Musim Hujan, Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Maret 29, 2020
By Thomas W
Musim Hujan, Perhatikan Selalu Kolong Mobil-otospector

Saat musim hujan tiba, para pemilik kendaraan sering direpotkan oleh kondisi mobil yang kotor. Jangan malas, perhatikan dan rawat selalu kondisi mobil pada masa-masa seperti ini.

Salah satu bagian yang harus dirawat adalah bagian bawah mobil. Selain mudah kotor, bagian ini juga mudah terserang karat yang dapat menimbulkan kerugian di kemudian hari. Apa saja yang harus dikerjakan? Ayo kita simak:

#1: Ancaman karat

Jaga Kebersihan Aki

Saat musim hujan, semestinya kita harus lebih perhatian terhadap bagian kolong mobil. Bagian bawah mobil ini umumnya terbuat dari besi atau logam, sehingga rentan terhadap karat. Namun, entah mengapa, biasanya justru pada musim seperti inilah, orang justru cenderung cuek sama perawatan. 

#2: Tingkat keasaman air hujan

Penyebab Ban Rusak 1

Orang sering tidak memperhatikan kolong mobil karena bagian ini tidak langsung terlihat. Padahal ancaman datang dari air hujan dan kotoran (pasir) yang menempel. Air hujan punya kadar pH kurang dari 5 atau 6 akibat pengaruh karbondioksida di udara. Kondisi ini mempercepat timbulnya karat.

Baca juga: 4 Komponen Mobil yang Rentan Rusak Karena Jalan Berlubang

#3: Cuci dengan pengangkatan hidrolik

Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Untuk mencegah karat satu-satunya jalan adalah dengan rajin membilas bagian bawah mobil. Kalau kotoran sudah banyak menumpuk, lebih baik mobil diangkat pakai mesin hidrolik. Semprot dengan air tekanan tinggi untuk membersihkan sisa air hujan dan pasir tersembunyi.

#4: Selalu perhatikan suspensi

Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Secara khusus, kita juga harus memperhatikan velg dan rem. Sebab, pasir dan kotoran yang menempel dapat mengganggu sistem pengereman. Perhatikan juga shock absorber dan karet-karet peredam. Karena gangguan pada sistem suspensi ini akan membuat mobil susah dikendalikan. Padahal jalanan sedang licin.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Merawat Wiper Agar Berfungsi Maksimal di Musim Hujan

Pada saat musim hujan, kita memang dituntut untuk lebih memperhatikan kebersihan mobil. Dengan perawatan yang benar dan rutin, maka juga akan berpengaruh pada performa mobil secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Mengetahui Kesehatan Altenator Pada Mobil

Mei 30, 2024
Untuk menghidupkan mesin mobil itu ada 3 bagian yang harus kamu ketahui. Salah satu bagian tersebut merupakan alternator mobil, yang menjadi bagian sangat penting pada mesin mobil. Sangat disayangkan, kebanyakan orang lebih memperhatikan kondisi aki dari pada bagian alternator. Tanpa disadari alternator juga salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan, karena peran alternator sangat
Baca Lebih Lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Mei 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut

5 Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Campervan

Mei 27, 2024
Agak berbeda dengan mobil-mobil biasa, mobil untuk campervan memang punya spesifikasi sendiri. Yang terutama, tentu saja mobil harus punya ruang yang cukup luas. Harus bisa menampung seluruh keluarga serta barang-barang bawaan selama liburan di alam terbuka. Selain itu, mobil juga tetap memiliki fitur-fitur kenyamanan seperti AC dan sistem audio. Mesinnya juga harus kuat dan harus
Baca Lebih Lanjut