Klik disini untukJual Mobil Anda

6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Februari 25, 2021
By Thomas W
6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas-otospector

Dalam aktivitas jual beli mobil bekas, ada saja pedagang-pedagang yang tidak jujur terhadap calon pembeli. Mereka mencoba mengakali kondisi sebuah mobil bekas, sehingga terlihat sangat layak, tanpa ada kekurangan. Padahal semua itu cuma trik alias akal-akalan saja agar kondisi dagangannya terlihat lebih baik dari aslinya.

Kali ini Otospector mau membahas akal-akalan pedagang di sektor mesin dan penunjangnya. Cara-cara ini memang tidak selalu terjadi, tapi sebaiknya calon pembeli waspada agar tidak rugi. Atau setidaknya calon pembeli tahu permasalahan ini, untuk antisipasi agar tidak tertipu.

Nah, berikut 6 akal-akalan pedagang di sektor mesin yang mungkin terjadi dalam aktivitas jual beli mobil bekas:

#1: Mengakali Mesin Ngebul

6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Klep atau ring piston yang sudah aus menyebabkan knalpot mengeluarkan asap. Asap berasal dari oli yang terbakar, akibat merembesnya oli ke dalam ruang bakar.

Dalam bisnis jual beli mobil bekas, pedagang jelas tidak akan mau ke bengkel dan melakukan turun mesin karena biayanya besar. Biasanya kondisi ini diakali dengan menambah cairan aditif. Hasilnya cukup efektif karena mesin tidak ngebul lagi. Tapi kalau nanti tiba saatnya oli diganti dengan yang baru, knalpot akan keluar asap lagi.

Karena itu Otofriends harus mengecek oli, lewat deepstick. Apakah oli terlihat sangat kental. Kalau terasa kental banget, bisa jadi ada penambahan aditif.

#2: Mesin Kelihatan Terlalu Bersih

6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Melihat mesin yang bersih, tentu calon pembeli akan senang. Tapi justru kalau kondisinya sangat-sangat bersih, calon pembeli seharusnya waspada, ada apa sehingga mesin harus dibersihkan sampai seperti itu?

Mesin yang terlihat sangat bersih, bisa dicurigai untuk menutupi jejak-jejak kebocoran oli di sekitar paking dan sil.

Pada mesin yang tampak wajar bahkan berdebu, kalau ada rembesan oli biasanya akan terlihat tersisa di beberapa bagian. Dari sinilah justru calon pembeli bisa menilai apakah ada kebocoran.

Baca juga: 5 Penyebab Mesin Mobil Panas Ini Harus Segera Anda Ketahui!

#3: Mengakali Aki Rusak

6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Aki yang sudah rusak, karena ada masalah atau memang usianya sudah tua, tidak akan kuat menghidupkan mesin. Umumnya pedagang mengakali kondisi ini dengan memakai aki bekas yang sebenarnya sudah hampir rusak juga.

Aki-aki bekas ini biasanya hanya mampu menyimpan arus sekitar enam jam. Karena itulah biasanya setiap tiga jam, mesin harus dihidupkan untuk men-charge aki.

Untuk mengetahuinya, calon pembeli bisa memperhatikan lebih cermat, apakah saat mesin dihidupkan, suaranya terdengar berat atau tidak. Kalau berat, itu indikasi aki sudah lemah.

#4: Mengakali AC Rusak

6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Kerusakan AC yang umum terjadi adalah kebocoran. Penyebabnya bisa bermacam-macam, tapi umumnya karena adanya karat pada evaporator atau kondensor.

Pedagang biasanya tidak akan memperbaiki kebocoran itu, melainkan hanya menambah freon.  Akal-akalan ini memang bisa mengatasi persoalan untuk sementara.

Karena itulah calon pembeli harus teliti. Meski hembusan angin di blower AC terasa dingin, tetap harus diperiksa semua saluran AC, apakah ada yang terasa basah atau tidak.  

#5: Mengakali Radiator Bocor

6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Radiator yang sudah cukup berumur biasanya akan mengalami kebocoran pada bagian-bagian yang mengandung karet dan plastik. Biasanya penyebabnya adalah usia dan akibat panas.

Lucunya, pedagang mengakali kebocoran dengan memberikan pisang, telur, atau dengan lem tertentu. Tambalan ini cukup ampuh untuk sementara.

Calon pembeli harus memeriksa seluruh bagian radiator apakah ada jejak-jejak bahan penambal tadi. Biasanya akal-akalan semacam ini terjadi pada radiator dengan kepala terbuat dari plastik.

#6: Mengakali Knalpot Bocor

6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Knalpot mobil bisa bocor karena adanya bolongan atau keretakan pada saluran-saluran pipa. Penyebabnya bisa karena memang usia pipa yang sudah tua atau pernah terbentur aspal saat mobil berjalan.

Knalpot bocor seharusnya dilas. Namun pedagang sering mengakalinya dengan dempul, seperti yang biasa dilakukan pada bodi.

Baca juga: Mudah dan Murah, Ini Langkah-langkah Perawatan Mobil Sendiri di Rumah

Di manakah kita bisa mendapatkan mobil bekas yang aman dari akal-akalan pedagang nakal?

Dalam jual beli mobil bekas, kita memang bebas membeli di mana saja, asalkan dilakukan pemeriksaan dengan cermat. Pastikan kondisi mobil dalam kondisi sehat dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Inspektor dari Otospector yang bekerja profesional dan berpengalaman dapat mengantisipasi potensi akal-akalan dari penjual.

Jika ingin lebih pasti mendapat mobil yang sesuai harapan, Otofriends bisa mencarinya di dealer mobil bekas terpercaya yang menjadi rekanan Otospector. Mobil-mobil yang dijual di dealer-dealer ini dijamin sudah lulus inspeksi serta mendapat garansi mesin dan transmisi.   

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya