5 Komponen Mesin & Jenis Perbaikan Mobil Termahal

Desember 04, 2017
By jandika
5 Komponen Mesin & Jenis Perbaikan Mobil Termahal-otospector

Sebuah mobil terdiri dari berbagai macam komponen. Supaya bisa bekerja dengan baik, Anda wajib melakukan perawatan dengan telaten dan rutin. Jangan pernah mengabaikannya, sebab apabila rusak maka Anda pun harus mengeluarkan uang ekstra, apalagi perbaikan mobil biasanya memakan cukup banyak biaya.

Ayo ketahui bagian mobil mana saja yang biaya perbaikannya dapat menguras kantong Anda:

#1: Internal Mesin Mobil

Internal Mesin Mobil

Umur yang tak lagi muda, perawatan yang kurang baik, hingga faktor-faktor pemakaian yang lain merupakan sebagian hal yang dapat membuat kondisi internal mobil jadi rusak.

Kerusakan internal mesin pun biasanya terjadi pada beberapa komponen sekaligus, dikarenakan komponen ini bekerja secara bersamaan. Akibatnya biaya yang dikeluarkan untuk membuat kondisi kembali prima jadi sangat membengkak.

Perbaikan internal mesin biasanya disebut dengan istilah overhaul atau turun mesin.

#2: Transmisi

Transmisi Matic

Transmisi merupakan komponen mobil yang cukup vital. Bila mengalami kerusakan, Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp8 juta-an, bahkan lebih jika mobil Anda menggunakan transmisi automatic.

Salah satu cara paling efektif untuk merawat kondisi transmisi adalah dengan melakukan penggantian oli transmisi mobil Anda secara berkala. Setiap penggantian oli transmisi yang kedua, jangan lupa lakukan flushing atau kuras oli transmisi agar seluruh oli lama bisa tergantikan.

Baca juga: 6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

#3: Head Gasket

Head Gasket

Paking atau lebih dikenal dengan sebutan head gasket berfungsi untuk merekatkan silinder mesin. Selain intu komponen ini pun bertugas untuk mencegah terjadinya kebocoran oli atau pendingin. Efek dari kerusakan yang ditimbulkan antara lain bocornya radiator hingga membuat mesin mudah panas.

Biaya untuk membetulkan head gasket sebenarnya tidak terlalu mahal, hanya ratusan ribu. Sayangnya, biaya perbaikan komponen lain yang terkena imbas tersebut sangat mengejutkan karena mencapai angka belasan juta rupiah.

#4: Injektor Diesel

Injektor Diesel

Khusus bagi Anda yang memiliki mobil jenis diesel, waspadailah kerusakan pada komponen injektor. Kerusakan pada komponen mobil satu ini memang jarang terjadi, akan tetapi bila rusak dan harus diganti, biayanya bisa mencapai Rp10 juta!

Umumnya kerusakan pada injektor mesin diesel diakibatkan oleh kotoran yang menyumbat. Penyumbatan pun dapat terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan kualitas bahan bakar yang memiliki kandungan sulfur tinggi.

#5: Kompressor AC

Kompressor AC

Kompressor AC merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk membantu sirkulasi freon untuk menghasilkan udara dingin. Kerusakan pada bagian ini umumnya disebabkan oleh sirkulasinya yang terhambat hingga kurangnya oli kompressor. Bila rusak, dinginnya AC mobil jadi tidak maksimal.

Saat melakukan perbaikan kompressor ke bengkel, setidaknya Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp1,5 juta hingga Rp6 juta. Harga tersebut sendiri tergantung pada jenis mobil dan kerusakan yang dialami kompressor.

Baca juga: Mesin Mobil Brebet Bisa Karena 8 Penyebab Ini

Lakukan Perawatan dan Pengecekan Secara Rutin

Jangan pernah malas untuk melakukan servis mobil Anda! Biayanya memang kadang terasa mahal. Namun dengan melakukan perawatan, kerusakan fatal pun dapat dicegah. Biaya perbaikan yang memakan nominal jutaan rupiah pun tidak perlu Anda keluarkan.

Saat Anda akan membeli mobil second, pastikan juga Anda melakukan pengecekan menyeluruh agar dapat mendeteksi apabila terdapat kerusakan pada komponen di atas, sehingga perbaikan mobil yang Anda beli tidak menguras kantong Anda.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Dari Katulampa Sampai Bukit Pelangi, Ini Jalan Alternatif Ke Puncak Naik Mobil

Januari 06, 2024
Puncak emang salah satu tempat terbaik buat orang yang tinggal di Jakarta, Tangerang, Bekasi atau Depok untuk liburan. Untuk sekedar melepas penat, biasanya Sabtu dan Minggu itu Puncak padat dengan kendaraan dari luar Bogor Jawa Barat. Banyak yang ke Puncak Bogor untuk menikmati pemandangan. Mungkin otofriends salah satunya ya? Biasanya kita melewati jalur utama puncak,
Baca lebih lanjut

2 Tipe Avanza Terbaik Untuk Dibeli Update 2024

Januari 06, 2024
Mobil Toyota Avanza bisa dikatakan sebagai salah satu mobil primadona di Indonesia. Penjualan mobil ini selalu menempati posisi 3 besar tiap tahun. Harga sparepart yang murah, perawatan yang simpel, mesin awet dan tahan banting, serta kapasitas penumpang yang sangat luas menjadi kelebihan Toyota Avanza sehingga banyak diminati masyarakat Indonesia. Jika Otofriends sedang mencari mobil Toyota
Baca lebih lanjut

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Januari 05, 2024
Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan
Baca lebih lanjut