Biaya Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil?

Februari 22, 2024
By Getan Metodius
Biaya Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil?-otospector

Seperti yang kita ketahui jika kaki-kaki mobil sudah menjadi peran penting yang berfungsi untuk tetap menopang berat mobil, serta membantu untuk menyerap getaran saat sedang melintas di jalanan. Kaki-kaki ini juga berfungsi untuk mengatur arah mobil atau sebagai penggerak roda mobil.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Jadi, kaki – kaki mobil itu ada beberapa komponen contohnya seperti per, ball joint, shockbreaker, stabilizer, bushing arm, tie rod, dan lain sebagainya. Jika kaki – kaki mobil kamu sudah mulai rusak, tentu ada banyak penyebabnya, seperti gaya kamu saat berkendara, kondisi jalan raya, serta sudah melewati batas usia pemakaian.

Ada beberapa tanda yang bisa kamu rasakan ketika kaki – kaki mobil kamu sudah mulai rusak. Seperti mobil kami sudah mulai terasa keras atau sudah tidak nyaman saat digunakan dijalan yang tidak merata, mobil sudah terasa oleng saat sedang berkendara, dan sudah mulai terdengar suara berisik di bagian bawah mobil kamu.

Cara untuk mengatasi kerusakan pada kaki – kaki mobil kamu adalah dengan cara melakukan servis pada bagian kaki – kaki mobil dan periksa bagian dari komponen kaki – kaki mobil untuk mengetahui bagian kerusakannya. Untuk estimasi biaya perbaikan kaki- kaki mobil ini tergantung dari jenis dan merek mobil serta tergantung tingkat kerusakan tersebut.

Dibawah ini ada estimasi perkiraan biaya perbaikan pada kaki – kaki mobil yang paling utama.

#1: Ban Mobil 

ban mobil

Sumber: Suara Buruh

Ban mobil berfungsi untuk menyatukan antara roda dengan jalanan. Karna jika ban mobil sudah rusak, maka stabilitas mobil pun akan menurut. Jika tetap dipaksa untuk berkendara maka ban mobil pun bisa menyebabkan kerusakan dan mengakibatkan kebocoran pada ban.

Untuk estimasi biaya pergantian ban mobil tergantung pada ukuran ban, dan pada jenis merek ban. Contohnya seperti harga ban mobil Avanza di ukuran 185/70 R14 persatuan kisaran di harga Rp 500 ribu sampai Rp 800 ribuan. Dan ada pun biaya tambahannya seperti untuk biaya pasang ban, biaya isi nitrogen, dan biaya balancing yang biasanya kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu per ban. Jika di total – total ganti ban mobil Avanza di harga Rp 520 ribu sampai Rp 840 ribu per ban.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

#2: Shockbreaker

shocbreaker mobil

Sumber: Sindo News

Fungsi dari shockbreaker itu sendiri adalah untuk menyerap getaran dan untuk memberikan kenyamanan ketika sedang berkendara di jalan. Jika shockbreaker mobil kamu rusak, maka yang akan terjadi saat kamu sedang berkendara kamu akan merasakan ketidakstabilan dan terasa keras. Dan jika shockbreaker kamu sudah rusak baiknya segera diganti dengan yang baru.

Untuk estimasi pergantian biaya shockbreaker ini juga tergantung dari tipe shockbreaker dan merek shockbreakernya otofriends. Contohnya, untuk harga satuan shockbreaker depan mobil Toyota Avanza harganya Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta, dan untuk harga satuan bagian belakang shockbreaker dihargai Rp 409 ribu sampai Rp 800 ribu.

Serta ada biaya tambahan seperti biaya bongkar pasang mulai dari harga Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu per ban. Dan total yang harus kamu siapkan kisaran Rp 1,1 juta sampai Rp 2,2 jutaan. Sedangkan untuk mengganti shockbreaker bagian belakang mobil bisa mencapai Rp 900 ribu sampai Rp 1,8 jutaan.

#3: Bushing Arm

Bushing Arm

Sumber: Duit Pintar

Bushing Arm ini juga menjadi komponen penting, karena Bushing Arm menghubungkan antara Arm dengan bodi mobil. Jika mobil sudah mengeluarkan bunyi berisik atau berdentum pada saat sedang dikendarai maka itu tandanya bushing arm mobil kamu sudah rusak. Dan jika kondisi nya bushing arm sudah retak makan bushing arm harus segera diganti.

Untuk estimasi dari pergantian bushing arm juga tergantung dari jenis dan tipenya. Contohnya, harga satuan dari bushing arm depan Avanza kisaran Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu, namun sedangkan untuk harga satuan dari bushing arm belakang itu kisaran Rp 40 ribu sampai Rp 80 ribuan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Dan jangan lupa ada biaya tambahan untuk bongkar pasang, biasanya kisaran Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu per ban. Jadi total yang harus kamu siapkan Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu. Dan untuk total pergantian bushing arm bagian belakang bisa mencapai Rp 90 ribu sampai Rp 180 ribu.

Baca juga: Suspensi Mobil Berbunyi, Inilah Penyebabnya

Rawat mobil sampai kaki-kaki:

Kenapa rawat mobil harus sampai kaki-kakinya? Karena kaki-kaki berhubungan sama kenyanaman dan keamanan berkendara ya otofriends. Penting juga nih buat kamu yang ingin beli mobil bekas nantinya, kamu harus perhatikan sisi kaki-kaki.

Kalau mau lebih efisien, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja. Dengan layanan inspeksi mobil Otospector kamu bisa dengan mudah memutuskan mana mobil yang perlu kamu beli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

4 Cara Cek Kerusakan Transmisi Manual

Juni 08, 2024
Bagi Otofriends yang ingin meminang mobil bekas bertransmisi manual, perlu mengetahui sekilas tentang cara cek kerusakan transmisi manual. Meski mobil bertransmisi manual ini dikenal tangguh dan mudah perawatannya, namun tetap ada kemungkinan transmisi bermasalah.  Masalah pada transmisi manual semakin besar, jika pemilik sebelumnya tidak merawat transmisi dengan benar. Bisa juga tambah rusak, jika penggunaan transmisi
Baca Lebih Lanjut

Sabar Dulu, Ini Mobil Yang Boleh Pakai  Pertalite

Juni 06, 2024
Mobil yang boleh pakai Pertalite memang menjadi isu yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Isu ini terus bergulir terutama setelah ada wacana tentang pembatasan penjualan BBM bersubsidi, di mana ada jenis-jenis mobil dan sepeda motor tertentu yang boleh serta tidak boleh menggunakannya. Yang dimaksud BBM bersubdisi adalah BBM yang dijual oleh Pertamina, di mana
Baca Lebih Lanjut

Jadwal Samsat Keliling Kota Tangerang Update 2024

Juni 04, 2024
Bagi warga Kota Tangerang, salah satu informasi yang penting diketahui adalah tentang jadwal Samsat Keliling Tangerang. Pasalnya, untuk urusan perpanjangan STNK tahunan, ada sebagian warga yang menginginkan punya banyak alternatif tempat. Karena itulah mereka ingin melakukannya di Samsat Keliling karena faktor jarak dan pelayanan yang relatif cepat.  Untuk urusan memperpanjang STNK tahunan, memang semestinya kita
Baca Lebih Lanjut