5 Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

Oktober 13, 2023
By Thomas W
5 Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel-otospector

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel selalu jadi topik bahasan hangat di kalangan para pemilik mobil diesel. Permasalahan ini memang sering terjadi ketika mesin baru saja dihidupkan. Terutama ketika hendak dipanaskan.

Asap putih yang keluar dari mesin biasanya disebabkan kerusakan pada silinder. Bisa juga karena mobil jarang sekali dipanaskan.

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel tentu harus segera dipahami karena sejatinya keberadaan asap akan mengganggu lingkungan. Apalagi masalah ini bisa mengurangi jarak pandang pengemudi.

Inilah 5 cara mengatasi asap putih pada mesin diesel yang bisa Otofriends lakukan:

#1: Pembersihan Saringan Udara

5 Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

Asap putih keluar karena penyaring udara yang kotor. Tapi sebelum dibersihkan, sebaiknya Otofriends mengetahui apa yang menyebabkan saringan jadi kotor.

Udara kotor yang masuk ke ruang pembakaran mesin mobil menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Kondisi inilah yang menimbulkan asap putih yang keluar dari knalpot.

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel dalam kasus ini adalah dengan membersihkan bagian saringan. Lakukan setidaknya tiga bulan sekali atau setiap 1000 km.

Sebenarnya ada juga faktor lain, yakni kondisi jalan yang dilalui. Kalau medan berdebu dan berpasir, penyaring udara akan cepat kotor.

#2: Mengganti Seal Mesin

5 Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

Seiring penggunaan mesin, maka seal mesin akan menurun performanya. Inilah yang menyebabkan asap putih bisa muncul.

Seal klep biasanya aus karena gesekan tidak wajar atau overheating. Akibatnya, muncul celah yang mengakibatkan oli rembes ke ruang pembakaran.

Akibat rembesan oli, pembakaran jadi tidak sempurna dan memunculkan asap putih. Solusinya adalah segera mengganti seal dengan komponen yang baru.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Perhatikan, Inilah 4 Kelemahan Mesin Diesel

#3: Pemeriksaan Bagian ECU Mesin

Kenali ECU Mobil, Dari Fungsi Sampai Kerusakannya

Hati-hati, ECU yang mengalami error juga bisa jadi penyebab!

Karena ECU sudah tidak akurat, maka pengaturan sistem pembakaran dalam ruang bakar jadi tidak pas. Semburan bahan bakar akan terlalu banyak ke ruang bakar, tidak sesuai kebutuhannya.

Bahan bakar akan disemburkan banyak-banyak ke dalam ruang pembakaran meski sebenarnya belum saatnya.

Tentu bahan bakar banyak terbuang dan di sisi lain menimbulkan asap putih. Solusinya tentu mengganti bagian ECU yang rusak.

#4: Cara Mengatasi Asap Putih Dengan Mengganti Bagian Turbo Mesin

Ini Dia 5 Penyebab Mesin Diesel Jadi Kurang Tenaga

Pada mobil-mobil dengan turbo diesel, bagian ini juga bisa jadi penyebab munculnya asap.

Turbo yang rusak akan menyebabkan oli masuk ke ruang mesin. Kira-kira kejadiannya mirip dengan kerusakan seal.

Solusinya dengan mengganti komponen rusak dengan yang baru. Tentu harus dilakukan di bengkel dengan mekanik terlatih.

#5: Cara Mengatasi Asap Putih Dengan Servis Mobil Secara Berkala

Melindungi mesin mobil

Servis rutin secara berkala juga bisa mencegah timbulnya asap putih. Dalam perawatan ini, mekanik akan memeriksa performa komponen-komponen di dalamnya.   

Otofriends juga harus peka pada setiap suara mesin, getaran, hingga dengungan. Karena hal-hal itu bisa jadi indikasi kerusakan komponen.

Jangan lupa cek selalu kondisi oli. Tambahkan jika volume berkurang dan ganti oli kalau sudah saatnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel Rp 100 Jutaan

Apa yang harus jadi pertimbangan saat kita akan membeli mobil bekas bermesin diesel?

Membeli mobil bermesin diesel memang perlu ekstra hati-hati. Mengingat biasanya jenis mesin ini biasa dipakai oleh pemilik sebelumnya sebagai kendaraan “operasional” alias untuk aktivitas harian. Odometer biasanya cukup tinggi. Jika tidak diimbangi perawatan memadai, maka kondisinya wajib diperhatikan.

Agar Otofriends tidak repot saat menilai mobil bekas bermesin diesel, manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Inspektor Otospector bekerja secara profesional dan independen dalam menilai kondisi mobil bekas secara menyeluruh.

Dari hasil penilaian, Otofriends akan punya rujukan dalam menentukan kelayakan sebuah mobil bekas untuk dibeli.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Terbaru Tarif Tol Jakarta ke Jogja

Maret 15, 2024
Yang mau mudik mana suaranya? Bang min ucapkan selamat mudik dan hati-hati dijalan ya otofriends. Terutama saat arus mudik dan arus balik, jaga kondisi kamu dan juga kondisi mobil kamu. Terlebih lagi kamu harus mempersiapkan hal utama dalam bepergian menggunakan mobil pribadi. Yaitu biaya yang harus disiapkan, alias biaya tol, seperti yang bakal kita bahas
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi

Maret 13, 2024
Alhamdulillah Otofriends udah masuk bulan puasa lagi, kita dikasih waktu untuk kembali menjadi manusia yang bersih. Menuju hari kemenangan, hajat orang Indonesia akan kita rasakan, mudik setiap tahun menjadi momen yang seru untuk kita yang mau pulkam alias pulang kampung. Tahu kah kamu otofriends, menurut hasil survei Kemenhub, untuk tahun 2024 ini pemudik menggunakan mobil
Baca Lebih Lanjut

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut