4 Komponen Mobil yang Rentan Rusak Karena Jalan Berlubang

Juli 31, 2017
By jandika
4 Komponen Mobil yang Rentan Rusak Karena Jalan Berlubang-otospector

Berita soal jalanan rusak dan berlubang selalu terdengar setiap saat. Bahan dan material yang tidak baik serta curah hujan yang tinggi pun kian memperburuk keadaan jalan. Berjalan bahkan mengendarai kendaraan pun jadi tidak nyaman karena hal ini.

Kondisi jalan berlubang ternyata bisa jadi salah satu ancaman untuk mobil Anda. Jika Anda tak berhati-hati ketika melewati kondisi jalanan yang rusak, beberapa komponen mobil pun akan cepat rusak. Agar tidak memengaruhi bagian lain, segera cek kondisi beberapa komponen rawan rusak di bawah ini.

#1: Ban dan Velg

Ban dan Roda Mobil

Ban serta bagian velg adalah komponen mobil yang paling tampak perbedaannya jika terlalu sering melewati jalanan berlubang. Kondisi ini awalnya tidak akan begitu terasa, namun setelah beberapa waktu, mobil pun jadi terasa tak nyaman saat dikendarai.

Permukaan ban yang rusak akibat jalanan berlubang akan tampak benjol. Ini karena kawat yang terdapat di dalamnya putus sehingga menyebabkan jalinan materialnya menjadi terbuka. Sementara itu untuk velg, kondisinya akan tidak mulus lagi serta mengalami bengkok dan retak di beberapa bagian.

Roda yang rusak akibat jalanan berlubang dapat Anda ketahui dari keluarnya bunyi dari bagian kaki. Sebelum melakukan perbaikan, tes laju kendaraan di jalan lurus lalu lepaskan pegangan dari kemudi. Jika setir bergerak ke kiri dan ke kanan, lakukan perbaikan pada komponen tersebut.

#2: Lower Arm

Lower Arm Mobil

Salah satu komponen yang menyatukan sistem roda dengan bodi mobil adalah lower arm. Komponen mobil yang satu ini pun terancam rusak akibat dampak dari melaju di atas jalan berlubang. Kerusakan lower arm yang umum ialah kondisinya yang bengkok bahkan patah.

Ada yang berpendapat, dibandingkan melakukan perbaikan, sebaiknya belilah bagian lower arm yang baru jika rusak. Proses servis di bengkel tidak akan membuat kondisinya kembali sempurna. Ujung-ujungnya, kondisi mobil pun tidak akan maksimal jika dibawa melaju di jalanan.

#3: Ball Joint

Ball Joint

Komponen ball joint pada sistem roda memegang peranan penting dalam kemulusan fungsi dari komponen knuckle arm. Sayangnya, ternyata bagian ini pun sama seperti lower arm yang rentan rusak apabila terhantam jalanan bolong.

Kerusakan pada bagian ini dapat Anda kenali jika terdengar suara gaduh “gludug gludug” dari bagian bawah mobil. Jika Anda mendongkrak bagian ban yang disinyalir rusak, bagian tersebut pun akan bergoyang atau seperti hendak lepas bila terjadi kerusakan pada ball joint.

#4: Bearing Roda

Bearing Roda

Terakhir, komponen mobil yang juga akan terkena dampak dari jalanan berlubang ialah bearing roda alias bantalan as roda untuk berputar. Saat bertemu dengan lubang, bearing akan menerima tekanan yang sangat kuat. Usianya pun terus memendek apabila terkena jalan berlubang terus-menerus.

Perlu Anda ketahui, bagian ini sebenarnya memiliki usia pakai yang cukup lama, yaitu 100 ribu kilometer. Agar kondisinya dapat kembali normal, lakukan pemeriksaan ke bengkel langganan atau resmi mobil Anda. Kondisinya masih bisa diselamatkan dengan cara perbaikan.

Tips Mengendari Mobil di Jalan Berlubang

Pada dasarnya, kondisi mobil dapat bertahan lebih lama jika tidak digunakan secara sembarangan. Salah satu hal yang perlu dihindari saat mengendari mobil Anda ialah menghindari jalanan berlubang. Agar dapat terhindar dari efek buruk pada komponen mobil ketika menghantam lubang, lakukan tips di bawah ini:

    • Pegang Setir dengan Kuat

Ketika mobil menghantam lubang, kemungkinan besar setir akan bergoyang mengikuti arah hantaman ban. Minimalisir pergerakan pada bagian tersebut dengan memegang setir sekuat mungkin. Ban pun akan berada pada kondisi stabil sehingga kerusakan pada komponen dapat terhindari.

    • Jangan Ngebut!

Awasi jalan ketika Anda tengah berkendara dengan mobil. Jangan sampai ketika ada jalanan berlubang di depan, Anda malah tancap gas sehingga masuk ke dalamnya. Oleh karena itu, lebih berhati-hatilah dalam melajukan kendaraan saat berada di jalanan.

    • Jangan rem mendadak!

Kadang kala orang refleks menginjak rem ketika mobil masuk ke dalam lubang. Padahal, hal itu sebenarnya tidak baik untuk dilakukan, karena malah akan merusak ban serta velg. Efek yang akan didapatkan, ban dan velg akan terkena benturan lebih kuat dengan tepian lubang. Itulah yang menyebabkan rusak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jangan Lalai, Cek Poin Ini Biar Wiper Tetap Maksimal

Januari 23, 2024
Wiper adalah salah satu fitur yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil, apa lagi pada saat musim hujan seperti sekrang ini peran fitur wiper sangat membantu pengemudi untuk dapat menyapu kaca mobil secara maksimal.  Maka dari itu pastikan sebelum kamu hendak berangkat pastikan kamu cek wiper mobil kamu dulu ya. Karena peran wiper pada mobil sangatlah
Baca lebih lanjut

Update Biaya Balik Nama dan Mutasi Mobil Terbaru 2024

Januari 23, 2024
Bersyukur kalau udah bisa beli mobil, untuk otofriends yang baru beli mobil bekas mungkin bingung nih akan beberapa hal. Seperti berapa sih biaya balik nama dan mutasi mobil, bang min bakalan jabarin dengan lengkap di artikel berikut ini. Langkah selanjutnya ketika Otofriends sudah belu mobil bekas dari dealer terbaik seperti dealer rekanan otospector. Otofriends bisa
Baca lebih lanjut

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Januari 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca lebih lanjut