6 Pertimbangan Saat Menentukan Tenor Kredit Mobil Bekas

Desember 16, 2021
By Thomas W
6 Pertimbangan Saat Menentukan Tenor Kredit Mobil Bekas-otospector

Kredit mobil bekas jadi solusi bagi konsumen yang ingin memiliki mobil tapi tidak ingin membayar kontan. Hanya saja menjelang akad kredit, sering kali konsumen bingung menentukan jangka waktu cicilan (tenor) kredit mobil tersebut. Bingung, berapa lamakah tenor yang menguntungkan?

Perusahaan leasing umumnya menghitung tenor dalam hitungan bulan. Pilihannya 12, 24, 36, 48, 60 sampai 72 bulan. Sebagian besar orang memilih tenor antara 3 sampai 5 tahun saja.

Nah, agar Otofriends bisa mengambil keputusan tepat, mari pahami cara mempertimbangkan jangka waktu kredit mobil bekas:

#1: Besar Cicilan Dan Bunga

6 Faktor Yang Mempengaruhi Tenor Kredit Mobil Bekas

Lamanya tenor berhubungan dengan besar cicilan. Tenor waktu yang lebih panjang, tentu cicilan lebih ringan. Begitu pula sebaliknya.  

Misalnya pada kredit mobil Rp 200 juta, cicilan bulanan untuk tenor 12 bulan bisa mencapai Rp9 juta per bulan. Bandingkan dengan tenor 60 bulan, cicilan hanya di angka Rp2,2 juta per bulan.

Jangka waktu cicilan juga menentukan besar bunga per tahun. Tenor yang lama, bunganya juga akan lebih kecil. Namun harus diingat, karena periode pembayaran yang lebih panjang, total akumulasi bunganya semakin besar.

#2: Harga Mobil Saat Pelunasan

Pesan Mobil, Layanan Beli Mobil Bekas Dari Rumah Saja

Jika tenor cukup panjang, harga jual mobil dapat mungkin akan jatuh atau banyak terdepresiasi saat cicilan selesai. Penyebabnya, penurunan nilai kendaraan di pasar.

Umumnya mobil akan terdepresiasi sekitar 10% per tahun. Gambarannya, jika harga beli mobil Rp250 juta, mungkin hanya akan laku terjual di angka Rp125 – 150 juta setelah 5 tahun.

Aplikasi OTOS

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas Secara Kredit? Simak Dulu 5 Fakta Ini

#3: Andai Terjadi Over Kredit

Mobil Bekas Mudah Dijual

Saat mengambil kredit, Otofriends harus yakin akan mampu melunasinya sampai tuntas. Andai tidak mampu melunasi, salah satu cara mengatasi adalah over kredit.

Namun harus diingat, semakin panjang tenor, akan semakin sulit mencari orang yang mau mengambilnya. Alasan orang biasanya karena kondisi mobil sudah tidak begitu mulus, angka odometer sudah tinggi, dan sudah tidak tren lagi di pasaran.

#4: Gaya Hidup Dan Nilai Jual

Beli Mobil Bekas Akhir Tahun

Keputusan tenor juga dipengaruhi kebiasaan pemilik, apakah sering bergonta-ganti mobil atau tidak. Jika sering melakukannya, maka sebaiknya ambil tenor pendek.

Mobil dengan pemakaian singkat umumnya memiliki nilai jual yang lebih bagus karena masih menjadi tren di pasaran. Apalagi jika kondisi angka odometernya masih sedikit. Kondisi juga masih relatif mulus.

#5: Penghasilan Debitur

6 Faktor Yang Mempengaruhi Tenor Kredit Mobil Bekas

Jika Otofriends adalah pekerja dengan pendapatan bulanan terbatas dan tetap, seperti karyawan swasta atau PNS, maka tenor panjang adalah pilihan bijaksana.

Begitu juga pada usaha rental mobil. Sebab usaha ini mengkategorikan mobil yang dibeli secara kredit sebagai modal barang dan menghasilkan pendapatan tetap. Pendapatan itulah yang digunakan untuk menutupi kredit mobil jangka panjang.

#6: Harga Beli Mobil

Mengenal Bursa Mobil Bekas Di Jakarta Dan Sekitarnya

Harga mobil yang tinggi bisa jadi pertimbangkan ambil tenor panjang, jika memang menginginkan cicilan lebih murah.

Namun jika Otofriends merasa sanggup membayar DP yang cukup besar dengan cicilan yang lebih tinggi, harga mobil tentu tidak menjadi persoalan. Ambil tenor yang lebih pendek, tentu relatif lebih menguntungkan.

Jual Santai Otospector

Baca juga: Beli Mobil Bekas Tunai atau Kredit. Lebih Untung Mana?

Bagaimana memastikan harga kredit mobil bekas yang diambil sesuai dengan kualitas unitnya?

Membeli mobil dengan kredit tentunya butuh komitmen jangka panjang untuk selalu membayar cicilan sesuai tenor yang dipilih. Karena itu rasanya gak asyik kalau di tengah jalan kondisi mobil sudah tidak sehat. Istilahnya, “banyak PR” yang mesti dikerjakan.

Untuk memastikan mobil bekas yang Otofriends pilih ada dalam kondisi sehat, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi yang menyeluruh, maka Otofriends dapat memiliki gambaran tentang kondisi mobil bekas. Tentu hal ini akan sangat membantu dalam mengambil keputusan pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

Maret 20, 2024
Banyak sekali pemilik mobil yang cuek mengenai bahayanya air hujan untuk mobil. Contohnya adalah seperti terlalu sering membiarkan air hujan mengering sendiri pada bagian bodi mobil dan tidak segera membersihkannya atau juga tidak segera mengelap dan tidak pula mencuci mobilnya. Walaupun cuma hanya terkena air hujan, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi kebiasaan serta dapat
Baca Lebih Lanjut

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut