5 Tips Cari Mobil Bekas Bagi Pemula

Januari 01, 2022
By Thomas W
5 Tips Cari Mobil Bekas Bagi Pemula-otospector

Bagi orang-orang yang belum pernah melakukannya, cari mobil bekas mungkin jadi persoalan yang cukup merepotkan. Apalagi bagi para pemula ini ada semacam ketakutan akan ditipu saat beli mobil bekas dari pedagang atau dealer.

Selain faktor ketakutan, adanya beragam pilihan mobil bekas juga membuat calon pembeli bingung. Padahal membeli mobil kadang tidak hanya berdasarkan keinginan, tapi juga kebutuhan dan kemampuan.

Biar gak membingungkan, yuk kita simak 5 tips cari mobil bagi para pemula:

#1: Mengerti Mobil Yang Dibutuhkan

Mobil Bekas Terbaik Header

Dari kebutuhan inilah Otofriends bisa menetapkan jenis atau tipe mobil yang akan dibeli. Misalnya apakah jenis MPV, SUV, atau mungkin hatchback. Karena setiap jenis mobil punya karakteristiknya masing-masing.

Karakeristik itu misalnya SUV punya dimensi yang besar tapi pada umumnya berkapasitas lebih sedikit dibanding MPV. Atau hatchback punya ground clearance rendah, tapi hemat BBM dan hanya cocok di perkotaan.

#2: Cari Tahu Merek Mobil Yang Sesuai

5 Tips Cari Mobil Bekas Bagi Pemula

Dari karakteristik mobil yang diincar, kita bisa menurunkannya ke merek dan jenis mobil yang sesuai. Biasanya untuk satu jenis mobil tersedia berbagai merek di pasaran.  

Misalnya untuk MPV 7 seater saja di Indonesia setidaknya ada beragam pilihan seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, dll.

Tentu saja setiap jenis mobil punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu Otofriends harus rajin mencari informasi. Selain dari artikel di media, review dari pakar yang terpercaya serta masukan dari komunitas juga bisa jadi masukan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 6 Pertimbangan Saat Menentukan Tenor Kredit Mobil Bekas

#3: Berburu Mobil Bekas Yang Berkualitas

Mengenal Bursa Mobil Bekas Di Jakarta Dan Sekitarnya

Ada dua cara mencari mobil bekas, yakni lewat penjualan perorangan maupun dealer. Masing-masing cara tentu punya langkah berbeda, tapi sebenarnya tujuannya sama yakni mendapatkan mobil bekas berkualitas. Artinya mobil kondisinya baik dan tidak pernah ada riwayat seperti tabrakan hebat maupun terendam banjir.

Beli mobil dari siapapun yang terpenting adalah memeriksa kondisinya secara menyeluruh. Pada tahap ini jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dari hasil inspeksi, Otofriends akan punya gambaran tentang kondisi mobil dan bisa dijadikan bahan pertimbangan saat mengambil keputusan pembelian.

#4: Rencanakan Anggaran Keuangan Untuk Pembayaran

Perhitungan Pajak Mobil Bekas

Calon pembeli mobil biasanya sudah mempersiapkan anggaran pembelian mobil baik secara tunai maupun kredit.

Jika solusinya tunai, tentu tak ada persoalan. Namun jika pilihannya kredit, maka perencanaan keuangan dari debitur harus matang, karena menyangkut komitmen jangka panjang. Terutama dalam menentukan tenor atau jangka waktu cicilan.

Setidaknya ada 6 pertimbangan saat menentukan tenor. Umumnya pilihan dari perusahaan leasing adalah 12, 24, 36, 48, 60 sampai 72 bulan. Sebagian besar orang memilih antara 3 sampai 5 tahun saja.

#5: Siapkan Dana Lebih Untuk Perawatan Awal

Kredit Mobil Bekas

Kita tentu berupaya mendapat mobil bekas dengan kualitas terbaik. Namun karena mobil pernah dipakai orang lain, sebaiknya kita tetap mempersiapkan kondisinya agar tetap prima saat digunakan.

Salah satu langkah yang wajib dilakukan adalah penggantian seluruh cairan pelumas di mobil seperti oli mesin, oli perseneling, minyak rem, oli gardan, dll. Sebaiknya lakukan juga pembersihan eksterior maupun interior, termasuk desinfektan untuk menghilangkan kuman.

Karena adanya keperluan ini, maka selain dana untuk pembelian, perlu disisihkan anggaran untuk perawatan pada kisaran 5% sampai 10%.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Begini Nih, Cara Menghitung Kredit Mobil Bekas

Bagaimana cara cari mobil bekas yang mudah dan sesuai keinginan?

Saat ini untuk cari mobil bekas sebenarnya tidak perlu repot, karena Otofriends tinggal mencarinya di apps OTOS dari Otospector. Di aplikasi mobile ini tersedia ribuan mobil dari ratusan dealer mobil bekas terpercaya yang menjadi rekanan Otospector.

Istimewanya, setiap mobil yang dijual sudah dijamin kualitasnya karena sudah lulus inspeksi Otospector. Jadi dijamin ada dalam kondisi baik. Dan yang paling menarik tentunya ada garansi sampai satu tahun.    

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Suspensi Mobil Berbunyi, Inilah Penyebabnya

Februari 08, 2024
Suspensi mobil berbunyi memang tidak berbahaya secara langsung, tapi bagi pengemudi kondisi ini akan terasa cukup mengganggu. Biasanya bunyi-bunyian ini berasal dari kondisi buruk pada shock absorber yang aus, bocor, atau rusak. Bunyi-bunyian itu biasanya muncul saat mobil melewati jalan yang tidak rata atau ada rintangan. Di luar dari shock absorber, sebenarnya masih ada lagi
Baca lebih lanjut

Jadwal SIM Keliling di Jakarta Update 2024

Februari 08, 2024
Mana nih suaranya yang dikit lagi habis masa berlaku penggunaan SIM nya. Terutuk kamu yang tinggal di wilayah Jakarta, bang min bakalan kasih tahu kamu beberapa lokasi untuk kamu melakukan perpanjangan SIM di fasilitas SIM Keliling. SIM yang kamu gunakan, saat sudah mendekati masa penggunaan yang ditentukan, wajib kamu langsung perpanjang. Jika masa berlaku sudah
Baca lebih lanjut

Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya

Februari 07, 2024
Dalam kondisi tertentu, kadang pengemudi harus menghadapi situasi di mana rem mobil terlalu terpanas. Inilah situasi di mana rem bekerja terlalu keras sehingga menjadi sangat panas. Fungsi rem juga sudah tidak optimal lagi. Kondisi ini jelas berbahaya, karena akibatnya rem bisa sama sekali tidak berfungsi alias rem blong. Mobil akan meluncur tidak terkendali hingga bisa
Baca lebih lanjut