Kapan Sih Shockbreaker Mobil Harus Diganti?

Agustus 21, 2024
By Getan Metodius
Kapan Sih Shockbreaker Mobil Harus Diganti?-otospector

Shockbreaker adalah merupakan komponen yang sangat penting untuk kendaraan. Fungsi dari shockbreaker itu sendiri adalah untuk menyerap guncangan dan getaran pada saat mobil sedang melaju dijalan yang kondisi jalanan nya tidak rata.

Seperti yang kita ketahui jika mengganti shockbreaker mobil merupakan hal yang tidak bisa kita hindari ketika kita sudah mempunyai kendaraan. 

Mengganti shockbreaker sangat penting diganti, karena untuk keamanan dan kenyaman pada saat sedang berkendara. 

Biasanya banyak sekali pemilik kendaraan yang masih bingung mengenai kapan waktu untuk mengganti shockbreaker pada mobil? 

Dan sebagai pemilik kendaraan dan sebagai seorang pengemudi yang baik, kamu harus mengetahui dan memperhatikan mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti shockbreaker mobil kamu.

Nah, oleh sebab itu sangat penting buat kamu untuk mengetahui tanda dan kapan untuk mengganti waktu yang tepat. Berikut ini ada lima tanda yang harus kamu perhatikan:

#1: Terdengar Suara Berisik.

shock mobil berisik

Sumber: gridoto

Tanda yang pertama adalah terdengarnya suara berisik yang berasal dari suspensi belakang mobil kamu. Jika kamu sudah mendengar bunyi yang sangat mengganggu seperti diatas, maka segeralah untuk mengecek kondisi shockbreaker mobil kamu ke bengkel terdekat. 

Biasanya suara berisik yang terdengar sudah menjadi patokan untuk mengetahui shockbreaker masih berfungsi atau sudah rusak.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: 5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

#2: Ayunan Mobil yang Berlebihan.

perbaikan shock mobil

Sumber: okezone

Tanda yang kedua adalah sudah mulai terasa ayunan mobil yang berlebihan pada saat kamu sedang mengemudi di jalan yang kondisinya bergelombang atau berlubang. 

Nah, biasakan kamu akan merasakan seperti ada goyangannya ke kanan dan ke kiri, dan butuh waktu yang lama untuk bisa normal kembali. 

#3: Bocornya Oli Mobil.

kebocoran oli shock mobil

Sumber: carro

Tanda selanjutnya adalah bocornya oli shockbreaker. Tanda ketiga ini menjadi salah satu jika shockbreaker kamu harus segera diganti dengan yang baru.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Ban Mobil Aus.

Jika salah satu ban mobil kamu sudah mulai kempis dan ban mobil yang lain dalam keadaan yang normal, bahkan tidak terjadi kebocoran? Maka hal tersebut bisa jadi sebagai tanda kalau shockbreaker mobil kamu harus segera diganti dengan yang baru.

#5: Mobil Sudah Mulai Tak Seimbang.

Tanda yang terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah pada saat mobil kamu sudah mulai terasa tidak seimbang ketidak sedang dijalan. Karena jika shockbreaker sudah mulai rusak biasa nya mobil akan kehilangan keseimbangan sehingga membuat pengemudi tak nyaman.

Cara untuk mengganti shockbreaker mobil yang baik adalah segeralah untuk ke bengkel terdekat. Dan didalam perjalanan ke bengkel kamu harus tetap hati-hati ketika sedang berkendara. 

Karena jika kamu langsung bawa mobil kamu ke bengkel yang terpercaya maka akan ditangani dengan teknisi yang sudah berpengalaman, dan mobil kamu akan segera ditangani dengan baik, sehingga mobil kamu akan akan tetap dalam kondisi yang pria.  

Baca juga: Biaya Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil?

Pastikan mobil bekas shockbreakernya sehat.

Buat kamu nih otofriends yang mau beli mobil bekas, jangan sampai salah. Kenapa jika kamu salah pilih, itu akan membuat kamu mengeluarkan biaya lebih besar hanya untuk perbaikan.

Justru itu kamu harus menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Layanan inspeksi mobil ini independen yang akan membantu kamu memutuskan mana mobil yang akan kamu pilih.

Yang menariknya, jika mobil yang kamu pilih lulus inspeksi, maka akan mendapatkan layanan garansi mobil bekas Otospector sampai 1 tahun.

Itu dia Otofriends, buruan kasih tahu juga temen kamu yang mau beli mobil bekas ya, jangan lupa inspeksi di Otospector dan dapetin peluang garansi sampai 1 tahun untuk mesin dan juga transmisi.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD

Juni 10, 2024
Kelebihan dan kekurangan RWD belakangan sering dibicarakan orang, terutama karena sekarang ini, mobil-mobil keluaran terbaru banyak menggunakan sistem FWD. Sebut saja mobil-mobil MPV populer produksi dari Toyota, Mitsubishi, atau Suzuki, umumnya sudah memilih memakai FWD. Di masa lalu memang banyak mobil-mobil legendaris menggunakan RWD, tapi karena berbagai pertimbangan, sistem ini mulai ditinggalkan oleh produsen. Akibatnya,
Baca Lebih Lanjut

6 Mobil Harga 20 Jutaan Yang Masih Layak Dilirik 2024

Juni 10, 2024
Sekilas mungkin sebagian orang akan bingung ketika mendengar kata-kata: “mobil harga 20 jutaan”. Tapi jangan heran kalau kemudian akhirnya mereka malah jadi penasaran: mobil harga segitu kira-kira bentuknya kayak apa? Mobil bekas 20 jutaan ada disini. Dengan anggaran yang minim tersebut tentu kita tidak bisa berharap terlalu banyak. Namun bukan berarti sama sekali tidak ada
Baca Lebih Lanjut

6 Tips Ampuh Biar Mobil RWD Lebih Awet

Juni 08, 2024
Mobil RWD adalah mobil dengan penggerak roda belakang, dan sudah punya fans setia di tanah air. Bang min rasa ini udah jadi mobil favorit bagi pengemudi, terutama yang biasanya selalu mengutamakan performa serta sensasi dalam berkendara yang lebih sporty.  Tapi gini otofriends, untuk merawat mobil RWD supaya tetap di kondisi maksimal dan prima dalam berkendara,
Baca Lebih Lanjut