Musim Hujan, Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Maret 29, 2020
By Thomas W
Musim Hujan, Perhatikan Selalu Kolong Mobil-otospector

Saat musim hujan tiba, para pemilik kendaraan sering direpotkan oleh kondisi mobil yang kotor. Jangan malas, perhatikan dan rawat selalu kondisi mobil pada masa-masa seperti ini.

Salah satu bagian yang harus dirawat adalah bagian bawah mobil. Selain mudah kotor, bagian ini juga mudah terserang karat yang dapat menimbulkan kerugian di kemudian hari. Apa saja yang harus dikerjakan? Ayo kita simak:

#1: Ancaman karat

Jaga Kebersihan Aki

Saat musim hujan, semestinya kita harus lebih perhatian terhadap bagian kolong mobil. Bagian bawah mobil ini umumnya terbuat dari besi atau logam, sehingga rentan terhadap karat. Namun, entah mengapa, biasanya justru pada musim seperti inilah, orang justru cenderung cuek sama perawatan. 

#2: Tingkat keasaman air hujan

Penyebab Ban Rusak 1

Orang sering tidak memperhatikan kolong mobil karena bagian ini tidak langsung terlihat. Padahal ancaman datang dari air hujan dan kotoran (pasir) yang menempel. Air hujan punya kadar pH kurang dari 5 atau 6 akibat pengaruh karbondioksida di udara. Kondisi ini mempercepat timbulnya karat.

Baca juga: 4 Komponen Mobil yang Rentan Rusak Karena Jalan Berlubang

#3: Cuci dengan pengangkatan hidrolik

Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Untuk mencegah karat satu-satunya jalan adalah dengan rajin membilas bagian bawah mobil. Kalau kotoran sudah banyak menumpuk, lebih baik mobil diangkat pakai mesin hidrolik. Semprot dengan air tekanan tinggi untuk membersihkan sisa air hujan dan pasir tersembunyi.

#4: Selalu perhatikan suspensi

Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Secara khusus, kita juga harus memperhatikan velg dan rem. Sebab, pasir dan kotoran yang menempel dapat mengganggu sistem pengereman. Perhatikan juga shock absorber dan karet-karet peredam. Karena gangguan pada sistem suspensi ini akan membuat mobil susah dikendalikan. Padahal jalanan sedang licin.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Merawat Wiper Agar Berfungsi Maksimal di Musim Hujan

Pada saat musim hujan, kita memang dituntut untuk lebih memperhatikan kebersihan mobil. Dengan perawatan yang benar dan rutin, maka juga akan berpengaruh pada performa mobil secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

Mei 11, 2024
Ada sebagian orang yang memilih servis berkala mobil di bengkel resmi, sementara sebagian lagi memilih ke bengkel biasa. Kedua pilihan itu tentu tidak masalah, asalkan tetap dilakukan perawatan kendaraan sesuai periode servisnya. Service mobil tetap dalam kondisi prima secara berkala. Service jadi salah satu cara agar mobil bisa tetap sehat, service untuk mobil harus dilakukan.
Baca Lebih Lanjut

Fungsi Carbon Cleaner Untuk Perawatan Mobil

Mei 10, 2024
Fungsi carbon cleaner untuk perawatan mobil jelas sangat penting. Tentu saja alasannya karena ruang bakar mesin akan selalu kotor akibat pemakaian sehari-hari. Meski proses ini alamiah, namun akibatnya ternyata cukup serius, yaitu performa kendaraan akan terus menurun. Di sinilah carbon cleaner diperlukan. Agar pemakaian carbon cleaner efektif dalam membersihkan ruang bakar, kita harus paham jenisnya,
Baca Lebih Lanjut

Grand Livina Bekas Harganya Kian Turun, Ini 5 Penyebabnya

Mei 10, 2024
Saat ini di pasaran memang hanya tersedia Nissan Grand Livina bekas. Tanpa produk baru yang meluncur, keberadaannya seolah terlupakan. Namun jika kita mengingat pada periode pertengahan dekade 2000-an, siapa yang tidak kenal dengan low MPV andalan Nissan ini. Dengan tongkrongan yang manis, ditambah keunggulan dalam hal pengendalian, kapasitas kabin, serta efisiensi konsumsi BBM, menjadikan Grand
Baca Lebih Lanjut