Kenapa Asap Mobil Menjadi Hitam?

Februari 05, 2024
By Getan Metodius
Kenapa Asap Mobil Menjadi Hitam?-otospector

Pernah ada yang berpikir gak sih kenapa asap mobil itu bisa hitam? Pada dasarnya jika asap knalpot mobil itu hitam bisa membuat kita dan pengendara lainnya tidak nyaman.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Karena asap knalpot yang hitam itu dapat mengganggu pengendara lain nya dan juga bisa menyebabkan polusi udara yang semakin tebal. Jika asap knalpot mobil kamu sudah hitam maka itu jadi pertanda kalau ada masalah pada mesin mobil kamu.

Biasanya kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya pembakaran yang tidak optimal, yang terjadi pada bagian dalam mesin mobil. Jadi, bisa bikin knalpot mobil kamu mengeluarkan asap yang hitam pekat.

Berikut ini ada beberapa faktor terjadinya knalpot atau asap mobil kamu hitam.

#1: Rusaknya Komponen Injeksi

injek mobil

Sumber: Gridoto

Seperti yang kita ketahui bawasannya mesin injeksi itu memakai sensor untuk mengeluarkan bahan bakar mesin ke dalam mesin mobil. Jadi, jika mesin injeksi sudah bermasalah nanti pencampuran rasio bahan bakar bensin serta udara menjadi tidak sempurna ketika masuk ke ruang bakar.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya

#2: Kotornya Filter Udara

filter udara mobil

Sumber: BukaReview

Filter udara punya fungsi yang sangat penting untuk membersihkan dan menyaring udara yang kotor. Dan apabila permukaan filter sudah dipenuhi oleh kotoran, debu, serta pasir maka yang akan terjadi adalah penyumbatan pada saluran.

#3: Terlalu Banyaknya Campuran Dari Bahan Bakar

bensin mobil

Sumber: Okezone

Faktor ketiga ini juga dapat memicu terjadinya asap mobil kamu menjadi hitam. Ini karena sudah terlalu banyak campuran dari bahan bakar dan dapat menyebabkan bahan bakar tidak dapat tercampur dengan sempurna.

Karena terlalu banyaknya campuran bensin, maka emisi gas akan menyisakan pembakaran yang keluar dari knalpot serta menyebabkan pekatnya asap dan akan menjadi pedih ketika terkena mata.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya.

#a: Membersihkan Ruang Silinder

Jika bahan bakar terdapat sisa, itu menjadi salah satu penyebab knalpot mobil kamu berwarna hitam pekat. Maka kamu harus segera membawa mobil kamu ke bengkel, segeralah melakukan pembersihan ruang silinder dari adanya sisa bahan bakar yang selama ini mengendap.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

#b: Rutin Melakukan Servis Mobil

Nah, langkah ini juga bisa membantu kamu untuk mencegah terjadinya asap knalpot menjadi hitam. Hal yang kamu lakukan adalah harus rutin melalukan servis mobil, seperti ganti oli, serta melakukan pembersihan filter.

Pastikan mobil sehat dan tidak keluar asap hitam:

Agar performa mesin jadi enak, kamu perlu melakukan perawatan yang rutin. Termasuk jika kamu ingin beli mobil bekas, kamu perlu tahu dulu nih mesin mobil yang kamu incar masih sehat atau tidak.

Disarankan kamu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan hasil pengecekan, dan kamu memutuskan mana mobil yang patut kamu beli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Penyebab Power Window Mobil Macet

Mei 21, 2024
Peran power window sangatlah penting otofriends, apalagi untuk mobil-mobil keluaran terbaru. Dengan adanya fitur power window sangat memudahkan kita sebagai pengemudi sekaligus penumpang nih, fitur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan kaca mobil secara elektrik.  Sehingga fitur ini memudahkan kamu untuk untuk membuka kaca, seperti pada saat harus membayar pintu masuk pada saat di tol
Baca Lebih Lanjut

Kapan Waktu Ganti Minyak Rem Mobil

Mei 21, 2024
Setiap pemilik mobil pada umumnya tahu soal kapan waktu ganti minyak rem mobil. Terutama bagi Otofriends merawat mobilnya secara mandiri alias tidak di bengkel resmi atau bengkel umum. Minyak rem mobil memang harus diganti secara berkala, sesuai petunjuk di buku manual. Akan tetapi waktu pergantian minyak rem mobil tidak harus selalu sesuai jadwal. Ada kondisi-kondisi
Baca Lebih Lanjut

Yuk, Intip Mobil Bekas Surabaya 2024 Harga Di Bawah Rp200 Juta

Mei 21, 2024
Setelah situasi Pandemi perlahan-lahan mulai berangsur normal, kondisi perdagangan mobil bekas Surabaya perlahan-lahan mulai menggeliat dan bangkit. Situasi bursa sudah mulai bergairah. Perdagangan mobil bekas di Surabaya memang tergolong cukup ramai setelah Jabodetabek. Namun karakteristik pasar di Kota Pahlawan itu agak berbeda dengan Ibukota, karena lebih dominan pada mobil berkapasitas besar atau mobil keluarga. Soal
Baca Lebih Lanjut