;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

5 Komponen Mesin & Jenis Perbaikan Mobil Termahal

Desember 04, 2017
By jandika
5 Komponen Mesin & Jenis Perbaikan Mobil Termahal-otospector

Sebuah mobil terdiri dari berbagai macam komponen. Supaya bisa bekerja dengan baik, Anda wajib melakukan perawatan dengan telaten dan rutin. Jangan pernah mengabaikannya, sebab apabila rusak maka Anda pun harus mengeluarkan uang ekstra, apalagi perbaikan mobil biasanya memakan cukup banyak biaya.

Ayo ketahui bagian mobil mana saja yang biaya perbaikannya dapat menguras kantong Anda:

#1: Internal Mesin Mobil

Internal Mesin Mobil

Umur yang tak lagi muda, perawatan yang kurang baik, hingga faktor-faktor pemakaian yang lain merupakan sebagian hal yang dapat membuat kondisi internal mobil jadi rusak.

Kerusakan internal mesin pun biasanya terjadi pada beberapa komponen sekaligus, dikarenakan komponen ini bekerja secara bersamaan. Akibatnya biaya yang dikeluarkan untuk membuat kondisi kembali prima jadi sangat membengkak.

Perbaikan internal mesin biasanya disebut dengan istilah overhaul atau turun mesin.

#2: Transmisi

Transmisi Matic

Transmisi merupakan komponen mobil yang cukup vital. Bila mengalami kerusakan, Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp8 juta-an, bahkan lebih jika mobil Anda menggunakan transmisi automatic.

Salah satu cara paling efektif untuk merawat kondisi transmisi adalah dengan melakukan penggantian oli transmisi mobil Anda secara berkala. Setiap penggantian oli transmisi yang kedua, jangan lupa lakukan flushing atau kuras oli transmisi agar seluruh oli lama bisa tergantikan.

#3: Head Gasket

Head Gasket

Paking atau lebih dikenal dengan sebutan head gasket berfungsi untuk merekatkan silinder mesin. Selain intu komponen ini pun bertugas untuk mencegah terjadinya kebocoran oli atau pendingin. Efek dari kerusakan yang ditimbulkan antara lain bocornya radiator hingga membuat mesin mudah panas.

Biaya untuk membetulkan head gasket sebenarnya tidak terlalu mahal, hanya ratusan ribu. Sayangnya, biaya perbaikan komponen lain yang terkena imbas tersebut sangat mengejutkan karena mencapai angka belasan juta rupiah.

#4: Injektor Diesel

Injektor Diesel

Khusus bagi Anda yang memiliki mobil jenis diesel, waspadailah kerusakan pada komponen injektor. Kerusakan pada komponen mobil satu ini memang jarang terjadi, akan tetapi bila rusak dan harus diganti, biayanya bisa mencapai Rp10 juta!

Umumnya kerusakan pada injektor mesin diesel diakibatkan oleh kotoran yang menyumbat. Penyumbatan pun dapat terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan kualitas bahan bakar yang memiliki kandungan sulfur tinggi.

#5: Kompressor AC

Kompressor AC

Kompressor AC merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk membantu sirkulasi freon untuk menghasilkan udara dingin. Kerusakan pada bagian ini umumnya disebabkan oleh sirkulasinya yang terhambat hingga kurangnya oli kompressor. Bila rusak, dinginnya AC mobil jadi tidak maksimal.

Saat melakukan perbaikan kompressor ke bengkel, setidaknya Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp1,5 juta hingga Rp6 juta. Harga tersebut sendiri tergantung pada jenis mobil dan kerusakan yang dialami kompressor.

Lakukan Perawatan dan Pengecekan Secara Rutin

Jangan pernah malas untuk melakukan servis mobil Anda! Biayanya memang kadang terasa mahal. Namun dengan melakukan perawatan, kerusakan fatal pun dapat dicegah. Biaya perbaikan yang memakan nominal jutaan rupiah pun tidak perlu Anda keluarkan.

Saat Anda akan membeli mobil second, pastikan juga Anda melakukan pengecekan menyeluruh agar dapat mendeteksi apabila terdapat kerusakan pada komponen di atas, sehingga perbaikan mobil yang Anda beli tidak menguras kantong Anda.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Rekomendasi Sedan Di Bawah Rp100 Juta. Masih Oke Buat Gaul!

Januari 12, 2020
Soal usia memang sudah tidak muda lagi. Rata-rata sudah mendekati 20 tahunan atau tepatnya mobil-mobil produksi awal tahun 2000-an. Tapi soal “tongkrongan”, dijamin tidak kalah dengan mobil-mobil zaman sekarang. Pada masanya, sedan-sedan ini termasuk produk-produk yang terbaik dan diminati. Sebab, dari sisi desain terlihat begitu menawan. Sedangkan dari performa tidak mengecewakan. Namun sebenarnya yang lebih
Baca Lebih Lanjut

Bagaimana Nasib Mobil Bekas Banjir? Ini Beberapa Faktanya

Januari 11, 2020
Awal tahun 2020, beberapa daerah di Indonesia mengalami musibah banjir. Korban dari peristiwa yang tidak disangka-sangka ini, bukan hanya jiwa manusia, melainkan juga harta-benda, termasuk di antaranya mobil-mobil pribadi. Musibah ini tentu membuat para pemilik kendaraan yang terkena musibah mengalami kerugian. Selain harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk memperbaiki mobilnya, harga jual kembalinya dari mobil itu
Baca Lebih Lanjut

Mau Kredit Mobil Bekas? Pahami Dulu Aturan-aturan Resminya

Desember 29, 2019
Selain pembelian secara tunai, saat ini salah satu kemudahan dalam membeli mobil adalah dengan membayar secara cicilan. Kini sudah banyak bank atau lembaga pembiayaan yang menyediakan fasilitas kredit, baik untuk pembelian mobil baru maupun bekas. Namun sebelum berniat untuk mengajukan kredit, ada baiknya Anda memahami fakta dan aturan resmi yang ditetapkan Pemerintah. Dari sinilah, kita
Baca Lebih Lanjut

Kredit Mobil Juga Bisa Menguntungkan. Cek 4 Faktanya!

Desember 20, 2019
Meski pemerintah terus mendorong warganya untuk memanfaatkan transportasi umum, namun pada umumnya orang tetap merasa punya kebutuhan untuk membeli sebuah mobil. Kendaraan pribadi ini memang punya beberapa keunggulan, seperti masalah kenyaman, privasi, dan mobilitas yang lebih cepat. Masalahnya, tidak semua orang mampu membeli mobil secara tunai. Pilihannya, hanya kredit dalam jangka waktu tertentu. Namun tahukah
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya