Download Aplikasi OTOS
Install

4 Ciri Kampas Rem Mobil Mulai Habis

Maret 13, 2022
By Thomas W
4 Ciri Kampas Rem Mobil Mulai Habis-otospector

Kampas rem mobil adalah salah satu komponen yang akan habis seiring pemakaian kendaraan. Gesekan antara kampas dengan rotor atau piringan cakram membuat permukaan kampas lama-lama makin menipis kemudian habis sama sekali. Celakanya kadang kondisi ini terjadi tanpa disadari.

Apabila kampas rem mobil sudah habis, apalagi tanpa disadari, akibatnya piringan cakram ikut terkikis. Hal ini bisa dilihat dari permukaan piringan cakram yang tidak rata bila disentuh jari. Tentu saja ini berbahaya, karena sebenarnya ada batas ketebalan minimum dari piringan cakram agar sistem pengereman bekerja dengan baik.

Agar Otofriends tidak mengalami gangguan sistem pengereman, mari kita simak 4 ciri kampas rem mobil yang mulai habis:

#1: Muncul Suara Decit

Kanvas dan Disc Brake

Jika suatu kali mulai muncul decitan saat Otofriends menginjak pedal rem, maka wajib waspada. Bisa jadi bunyi tersebut muncul dari pergesekan logam atau besi.

Ketika kampas mulai habis, pada bagian ini memang hanya menyisakan bagian yang terbuat dari besi. Jika besi pada kampas bergesekan dengan besi permukaan cakram, maka akan muncul bunyi khas seperti logam beradu.

#2: Terasa Getaran Saat Pedal Rem Diinjak  

Menanjak Pakai Mobil Transmisi Otomatis? Ini Tipsnya!

Gejala kampas rem mobil yang habis bisa dirasakan juga saat pedal rem diinjak. Seperti terasa ada getaran pada telapak kaki.

Penyabab getaran sebenarnya kampas yang sudah sangat tipis sehingga permukaannya tidak lagi rata. Kondisi itu mengakibatkan piringan cakram tidak bisa mencengkeram sempurna, sehingga gejalanya terasa seperti getaran.  

Kadang getaran tidak hanya dirasakan di pedal rem saja, tapi bisa merambat sampai ke setir. Terutama jika kondisi kampas rem sudah parah.

Aplikasi OTOS

Baca juga: 6 Indikasi Kerusakan Rem Pada Mobil Bekas

#3: Jarak Main Rem Terlalu Dalam

Pengecekan Transmisi Matic - 8

Jika kampas rem tromol di roda belakang habis, akibatnya jarak main rem jadi lebih jauh. Kita harus menekan pedal lebih dalam dari normalnya agar rem berfungsi optimal.

Seperti diketahui, pada rem tromol terdapat pegas yang berfungsi mengembalikan kampas setelah ditekan. Pengembalian ini berlangsung otomatis, sejauh apapun piston bergerak.

Kalau kampas rem masih tebal, piston hanya perlu sedikit pergerakan saja karena tromol rem otomatis tertekan. Namun kalau kampas sudah tipis, maka piston akan bergerak lebih jauh agar tromol bisa tertekan.

#4: Rem Tidak Pakem

Disc Brake

Ciri terakhir ini paling mudah dirasakan. Jika rem dirasa tidak pakem, jelas-jelas kampas sudah habis. Penyebabnya karena tekanan kampas pada piringan sudah tidak rata.

Akibat kondisi itu, luas penampang rem jadi lebih kecil. Tenaga pengereman semakin kurang maksimal meski pedal sudah ditekan dalam-dalam.

Jika kondisi ini sudah terjadi, segera ke bengkel dan jangan buang waktu lagi.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini

Bagaimana memastikan sistem pengereman dari mobil bekas yang akan kita beli ada dalam kondisi sehat dan berfungsi normal?

Dalam sebuah kendaraan, sebuah sistem pengereman memang amatlah vital. Karena itu pada mobil bekas, sistem ini wajib dipastikan bekerja dengan baik dan optimal agar tidak menimbulkan persoalan bagi calon pembeli. Karna itulah sistem ini harus diinspeksi dengan benar.

Jika Otofriends hendak memastikan kerja sistem pengereman, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Inspektor Otospector yang bekerja profesional dan berpengalaman akan memeriksa lebih sebuah mobil bekas di lebih dari 150 titik. Dari pemeriksaan yang mendalam dan cermat inilah Otofriends akan dapat memastikan kondisinya mobil tersebut secara pasti.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jarang Orang Tahu, Inilah Sejatinya Fungsi Spoiler Mobil

Januari 09, 2025
Fungsi spoiler mobil ternyata masih banyak disalahpahami. Orang banyak mengira, spoiler cuma sekadar aksesoris untuk memberi kesan sporty pada mobil kesayangan. Padahal, alat ini dipasang untuk menambah performa mobil dengan maksimal. Memang bener sih, pernah ada semacam tren, spoiler banyak disalahfungsikan jadi sekadar pemanis belaka. Bentuknya bisa bermacam-macam sesuka hati, dengan teknik pemasangan yang kacau
Baca Lebih Lanjut

Inilah Kesalahan Dalam Mengemudi Mobil Matic

Januari 08, 2025
Kesalahan dalam mengemudi mobil matic bukan saja terjadi di kalangan pengemudi pemula. Pengemudi yang sudah bertahun-tahun memakai transmisi ini juga bisa melakukannya, jika memang tidak paham apa yang boleh dan tidak dilakukan. Memakai transmisi matic memang terasa nyaman dan praktis, apalagi di perkotaan. Tetapi transmisi ini juga butuh perlakuan yang lebih halus, dibanding transmisi manual.
Baca Lebih Lanjut

Pahami Cara Membaca Google Maps, Biar Ga Kesasar

Januari 07, 2025
Di zaman sekarang, ada baiknya pengguna kendaraan harus tahu pasti cara membaca Google Maps selama dalam perjalanan. Aplikasi Google Maps memang terbukti sangat membantu pengemudi kendaraan saat akan menempuh rute tertentu menuju tempat tujuan. Tetapi sebenarnya yang tidak kalah penting, si pemakai peta digital ini harus tahu cara pakainya yang benar. Pemakaian Google Maps yang
Baca Lebih Lanjut