Gak Ada Getaran Jadi Satu Ciri AC Mobil Bekas Masih Sehat

Juli 11, 2024
By Getan Metodius
Gak Ada Getaran Jadi Satu Ciri AC Mobil Bekas Masih Sehat-otospector

Ketika cuaca sedang panas, maka AC mobil adalah penyelamat bagi pengendara dan penumpangnya. Namun, apakah kamu pernah berpikir mengenai kesehatan kompresor AC mobil kamu? Yang harus diketahui kompresor merupakan salah satu komponen yang paling vital di dalam sistem pendingin mobil kamu. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Dengan keberadaan kompresor AC di dalam mobil sangatlah penting untuk AC mobil. Dengan adanya kompresor AC mobil, gas freon dengan mudah bersirkulasi ke bagian seluruh komponen AC mobil, yang membuat suhu di dalam mobil menjadi sejuk dari AC mobil serta dapat memperlancar hembusan keluar sebagai penjaga suhu di dalam kabin mobil. 

Berikut ini adalah ciri-ciri dari kompresor AC mobil bekas yang masih sehat :

#1: Tidak Ada Getaran.

kompressor ac mobil

Sumber: Lifepall

Ciri-ciri kompresor AC mobil yang pertama yaitu tidak adanya getaran yang signifikan ketika sedang beroperasi.

Namun, jika kamu sudah merasakan adanya getaran yang tidak biasa ketika AC dinyalakan, bisa jadi itu sebagai petunjuk jika ada masalah pada kompresor. 

Karena dengan adanya getar yang berlebihan sudah menandakan jika adanya ketidakseimbangan atau kerusakan pada bagian kompresor dan harus segera diperiksa oleh teknisi.

Sebaliknya jika tidak ada getaran yang tidak biasa, maka kompresor AC mobil kamu masih sehat.

Baca juga: Mitos atau Fakta Menyalakan AC Mobil Tidak Boleh Langsung Full

#2: Udara Dingin yang Segar.

AC Mobil Bekas

Ciri-ciri yang kedua yaitu kompresor AC mobil yang masih sehat adalah kemampuan menghasilkan udara yang dingin serta menyegarkan pada dalam kabin mobil.

Dan ketika kamu hendak menyalakan AC mobil maka kamu juga harus memperhatikan sejauh mana kompresor mobil bisa mendinginkan udara dengan cepat, sehingga udara yang keluar tetap dingin makan itu menandakan jika kompresor mobil kamu berfungsi dengan sangat baik.

Kebalikannya jika AC mobil kamu sudah diatur namun tidak ada perubahan maka itu menunjukkan jika kompresor AC mobil kamu bermasalah. Maka segeralah cek ke bengkel terdekat agar segera bisa ditangani oleh teknisi. 

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: 5 Tips Cari Mobil Bekas Bagi Pemula

#3: Optimalnya Suhu Kondensor.

suhu ac mobil

Sumber: dream.co.id

Kondensor merupakan salah satu komponen yang penting pada sistem AC mobil. Ciri selanjutnya jika kompresor AC masih sehat yaitu kondensor bekerja pada suhu optimal. 

Dan jika ingin periksa suhu kondensor haruslah hati-hati, jika kondensor sudah mulai terasa hangat, namun tidak terlalu panas dan juga tidak dingin sama sekali, maka itu bisa jadi indikasi jika kompresor berfungsi dengan baik. 

Karena kondensor bisa beroperasional jika suhu yang tepat untuk tetap menjaga sistem pendinginan AC bekerja efisien.

Namun, jika kondensor terlalu panas, itu menandakan jika adanya masalah di bagian kompresor, yaitu adanya tanda masalah pada bagian kompresor seperti ada tekanan yang sudah tidak seimbang atau adanya kebocoran refrigeran. 

Tapi jika kondensor sudah terlalu dingin, bisa jadi itu sebagai tanda adanya masalah di bagian sirkulasi refrigeran atau di komponen lainnya. Jadi alangka baiknya kamu selalu pastikan suhu kondensor agar tetap optimal dan stabil untuk tetap menjaga kinerja kompresor dengan baik.

#4: Suara Operasional yang Hening dan Halus.

suara mesin mobil

Sumber: kumparan

Ciri-ciri yang selanjutnya jika AC mobil bekas masih sehat adalah dengan merasakan jika sedang beroperasional di jalan dengan lancar dan juga hening maka kompresor mobil kamu dinyatakan masih sehat. 

Namun jika kompresor mobil kamu tidak sehat maka akan mengeluarkan suara berisik, gemuruh, serta terdengar suara dentuman yang tidak wajar maka bisa jadi terjadi masalah pada kompresor mobil kamu.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Cek Menyeluruh AC Saat Beli Mobil Bekas!

Otofriends kalau mau beli mobil bekas jangan cuma cek bodi, mesin mobil atau eksteriornya aja yah. Gini kalau kamu butuh pihak independen dalam pengecekan mobil bekas yang kamu incer bisa pakai layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector.

Setelah mobil kamu lulus inspeksi Otospector, kamu bakalan dapet Garansi Mobil Bekas sampai 1 tahun loh, udah gitu dapet layanan darurat 24 jam lagi. Buruan hubungi Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mulai 250rb Biaya Perbaikan Untuk Pelek Mobil

Juni 26, 2024
Seperti yang kita ketahui pelek (Velg) mobil merupakan komponen yang cukup penting untuk mobil, lingkaran logam pada pelek berada di dalam roda mobil. Selain untuk estetika, ternyata pelek juga sangat berperan penting untuk menjadi tumpuan dari keempat roda ban mobil. Posisi pelek mobil harus setara atau seimbang supaya roda mobil bisa berputar dan dapat melaju
Baca Lebih Lanjut

Mobil Sigra Bekas Harga 50 Juta

Juni 24, 2024
Sigra bekas harga 50 juta lagi jadi omongan paling seru di pasaran mobil bekas. Pasalnya, salah satu mobil andalan Daihatsu ini ternyata harganya sudah semakin terjangkau. Apalagi mobil ini pertama kali keluar adalah di tahun 2016, yang berarti rata-rata usianya masih relatif muda. Kalau Otofriends berminat untuk meminang Daihatsu Sigra bekas, memang ada beberapa hal
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Juni 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut