Perlu Tahu! Ini Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar

April 25, 2022
By Thomas W
Perlu Tahu! Ini Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar-otospector

Tidak banyak orang paham, bahwa sebenarnya ada cara melepas aki mobil yang benar. Pengertian “benar” di sini artinya tidak menyebabkan kerusakan baik pada permukaan bodi maupun pada sistem kelistrikan.

Cara melepas aki mobil memang perlu kehati-hatian, karena aki memiliki cairan yang bersifat korosif sehingga dapat menimbulkan noda pada berbagai permukaan seperti plastik atau cat. Sementara itu melepas kabel pada dua kutub aki juga perlu langkah yang benar agar tidak menimbulkan korsleting.

Agar semakin paham, mari kita perhatikan cara melepas aki mobil lewat langkah-langkah berikut:

#1: Cara Melepas Kabel Aki

Aki Mobil Positif Negatif

Sebagai komponen yang memberi daya listrik, pada sebuah aki juga terdapat kutub negatif dan positif.

Untuk melepas kabel kutub aki, lakukan kutub negatif terlebih dahulu. Lepaskan kabel, baut, dan klem pada bagian kutub negatif.

Alasan kutub negatif terlebih dulu adalah untuk menghindari hubungan arus pendek atau korsleting listrik. Korsleting listrik dapat berbahaya untuk aki serta sistem mesin mobil.

Selanjutnya untuk melepas kutub positif, Otofriends tinggal melakukannya dengan mudah. Pastikan saja semua kabel dan klem telah terlepas.

Aplikasi OTOS

Baca juga: Harga Aki Mobil Dari 5 Merek Terbaik Tahun 2021

#2: Cara Mengangkat Aki

Servis Rutin

Ketika seluruh kabel, klem dan kedua kutub aki tidak ada yang tersambung lagi dengan bagian lain, maka aki sudah bisa diangkat.

Hanya saja perlu diingat, cara mengangkat aki haruslah perlahan dan posisinya tegak lurus.

Gerakan perlahan dan posisi tegak lurus dimaksudkan untuk menghindari air aki tumpah. Seperti kita tahu, jika cairan di dalam aki ini terkena kulit, dapat menyebabkan iritasi.

Sementara itu perlu disadari, cairan aki inijuga bersifat korosif, sehingga jika terkena permukaan cat dapat meninggalkan noda. Meski begitu, jika sempat tumpah, kita cukup mengelapnya saja sampai bersih.

#3: Cara Memasang Aki Kembali

Aki Rekondisi

Jika pencopotan aki sudah selesai dan Otofriends akan memasangnya kembali, lakukan dengan prosedur yang sama dengan ketika melepas. Hanya saja, langkahnya berkebalikan.

Untuk memasang kabel aki, lakukan pada kutub yang positif terlebih dahulu. Baru kemudian negatif.

Alasan urutan pemasangan ini juga mirip dengan poin pertama, yakni menghindari korsleting listrik. Pasalnya jika kabel positif tersentuh bodi maka akan terjadi korsleting.

#4: Hal-hal Yang Mesti Diperhatikan

Perawatan Aki Mobil

Melepas dan memasang aki kendaraan bisa juga diartikan memutus sumber listrik. Akibatnya bisa berbeda-beda pada setiap mobil. Misalnya ada beberapa model kendaraan, jika akinya dilepas, maka throttle akan reset.  

Jika setelah dipasang aki baru kemudian mesin terasa getar, maka hal itu wajar. Cukup jalankan saja mobilnya sampai normal.

Terakhir, saat melakukan pergantian aki sendiri di rumah, perhatikan ukuran aki. Mulai dari voltase, ampere dan juga dimensinya.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Pilih Aki Kering atau Aki Basah? Pertimbangkan 4 Hal Berikut Ini

Kondisi aki yang kurang sehat apakah akan mempengaruhi kondisi sebuah mobil bekas yang sedang jadi incaran?

Performa kendaraan pada dasarnya dipengaruhi oleh kondisi aki, terutama terutama yang menyangkut kelistrikan. Sementara kelistrikan juga diperlukan dalam kinerja mesin dalam menjalankan kendaraan.

Karena itu saat akan membeli sebuah mobil bekas, pastikan kondisi aki dan sistem kelistrikan dalam kondisi sehat. Jika Otofriends ingin memastikan hal ini, jangan ragu gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang dikenal independen dan terpercaya.

Dari hasil inspeksi Otospector, Otofriends akan memiliki gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara menyeluruh. Dari laporan inilah keputusan terbaik menyangkut pembelian bisa diambil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas Di Bandung 2024

Februari 25, 2024
Apakah Otofriends tahu, bahwa tidak semua orang selalu berminat untuk membeli mobil baru, tapi ada yang sengaja memilih membeli mobil bekas. Bukan berarti tidak ada dananya, tapi mereka sengaja memilih mobil bekas karena berbagai alasan. Salah satunya karena harga mobil bekas tidak akan terlalu jatuh. Selain Jakarta, salah satu penjualan mobil bekas terbesar adalah Bandung.
Baca Lebih Lanjut

Mari Mengenal Lebih Dekat Garansi Mobil Terbaik

Februari 24, 2024
Membeli mobil tentu saja merupakan investasi yang besar dan membutuhkan pertimbangan yang matang. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah garansi yang diberikan oleh produsen mobil atau penjual. Sayangnya tidak semua pembeli menyadari arti pentingnya garansi. Terutama pada pembelian mobil bekas. Sehingga mereka tidak mempedulikan apakah penjual menyediakan garansi atau tidak. Sebenarnya sejauh mana pentingnya
Baca Lebih Lanjut

Cari Mobil Bekas Bergaransi 2024 Kini Bisa Via Smartphone

Februari 23, 2024
Saat ini banyak pembeli mobil bekas yang tidak mau asal membeli mobil, namun juga cari mobil bekas bergaransi. Hal ini wajar, karena mereka ingin mobil yang dibeli tidak bermasalah serta tenang saat memakainya. Kabar baiknya, sekarang untuk mencari mobil-mobil berkualitas dan bergaransi tidaklah sulit. Sebab semua sudah tersedia di aplikasi OTOS – Bursa Mobil Bekas
Baca Lebih Lanjut