Musim Hujan, Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Maret 29, 2020
By Thomas W
Musim Hujan, Perhatikan Selalu Kolong Mobil-otospector

Saat musim hujan tiba, para pemilik kendaraan sering direpotkan oleh kondisi mobil yang kotor. Jangan malas, perhatikan dan rawat selalu kondisi mobil pada masa-masa seperti ini.

Salah satu bagian yang harus dirawat adalah bagian bawah mobil. Selain mudah kotor, bagian ini juga mudah terserang karat yang dapat menimbulkan kerugian di kemudian hari. Apa saja yang harus dikerjakan? Ayo kita simak:

#1: Ancaman karat

Jaga Kebersihan Aki

Saat musim hujan, semestinya kita harus lebih perhatian terhadap bagian kolong mobil. Bagian bawah mobil ini umumnya terbuat dari besi atau logam, sehingga rentan terhadap karat. Namun, entah mengapa, biasanya justru pada musim seperti inilah, orang justru cenderung cuek sama perawatan. 

#2: Tingkat keasaman air hujan

Penyebab Ban Rusak 1

Orang sering tidak memperhatikan kolong mobil karena bagian ini tidak langsung terlihat. Padahal ancaman datang dari air hujan dan kotoran (pasir) yang menempel. Air hujan punya kadar pH kurang dari 5 atau 6 akibat pengaruh karbondioksida di udara. Kondisi ini mempercepat timbulnya karat.

Baca juga: 4 Komponen Mobil yang Rentan Rusak Karena Jalan Berlubang

#3: Cuci dengan pengangkatan hidrolik

Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Untuk mencegah karat satu-satunya jalan adalah dengan rajin membilas bagian bawah mobil. Kalau kotoran sudah banyak menumpuk, lebih baik mobil diangkat pakai mesin hidrolik. Semprot dengan air tekanan tinggi untuk membersihkan sisa air hujan dan pasir tersembunyi.

#4: Selalu perhatikan suspensi

Perhatikan Selalu Kolong Mobil

Secara khusus, kita juga harus memperhatikan velg dan rem. Sebab, pasir dan kotoran yang menempel dapat mengganggu sistem pengereman. Perhatikan juga shock absorber dan karet-karet peredam. Karena gangguan pada sistem suspensi ini akan membuat mobil susah dikendalikan. Padahal jalanan sedang licin.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Merawat Wiper Agar Berfungsi Maksimal di Musim Hujan

Pada saat musim hujan, kita memang dituntut untuk lebih memperhatikan kebersihan mobil. Dengan perawatan yang benar dan rutin, maka juga akan berpengaruh pada performa mobil secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Civic Siapa Aja Mobil Sedan Terbaik 2024?

Februari 20, 2024
Kalau ada disini yang suka dengan mobil sedan, bang min pengen tanya kenapa kamu suka mobil sedan sih? Apa karna mobil sedan keren suka ada di film-film Amerika? Semua alasan kamu itu bang min setuju. Kalo bang min paling suka sama mobil sedan itu dari Eropa, yaitu Mercedes-Benz. Tapi kali ini kita bakalan bahas lebih
Baca lebih lanjut

Berapa Harga Avanza Bekas Mobil Sejuta Umat di tahun 2024?

Februari 16, 2024
Kalau berbicara tentang Toyota Avanza ini seolah nggak akan ada habisnya, mobil ini dari waktu ke waktu masih saja menjadi pilihan utama mayoritas masyarakat Indonesia. Karena harga yang terjangkau mobil ini laris manis dan bikin rekor terus-terusan. Gimana enggak, harganya mulai Rp 100 jutaan sampai Rp 200 jutaan aja untuk tipe paling tinggi. Mulai dari
Baca lebih lanjut

Gampangnya Bikin SIM Via Online

Februari 16, 2024
Bikin SIM via online di masa lalu pasti tidak pernah terpikirkan. Akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi informasi, urusan bikin SIM bisa dipermudah. Pendaftaran dan ujian teori pembuatan SIM bisa dilakukan secara online. Tentu dengan adanya inovasi dari Korlantas Polri ini sangat mudah dan praktis. Masyarakat yang akan membuat SIM cukup mengurus dan melengkapi berkas
Baca lebih lanjut