoran (gum) pada bagian throttle body.

#5: Penyetelan karbon monoksida

Karbon monoksida harus selalu teratur disetel, di mana pengukuran dapat menggunakan engine analyzer. Pengukuran ini berguna untuk mengetahui kondisi pembakaran di dalam mesin. Ketika disetel, idealnya angkanya ada di bawah 1%. Jika angkanya melebihi, maka perlu dilakukan penyetelan ulang pada sistem pasokan bensin, pengapian dan udara mobil.

#6: Cek kondisi aki

Aki Mobil

Sistem injeksi sesungguhnya sangat berkaitan dengan pasokan listrik yang stabil agar performa dan usia pakainya panjang. Pastikan juga agar suplai tegangan yang menuju ECU dan senor dapat berjalan stabil dan normal saat mesin dinyalakan (starter).

Baca juga: Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil

Sistem injeksi yang sehat dan bekerja dengan baik akan membuat kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima. Perawatan sistem injeksi bisa dilakukan kepada mekanik yang ahli di bengkel. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba sendiri agar semakin paham dengan kondisi kendaraan kesayangan Anda.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Cara Simpel Ini Ternyata Mampu Memperpanjang Umur Aki Mobil

Maret 23, 2018
Baterai mobil atau lazim kita sebut sebagai aki merupakan bagian yang cukup esensial. Mulai dari starter mobil hingga sistem lampu tergantung pada kehadirannya. Umumnya, aki dapat bertahan sekitar 2 tahun, namun Anda juga dapat memperpanjang umur aki mobil dengan beberapa cara simpel berikut ini! #1: Jangan Menyalakan AC & Radio Simpel, namun kebiasaan menyalakan air
Baca Lebih Lanjut

Kapankah Waktu Terbaik untuk Ganti Ban Mobil?

Maret 14, 2018
Mengganti ban mobil merupakan salah satu perawatan yang tidak boleh dilupakan. Sering diabaikan, padahal jika ban rusak atau kondisinya abnormal, sangat membahayakan dalam berkendara dan bagian lain dari mobil bisa terkena dampaknya. Kira-kira, kapan hal ini harus Anda lakukan ya? Berikut ulasan lengkapnya dari tim OtoSpector. #1: Ban Bolak-Balik Kempes Teman OtoSpector, jalan raya zaman
Baca Lebih Lanjut

Bisa Berakibat Fatal! Ini Kesalahan Berkendara yang Masih Banyak Dilakukan Orang

Maret 07, 2018
Beberapa waktu ke belakang ini, dunia maya diwarna pro kontra larangan menyetir sambil mendengar musik atau merokok. Disebutkan, kedua aktivitas tersebut dapat memecah konsentrasi sehinga dapat terjadi kesalahan berkendara yang menyebabkan kecelakaan. Terlepas dari penafsiran arti dari larangan tersebut, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa kesalahan berkendara yang sangat membahayakan dan perlu dihindari. Ayo segera
Baca Lebih Lanjut

5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

Februari 27, 2018
Mobil dengan kondisi prima bisa didapatkan bila Anda rutin melakukan service sesuai dengan anjuran perawatan. Wah, bila semuanya dilakukan bisa-bisa kantong jadi bolong bukan? Jalan tengahnya, orang pun kerap melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja. Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya