6 Pertimbangan Saat Menentukan Tenor Kredit Mobil Bekas

Desember 16, 2021
By Thomas W
6 Pertimbangan Saat Menentukan Tenor Kredit Mobil Bekas-otospector

Kredit mobil bekas jadi solusi bagi konsumen yang ingin memiliki mobil tapi tidak ingin membayar kontan. Hanya saja menjelang akad kredit, sering kali konsumen bingung menentukan jangka waktu cicilan (tenor) kredit mobil tersebut. Bingung, berapa lamakah tenor yang menguntungkan?

Perusahaan leasing umumnya menghitung tenor dalam hitungan bulan. Pilihannya 12, 24, 36, 48, 60 sampai 72 bulan. Sebagian besar orang memilih tenor antara 3 sampai 5 tahun saja.

Nah, agar Otofriends bisa mengambil keputusan tepat, mari pahami cara mempertimbangkan jangka waktu kredit mobil bekas:

#1: Besar Cicilan Dan Bunga

6 Faktor Yang Mempengaruhi Tenor Kredit Mobil Bekas

Lamanya tenor berhubungan dengan besar cicilan. Tenor waktu yang lebih panjang, tentu cicilan lebih ringan. Begitu pula sebaliknya.  

Misalnya pada kredit mobil Rp 200 juta, cicilan bulanan untuk tenor 12 bulan bisa mencapai Rp9 juta per bulan. Bandingkan dengan tenor 60 bulan, cicilan hanya di angka Rp2,2 juta per bulan.

Jangka waktu cicilan juga menentukan besar bunga per tahun. Tenor yang lama, bunganya juga akan lebih kecil. Namun harus diingat, karena periode pembayaran yang lebih panjang, total akumulasi bunganya semakin besar.

#2: Harga Mobil Saat Pelunasan

Pesan Mobil, Layanan Beli Mobil Bekas Dari Rumah Saja

Jika tenor cukup panjang, harga jual mobil dapat mungkin akan jatuh atau banyak terdepresiasi saat cicilan selesai. Penyebabnya, penurunan nilai kendaraan di pasar.

Umumnya mobil akan terdepresiasi sekitar 10% per tahun. Gambarannya, jika harga beli mobil Rp250 juta, mungkin hanya akan laku terjual di angka Rp125 – 150 juta setelah 5 tahun.

Aplikasi OTOS

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas Secara Kredit? Simak Dulu 5 Fakta Ini

#3: Andai Terjadi Over Kredit

Mobil Bekas Mudah Dijual

Saat mengambil kredit, Otofriends harus yakin akan mampu melunasinya sampai tuntas. Andai tidak mampu melunasi, salah satu cara mengatasi adalah over kredit.

Namun harus diingat, semakin panjang tenor, akan semakin sulit mencari orang yang mau mengambilnya. Alasan orang biasanya karena kondisi mobil sudah tidak begitu mulus, angka odometer sudah tinggi, dan sudah tidak tren lagi di pasaran.

#4: Gaya Hidup Dan Nilai Jual

Beli Mobil Bekas Akhir Tahun

Keputusan tenor juga dipengaruhi kebiasaan pemilik, apakah sering bergonta-ganti mobil atau tidak. Jika sering melakukannya, maka sebaiknya ambil tenor pendek.

Mobil dengan pemakaian singkat umumnya memiliki nilai jual yang lebih bagus karena masih menjadi tren di pasaran. Apalagi jika kondisi angka odometernya masih sedikit. Kondisi juga masih relatif mulus.

#5: Penghasilan Debitur

6 Faktor Yang Mempengaruhi Tenor Kredit Mobil Bekas

Jika Otofriends adalah pekerja dengan pendapatan bulanan terbatas dan tetap, seperti karyawan swasta atau PNS, maka tenor panjang adalah pilihan bijaksana.

Begitu juga pada usaha rental mobil. Sebab usaha ini mengkategorikan mobil yang dibeli secara kredit sebagai modal barang dan menghasilkan pendapatan tetap. Pendapatan itulah yang digunakan untuk menutupi kredit mobil jangka panjang.

#6: Harga Beli Mobil

Mengenal Bursa Mobil Bekas Di Jakarta Dan Sekitarnya

Harga mobil yang tinggi bisa jadi pertimbangkan ambil tenor panjang, jika memang menginginkan cicilan lebih murah.

Namun jika Otofriends merasa sanggup membayar DP yang cukup besar dengan cicilan yang lebih tinggi, harga mobil tentu tidak menjadi persoalan. Ambil tenor yang lebih pendek, tentu relatif lebih menguntungkan.

Jual Santai Otospector

Baca juga: Beli Mobil Bekas Tunai atau Kredit. Lebih Untung Mana?

Bagaimana memastikan harga kredit mobil bekas yang diambil sesuai dengan kualitas unitnya?

Membeli mobil dengan kredit tentunya butuh komitmen jangka panjang untuk selalu membayar cicilan sesuai tenor yang dipilih. Karena itu rasanya gak asyik kalau di tengah jalan kondisi mobil sudah tidak sehat. Istilahnya, “banyak PR” yang mesti dikerjakan.

Untuk memastikan mobil bekas yang Otofriends pilih ada dalam kondisi sehat, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi yang menyeluruh, maka Otofriends dapat memiliki gambaran tentang kondisi mobil bekas. Tentu hal ini akan sangat membantu dalam mengambil keputusan pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut