Simak 5 Kendala Transmisi Mobil Matic Bekas

November 27, 2022
By Getan Metodius
Simak 5 Kendala Transmisi Mobil Matic Bekas-otospector

Banyak orang lebih memilih menggunakan mobil matic dibandingkan mobil manual. Mobil matic dianggap lebih praktis dan ringkas saat dikendarai karena tidak perlu menekan pedal kopling dan memindah-mindah gigi saat jalan. Dengan menggunakan mobil matic, saat terjebak macet atau berkendara di jalanan ibu kota yang sangat padat menjadi tidak terasa melelahkan.

Namun mobil matic memiliki beberapa masalah yang sering muncul. Masalah ini biasanya muncul pada mobil-mobil matic yang sudah cukup berumur. Maka dari itu jika Otofriends berencana untuk membeli mobil matic bekas, Otofriends perlu memperhatikan beberapa masalah berikut ini supaya nantinya tidak kaget jika masalah transmisi mobil matic terjadi pada Otofriends.

Aplikasi OTOS - Jual Beli Mobil Bekas

#1: Tenaga Mesin Selip Atau Tertahan

Mesin Matic Bisa Selip
Mesin Matic Bisa Selip

Kendala pertama yang sering terjadi pada mobil matic bekas adalah tenaga mesin yang selip atau tertahan. Biasanya hal ini terjadi saat Otofriend ingin berakselerasi dengan menekan pedal gas lebih dalam.

Gejala yang timbul adalah tenaga terasa tertahan dan performa terasa lebih loyo. Penyebab dari hal ini bisa beragam. Otofriend perlu memeriksanya ke bengkel agar tidak salah diagnosa.

Baca juga: Mobil Bekas Dibawah 100 Juta Kelas Low MPV

#2: Terjadi Entakan Dan Mobil Terasa Tersendat-sendat

Mobil Jadi Tersendat
Mobil Jadi Tersendat

Masalah selanjutnya yang juga biasa muncul pada mobil matic adalah terjadi entakan saat perpindahan gigi. Jika masalah ini muncul, masalahnya bisa terjadi karena oli transmisi yang perlu diganti atau bisa juga karena masalah pada komponen internal.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Terdapat Getaran Tidak Wajar Pada Mobil

mesin mobil matic bergetar
Mesin Mobil Matic Bergetar

Getaran pada kendaraan adalah hal yang normal terjadi karena mesin mobil dalam keadaan bekerja. Namun, apabila getaran tersebut terasa mengganggu, bisa jadi ada masalah pada sistem transmisi mobil. Getaran atau raungan menandakan ada kinerja komponen yang tidak maksimal atau bahkan kerusakan.

#4: Sulit Memindahkan Tuas

Sulit Saat Perpindahan Gigi Mobil Matic
Sulit Saat Perpindahan Gigi Mobil Matic

Ada kalanya mobil matic Otofriend tidak mampu melakukan perpindahan gigi. Gagalnya perpindahan gigi bisa disebabkan oleh adanya kendala pada switch dari sistem transmisi otomatis mobil. Hal ini membuat posisi tuas gigi menjadi tersangkut dan sulit dipindahkan. Mobil pun tidak bisa dipindahkan dari mode parking.

#5: Gigi Tidak Mengikuti Perpindahan Tuas

Perpindahan Tuas Begitu Sering Terjadi Kendala
Perpindahan Tuas Begitu Sering Terjadi Kendala

Salah satu hal umum yang terjadi pada mobil matic bekas adalah masalah pada perpindahan tuas gigi. Adakalanya Otofriend sudah memindahkan tuas namun gigi tidak ikut berpindah. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi gearbox yang bermasalah. Untuk itu gearbox perlu diperiksa untuk memastikan jika kabel di dalamnya mengelupas atau bahkan putus.

Baca juga: Mobil Matic Tidak Bisa Distarter, Ini 5 Penyebab Dan Solusinya

beli mobil bekas di tokopedia

Cara agar tidak terjadi kendala transmisi pada mobil matic bekas?

Semua masalah di atas akan dapat dihindari jika mobil digunakan dengan baik dan juga rutin melakukan servis. Jika Otofriends menemukan mobil dengan kondisi seperti di atas, sebaiknya urungkan niat untuk membelinya.

Atau Otofriends tetap bisa membelinya dengan harga yang jauh lebih murah. Tentu saja risikonya adalah Otofriends perlu menyiapkan dana tambahan untuk membawa ke bengkel.

Jika Otofriends tidak ingin rugi saat membeli mobil matic bekas, maka Otofriends bisa melakukan inspeksi terhadap mobil yang hendak dibeli. Jasa inspeksi mobil bekas Otospector bisa Otofriends andalkan karena kami akan memastikan mobil yang Otofriends dapatkan lulus uji inspeksi dan terbebas dari masalah seperti di atas.

Seluruh bagian mobil dari mulai eksterior, interior, mesin dan transmisi, hingga kelengkapan surat-surat akan diperiksa. Otofriends tidak perlu khawatir akan mendapatkan mobil dalam kondisi buruk.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mesin Bergetar Sampai ke Kabin, Ini 5 Penyebabnya

April 07, 2024
Mesin bergetar sampai ke kabin bisa menjadi pertanda bahwa satu atau beberapa komponen di dalam mesin sedang bermasalah. Tentu saja akibat  getaran, pengemudi maupun penumpang merasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan pusing karena juga ada kebisingan. Getaran memang wajar terjadi di saat putaran mesin atau RPM sedang rendah. Namun biasanya getarannya tidak sampai ke
Baca Lebih Lanjut

Jangan Panik Ini Dia Arti Indikator Airbag Mobil Menyala

April 06, 2024
Hai otofriends, yang namanya kalau lampu indikator udah nyala nggak normal sih, bisa bikin deg-degan yah. Tapi jangan khawatir, kamu perlu pahami bahwa masih ada beberapa hal penting yang perlu kamu tahu kalau lampu indikator di dashboard mobil kamu menyala tidak normal. Contohnya saja lampu indikator airbag nyala, apa sih artinya? Bahaya atau enggak, yuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

April 04, 2024
Mudik pakai pakai mobil listrik memang belum jadi kelaziman. Pasalnya, mobil listrik saat ini masih terhitung eksklusif karena harganya memang masih mahal. Selain itu, masih jarang orang berani berpergian jauh pakai mobil listrik, apalagi untuk mudik. Padahal mudik pakai mobil listrik sebenarnya sama saja dengan mobil konvensional. Asalkan, Otofriends bisa mempersiapkan dan merencanakan segala sesuatunya
Baca Lebih Lanjut