Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya

Februari 07, 2024
By Thomas W
Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya-otospector

Dalam kondisi tertentu, kadang pengemudi harus menghadapi situasi di mana rem mobil terlalu terpanas. Inilah situasi di mana rem bekerja terlalu keras sehingga menjadi sangat panas. Fungsi rem juga sudah tidak optimal lagi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kondisi ini jelas berbahaya, karena akibatnya rem bisa sama sekali tidak berfungsi alias rem blong. Mobil akan meluncur tidak terkendali hingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Bagaimana tips mengatasi rem mobil terlalu panas? Mari kita bedah mulai dari penyebab dan teorinya:

#1: Penyebab Rem Terlalu Panas

rem mobil terlalu panas

Sumber: Daihatsu.co.id

Pada dasarnya, rem adalah komponen yang mengeluarkan suhu panas saat bekerja. Baik itu rem jenis cakram maupun tromol.

Masalahnya pengemudi kadang tidak sadar kalau rem sebaiknya tidak boleh digunakan terlalu lama. Kondisi ini akan membuat rem jadi terlalu panas atau overheat.

Kondisi ini bukan terjadi tiba-tiba. Penyebabnya karena perilaku pengemudi yang cuma mengandalkan rem untuk mengatur kecepatan mobil, terutama di jalan yang menurun.

Baca juga: Simple Rawat Rem Mobil Dengan Cara Ini

#2: Situasi Yang Menjadi Penyebabnya

rem mobil terlalu panas

Sumber: Cargill.com

Rem mobil jadi terlalu panas jika menghadapi situasi tertentu. Misalnya dari semula melaju dengan cepat, lalu tiba-tiba berhenti mendadak.

Saat berhenti mendadak, pengemudi pasti akan menginjak pedal rem terus menerus sampai kecepatan mobil berkurang hingga akhirnya berhenti.

Situasi lain adalah saat mobil berjalan melintasi perbukitan yang berkelok-kelok dalam jarak cukup panjang. Secara tidak sadar, pengemudi akan menggunakan rem terus menerus.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Akibat Rem Yang Terlalu Panas

rem mobil terlalu panas

Sumber: mikesmuffexandrepairllc.com

Dampak buruk akibat rem mobil terlalu panas maka daya cengkram rem akan menurun. Rem akan terasa kurang pakem, bahkan blong. Mobil akan melaju tidak terkendali.  

Menurut teori, semua bahan kampas rem punya kurva koefisien gesek. Kalau titik puncak dari kurva koefisen gesek terlewati, maka kampas rem akan kehilangan daya cengkeram ke bidang kontak rem atau piringan.

Rem blong  juga bisa dipengaruhi kualitas minyak rem. Kualitas minyak rem bisa buruk akibat suhu atau kedaluwarsa, ada endapan lumpur di sistem rem, karat di perangkat rem yang menyebabkan minyak rem jadi rusak, serta selang-selang karet yang pecah karena tekanan berat mendadak.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Tips Mengatasi Rem Mobil Terlalu Panas

rem mobil terlalu panas

Sumber: Carfromjapan.com

Jika Otofriends sudah merasa bahwa rem sudah bekerja keras dan terlalu panas, cobalah mengurangi laju kendaraan. Tujuannya memberi ruang agar cakram rem mendapat angin dari luar dan suhu kembali turun ke titik normal.

Akan tetapi harus diingat, cara mengurangi kecepatan mobil ini sebaiknya jangan mendadak. Kalau mendadak, maka rem justru malah akan tambah panas.

Saat jalanan menurun, Otofriends bisa memanfaatkan engine brake dan gigi ada di posisi rendah, sehingga rem tidak bekerja terus menerus.

Baca juga: 4 Ciri Kampas Rem Mobil Mulai Habis

Apakah rem sebuah mobil bekas selalu bermasalah?

Karena vitalnya fungsi rem dalam sebuah kendaraan, maka pada mobil bekas, sistem ini wajib dipastikan bekerja dengan baik dan optimal. Saat membeli mobil bekas, sistem ini harus diinspeksi dengan benar.

Jika Otofriends hendak memastikan kerja sistem pengereman, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Inspektor Otospector yang bekerja profesional dan berpengalaman akan memeriksa lebih sebuah mobil bekas di lebih dari 150 titik. Dari pemeriksaan yang mendalam dan cermat inilah Otofriends akan dapat memastikan kondisinya mobil tersebut secara pasti.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

10 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Update 2024

Februari 13, 2024
Ketika Otofriends memikirkan tentang beli mobil, salah satu pertimbangan yang seringkali menjadi prioritas adalah membeli mobil bekas murah yang tetap dapat memenuhi kebutuhan transportasi. Mobil bekas murah seringkali menjadi alternatif yang bijak untuk mendapatkan kendaraan pribadi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, terlebih lagi pada tahun 2023 di mana perekonomian masih belum menentu. Berikut adalah
Baca Lebih Lanjut

Koleksi Mobil Anies Baswedan

Februari 13, 2024
Dari tiga calon presiden yang akan berlaga dalam Pemilu 2024 salah satu nama adalah Anies Baswedan. Di tengah masyarakat, tokoh ini dikenal sebagai calon presiden yang berlatar belakang akademisi. Kariernya banyak dihabiskan dalam dunia pendidikan, baik dalam gerakan sosial masyarakat, akademisi, sampai menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan. Menjelang Pemilu 2024, setiap calon presiden memang akan
Baca Lebih Lanjut

Koleksi Mobil Prabowo Subianto Capres 2024

Februari 13, 2024
Soal pemilu terutama 3 pemilu terakhir, nama ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sangat populer dibicarakan. Bahkan sampai pilpres di tahun 2024 ini Prabowo Subianto masih cukup populer dan sering dibicarakan publik. Sampai saat ini semua tentang para capres termasuk koleksi pribadinya ikut dicaritahu. Koleksi mobil dari Prabowo pun menjadi perbincangan, pasalnya Jendral Purnawirawan ini
Baca Lebih Lanjut