5 Kendala Aki Mobil Baru Yang Sering Ditemui

Oktober 12, 2022
By Getan Metodius
5 Kendala Aki Mobil Baru Yang Sering Ditemui-otospector

Mobil mogok atau tidak bisa menyala tentu menjadi masalah yang sangat menyebalkan. Sudah pasti kegiatan akan terganggu dan harus mengeluarkan uang untuk membawa mobil ke bengkel.

Jika mobil tidak bisa menyala, bisa saja letak masalahnya ada pada aki. Perannya sebagai penyuplai listrik untuk seluruh komponen mobil membuat kerusakan pada aki bisa menjadi masalah besar. Untuk itulah Otofriends perlu selalu memperhatikan kondisi aki mobil.

Namun bagaimana kalau kondisi aki baru namun mobil tetap mogok dan tidak bisa menyala? Aki baru harusnya memiliki performa yang bagus dan memiliki usia pakai yang panjang. Jika mobil mengalami mogok atau tidak bisa menyala padahal kondisi aki masih baru, maka beberapa hal di bawah ini bisa jadi adalah sumber masalahnya

#1: Alternator Rusak

kerusakan altenator
Kerusakan Pada Altenator / Dinamo

Alternator atau yang biasa disebut sebagai dinamo ampere adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Tidak hanya itu, alternator juga berfungsi mengisi aki mobil agar tetap berada pada tegangan yang stabil sehingga aki tidak drop. Tanpa alternator, aki mobil hanya bisa menyuplai listrik untuk kendaraan selama 10 menit saja.

Jika aki Otofriends baru namun mobil tiba-tiba mogok atau tidak bisa menyala, bisa jadi alternator rusak. Otofriends perlu membawanya ke bengkel untuk memeriksa kondisi alternator. Harga alternator cukup mahal, maka tanyakan pada pihak bengkel terlebih dahulu jika mereka bisa memperbaikinya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi

#2: Kualitas Aki Buruk

Aki Mobil Yang Tidak Berkualitas
Aki Mobil Yang Tidak Berkualitas

Tidak sedikit penjual aki yang menjajakan aki rekondisi. Meski terlihat seperti baru, namun aki rekondisi merupakan aki bekas pakai yang sudah rusak.

Dengan cara-cara tertentu aki dapat diperbaiki dan dijual kembali. Meski tidak berbahaya bagi kendaraan, sebagai konsumen tentunya dirugikan karena masa pakai aki yang singkat.Aki rekondisi bisa menyebabkan mobil mogok atau tidak mau menyala.

Untuk memastikan aki yang Otofriends beli dalam kondisi baik dan bukan aki rekondisi, maka beli aki mobil di tempat yang terpercaya. Otofriends bisa mengenali aki rekondisi dari beberapa hal seperti harga yang lebih murah dan kondisi barang yang seperti bekas pakai.

#3: Busi Yang Bermasalah

Kotornya Busi Bisa Berpengaruh Pada Percikan Pengapian
Kotornya Busi Bisa Berpengaruh Pada Percikan Pengapian

Ketika busi bermasalah, baik itu karena kotor atau rusak, maka bisa menghambat bunga api yang dibutuhkan agar starter bekerja. Jadi ketika Otofriends sedang starter, coba perhatikan bagian busi dalam ruang mesin. Apabila busi terlihat kotor maka segera bersihkan dengan cara digosok dengan menggunakan pembersih khusus untuk busi.

#4: Aliran Bahan Bakar Bermasalah

Aliran Bensin Tidak Mengalir Dengan Baik
Aliran Bensin Tidak Mengalir Dengan Baik

Selanjutnya karena aliran bahan bakar yang tidak terdistribusi secara sempurna. Kondisi ini disebabkan oleh fuel pump dari tangki ke karburator melemah, dan cara mengatasinya cukup mudah yaitu hentak fuel pump di dalam ruang mesin hingga ia berfungsi seperti sedia kala.

#5: Masalah Kelistrikan Sistem Starter

Kelistrikan Mobil
Kelistrikan Mobil

Banyak komponen penyusun sistem starter mobil seperti aki, kabel-kabel starter, sekring, relay, hingga motor starternya. Masing-masing komponen bisa saja bermasalah saat ganti aki baru untuk mobil. Mulai dari bagian dalam terminal kepala aki tertutup kerak hingga koneksi terputus, sekring stater putus, relay starter rusak, atau mungkin masalah pada motor starter.

Otofriends perlu memeriksa bagian-bagian ini untuk memastikan bahwa masalah bukan pada aki mobil yang baru saja diganti. Itu dia beberapa kemungkinan yang terjadi jika mobil tidak bisa menyala meski kondisi aki baru. Pastikan Otofriends memeriksa satu-persatu daftar yang telah dicantumkan di atas.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Perlu Tahu! Ini Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar

Pastikan juga ya Otofriends kalau membeli mobil, terutama mobil bekas kondisi kesehatannya di cek dengan baik. Pada aki juga dilakukan pengecekan, biar gak capek ngecek sendiri, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar mobil yang mau dibeli dilakukan pengecekan kelayakan sebelum dibeli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Boleh Langsung Pakai Mobil Matic Tanpa Harus Dipanasin Dulu?

Mei 24, 2024
Seperti yang kita ketahui jika mobil ingin dipakai harus dipanaskan terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar tetap menjaga kondisi mesin mobil selalu bekerja secara optimal. Dan untuk mobil matic ada cara khusus untuk memanaskannya yang berbeda dengan mobil manual. Setiap jenis mobil jika ingin digunakan harus melakukan pemanasan yang cukup lama. Karena dengan memanaskan mesin
Baca Lebih Lanjut

Jangan Diabaikan Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah

Mei 24, 2024
Jika Otofriends termasuk pengemudi yang aktif dan peduli pada perawatan mobil, maka sebaiknya harus peka pada ciri-ciri rem mobil bermasalah. Pasalnya, fungsi rem mobil sangatlah vital untuk menunjang keselamatan berkendara. Terutama, jika Otofriends sering berpergian jarak jauh dengan kecepatan tinggi. Mengingat pentingnya fungsi rem, tak heran jika sistem ini termasuk piranti yang wajib dicek kondisinya
Baca Lebih Lanjut

Cuma 300rban Inspeksi Mobil Bekas Otospector

Mei 23, 2024
Transaksi mobil bekas kini semakin banyak otofriends, dimana kamu bisa mendapatkan mobil bagus dengan harga sangat terjangkau. Apalagi kalau kita tahu nih beli mobil baru itu bisa kena depresiasi yang cukup besar loh. Makanya nggak heran kan banyak banget orang yang mau beli mobil bekas, dan ini sejalan dengan makin maraknya dealer mobil bekas. Boleh
Baca Lebih Lanjut