Mobil Matic Tidak Bisa Distarter, Ini 5 Penyebab Dan Solusinya

Oktober 24, 2023
By Thomas W
Mobil Matic Tidak Bisa Distarter, Ini 5 Penyebab Dan Solusinya-otospector

Siapa yang tidak bingung kalau tiba-tiba suatu kali mengalami mobil matic tidak bisa distarter. Jika kondisi ini terjadi di rumah, tentu tidak masalah. Nah, kalau terjadinya di tempat yang jauh dari mana-mana dan minim bantuan, tentu saja bikin persoalan baru. Apalagi beberapa jenis mobil matic sering sulit untuk sekadar didorong.

Mobil matic yang tidak bisa distarter tentu bisa diakibatkan berbagai sebab. Karena itu sebaiknya Otofriends harus melacaknya dari penyebab yang umum terlebih dahulu, seperti aki dan kunci kontak. Baru kemudian berlanjut ke penyebab-penyebab yang lebih spesifik.  

Biar makin jelas, yuk kita lihat 5 penyebab mobil matic tidak bisa distarter berikut ini, berikut penyelesaiannya:

#1. Aki Lemah

Aki mobil bermasalah
Mengisi air aki

Penyebab paling umum dari mobil matic yang tidak bisa distarter adalah aki. Karena aki merupakan sumber daya utama agar mobil menyala. Aki yang lemah biasanya terjadi pada mobil-mobil yang sudah cukup berusia.

Usia pakai dari aki sebenarnya berkisar antara dua sampai lima tahun. Faktor yang mempengaruhi usia pakai adalah perawatan. Cara perawatannya cukup dengan memanaskan mobil setiap hari, bahkan ketika sedang tidak dipakai sekalipun.

Jika sudah ada tanda-tanda aki melemah, segera ganti aki dengan yang baru. Karena sewaktu-waktu aki bisa saja mati total secara mendadak.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Kendala Aki Mobil Baru Yang Sering Ditemui

#2. Kunci Kontak Bermasalah

Starter Mobil Bermasalah
Kunci mobil

Kunci kontak adalah penghubung aliran listrik dengan mesin mobil. Apabila mobil sulit distarter atau dirasakan tidak mendapat aliran listrik, komponen ini juga bisa menjadi prioritas pemeriksaan.

Cara memeriksanya, pastikan apakah aliran listrik ada dan sampai ke mesin mobi. Jika kelistrikan tidak mencapai mesin, cek ulang apakah aliran listrik tersebut masih ada.

Jika aliran listrik dipastikan normal, ada kemungkinan masalahnya pada kunci kontak yang tidak bisa mengalirkan listrik. Pada kasus semacam ini bawalah ke bengkel untuk penyelesaiannya.

#3: Busi, Kabel Busi, Dan Koil Yang Bermasalah

Busi mobil kotor

Busi dan koil bisa juga menjadi penyebab karena untuk menyalakan mesin butuh percikan bunga api dari busi. Jika kerja busi sudah tidak optimal, tentu percikan tidak bisa sempurna sehingga pembakaran akan tersendat-sendat.

Saat starter terganggu, periksalah busi. Jika memang kotor, cukup dibersihkan dan pasang kembali. Namun kalau cara ini ternyata tidak mujarab, kemungkinan besar busi sudah rusak dan harus diganti.

Sementara koil berfungsi membuat busi bekerja. Koil bekerja tegangan 12 volt yang masuk lalu mengubahnya menjadi lebih dari 40.000 volt. Tegangan inilah yang membuat proses pembakaran terjadi.

Masalah koil biasanya adalah batang koil ke busi yang patah karena getas. Mesin jadinya berebet gara-gara arus listrik menuju busi yang putus-nyambung. Akibatnya proses pembakaran pada silinder tidak sempurna sehingga mesin tidak seimbang.

#4: Filter Bahan Bakar Mampet

Filter bahan bakar
Filter bahan bakar

Filter bahan bakar bisa tersumbat karena kotoran. Fungsi filter sebenarnya untuk menyaring air dan kotoran dari bahan bakar. Akibat adanya sumbatan, aliran bahan bakar yang dibutuhkan mesin tidak mengalir lancar.

Cara mencegahnya kondisi ini cukup dengan mengecek filter secara berkala. Jika sudah telanjur mampet, tentu harus diganti.

Kalau filter rusak, risikonya air atau kotoran akan terbawa ke dalam mesin mobil. Mesin jadinya tidak bekerja optimal. Karena itu rutinlah mengganti filter bensin ketika jarak tempuh sudah 24.000 km.

#5: Injektor Yang Kotor

Injektor mobil tersumbat
Perbaikan injector

Sama seperti filter bensin, injektor juga bisa kotor dan menyumbat suplai bahan bakar ke silinder juga tidak lancar. Saat distarter, mesin juga sulit menyala.

Jika injektor tidak bekerja optimal, akibatnya kinerja ECU akan terganggu. Yang terjadi sebenarnya sensor-sensor pada ECU tidak dapat mengatur frekuensi dan tekanan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Kondisi ini menyebabkan mesin mobil akan menjadi brebet saat dijalankan. Bahkan mobil tidak bisa menyala saat dihidupkan apabila kerusakan injektor sudah parah. Solusinya segera dibawa ke bengkel resmi dengan peralatan khusus yang dapat menangani pembersihan injektor.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Biar Awet, Ini 6 Langkah Merawat Aki Kering Mobil

Adakah cara memastikan mobil matic bekas yang akan kita beli tidak mengalami masalah saat distarter?

Mengingat jenis tranmisinya yang dikenal punya sistem lebih rumit, maka sebaiknya ada dalam fungsi starter yang sehat. Hanya saja, mobil-mobil yang sudah cukup berusia kadang mulai terjadi keluhan pada beberapa komponen, terutama terkait kelistrikan.

Untuk memastikan kondisi sebuah mobil matic, pastikan Otofriends memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang cermat di lebih dari 150 titik, maka Otofriends akan dapat memastikan kondisi mobil secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pengertian 10 Lampu Indikator Yang Ada Di Mobil

Mei 24, 2024
Salah satu ciri dari mobil-mobil modern adalah adanya sensor-sensor atau lampu indikator mobil di cluster meter dashboard. Indikator-indikator ini berfungsi sebagai peringatan jika ada suatu masalah pada sistem atau komponen tertentu di kendaraan. Harapannya, pengemudi akan segera waspada dan menyelesaikan masalahnya. Masalahnya, tidak semua pengemudi paham arti dari lampu indikator mobil yang berbentuk ikon itu.
Baca Lebih Lanjut

Apa Boleh Langsung Pakai Mobil Matic Tanpa Harus Dipanasin Dulu?

Mei 24, 2024
Seperti yang kita ketahui jika mobil ingin dipakai harus dipanaskan terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar tetap menjaga kondisi mesin mobil selalu bekerja secara optimal. Dan untuk mobil matic ada cara khusus untuk memanaskannya yang berbeda dengan mobil manual. Setiap jenis mobil jika ingin digunakan harus melakukan pemanasan yang cukup lama. Karena dengan memanaskan mesin
Baca Lebih Lanjut

Jangan Diabaikan Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah

Mei 24, 2024
Jika Otofriends termasuk pengemudi yang aktif dan peduli pada perawatan mobil, maka sebaiknya harus peka pada ciri-ciri rem mobil bermasalah. Pasalnya, fungsi rem mobil sangatlah vital untuk menunjang keselamatan berkendara. Terutama, jika Otofriends sering berpergian jarak jauh dengan kecepatan tinggi. Mengingat pentingnya fungsi rem, tak heran jika sistem ini termasuk piranti yang wajib dicek kondisinya
Baca Lebih Lanjut