17 Komponen Dalam Mesin Mobil

Juni 01, 2024
By Getan Metodius
17 Komponen Dalam Mesin Mobil-otospector

Sebagai pemilik kendaraan bermobil, alangkah baiknya untuk memahami setiap komponen mesin mobil. Pada dasarnya mesin mobil dapat membantu mengoptimalkan performa mobil serta kenyamanan pada saat akselerasi. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Dengan kamu sudah memahami setiap komponen mobil maka kamu juga akan mengetahui betapa sangat pentingnya memahami setiap komponen mesin mobil. Dan juga mengetahui cara untuk merawatnya dengan baik.

Ada juga komponen mesin mobil yang sangat wajib kamu ketahui sebagai pemilik mobil. Berikut ini ada beberapa komponen mesin mobil yang wajib kamu ketahui.

#1: Katup Hisap.

katup mesin mobil

Sumber: mobilmo

Katup hisap merupakan komponen dari bagian komponen kepala silinder. Dan fungsi dari katup hisap in adalah untuk pembuka saluran udara lalu ke ruang pembakaran mesin dapat terisi dengan udara sesuai kebutuhannya.

beli mobil bekas di tokopedia

#2: Katup Buang.

katup silinder mobil

Sumber: speedwork

Katup Buang merupakan bagian dari kepala silinder yang berfungsi untuk membuang sisa – sisa dari gas yang hasil pembakaran ke ruang bakar. Maka emisi gas tersebut akan terbuang sehingga nantinya akan diteruskan ke knalpot dan dibuang.

#3: Kepala Silinder.

kepala silinder mobil

Sumber: moservice

Kepala silinder ini akan terpasang bersama -sama dengan blok silinder, sehingga berfungsi sebagai wadah mekanisme dari katup mesin ke wadah busi.

#4: Cylinder Head Cover.

Cylinder head cover ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai penutup dari kepala silinder.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Blok Silinder.

blok silinder mobil

Sumber: Suzuki Indonesia

Blok Silinder ini merupakan komponen yang berfungsi untuk menopang dari beberapa komponen dari mesin lainnnya. Seperti dari oli pulen, gasket, piston, drainase plug, flywheel, sampai ke poros engkol. Dan fungsi lainnya dari blok silinder adalah sebagai jalur saat proses turun dan naik nya piston.

#6: Piston.

piston mobil

Sumber: Okezone Otomotif

Komponen dari piston merupakan komponen dari blok silinder, dan mempunyai fungsi yaitu sebagai pengatur atau pengontrol volume pembakaran bahan bakar yang berada di dalam ruang silinder.

Baca juga: Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang Drastis

#7: Busi.

Busi merupakan komponen dari bagian kepala silinder, yang berfungsi untuk menghasilkan bunga api pada saat sedang terjadinya proses pembakaran.

#8: Exhaust Manifold.

Komponen dari exhaust manifold adalah komponen  yang berfungsi sebagai pintu saluran pembuangan emisi gas buang sisa pembakaran ke ruang bakar yang biasakan akan dikeluarkan melalui knalpot.

#9: Intake Manifold.

Intake Manifold

Sumber: Montiro

Komponen dari intake manifold berfungsi sebagai pintu saluran udara pada saat udara akan masuk ke dalam bagian ruang silinder.

#10: Rocker Arm.

Komponen rocker arm adalah bagian dari kepala silinder, yang berfungsi untuk pengontrol celah katup.

#11: Poros Nok.

Intake Manifold

Sumber: AutoFun

Poros nok juga bagian dari kepala silinder, namun komponen ini berfungsi sebagai pengontrol dan penggerak dari katup hisap supaya katup dapat terbuka di waktu yang tepat.

Baca juga: Plus Minus Engine Flush Mesin Mobil

#12: Poros Engkol.

Komponen poros engkol ini berfungsi untuk mengubah energi turun dan naiknya piston untuk menjadi energi putaran.

#13: Ring Piston.

ring piston

Sumber: Gridoto

Komponen ring piston berfungsi untuk tetap menjaga kerapatan antara piston dengan dinding ring piston, sehingga tidak adanya kebocoran pada saat proses kompresi mesin sedang berlangsung.

#14: Gasket.

Gasket merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga kerapatan sambungan antara kepala silinder dengan blok silinder. Sehingga pelumas yang ada di dalam komponennya kelapa silinder dan di blok tidak bocor atau tidak rembes.

#15: Flywheel.

flywheel

Sumber: duitpintar

Flywheel merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan energi mesin ke kopling supaya putaran mesin bisa menjadi lebih stabil.

#16: Drain Plug.

drain plug

Sumber: Gaspol

Komponen drain plug berfungsi untuk mengeluarkan oli pada mesin di saat mobil sedang dalam penggantian oli.

#17: Oli PAN (Carter).

oli pan

Sumber: Gaspol

Komponen oli pan atau carter berfungsi untuk tempat penampungan oli mesin supaya oli mesin tetap berada di dalam mesin mobil. Sehingga oli dapat digunakan sebagai pelumas dan mendinginkan komponen mobil yang lain nya.

Beli mobil bekas harus berkualitas.

Untuk otofriends semua, yang mau beli mobil bekas jangan sampai mesinnya ambyar. Makanya biar nggak salah pilih, mending kamu pakai layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja.

Inspeksi mobil bekas Otospector adalah pionir jasa inspeksi mobil bekas di Indonesia dan menjani no 1 sampai saat ini. Jadi dengan layanan inspeksi mobil bekas ini, kamu nggak perlu takut beli mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil

Maret 26, 2024
Ketika Kamu mengemudi, apa yang menjadi panduan Kamu untuk memahami kesehatan mobil? Salah satu cara paling gampangnya adalah lampu indikator yang ada di dashboard mobil pastinya. Lampu-lampu ini bukan hanya pernak-pernik aja, mereka merupakan sistem komunikasi penting antara mobil dan pengemudi. Lampu ini memberikan informasi vital tentang kesehatan dan juga kinerja mobil. Pada pembahasan kali
Baca Lebih Lanjut

Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal. Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin.
Baca Lebih Lanjut

Harga Mobil Kijang Kapsul Bekas Per 2024

Maret 24, 2024
Meski sudah lebih dari 20 tahunan sejak pertama kali dipasarkan, Toyota Kijang Generasi Keempat atau dikenal sebagai mobil “Kijang kapsul” masih cukup diminati di pasaran mobil bekas. Respons para peminat yang masih tinggi serta harga yang tergolong masih stabil, menandai keberadaan MPV ini di pasaran yang seolah tak tergoyahkan. Tingginya minat pembeli terhadap mobil Kijang
Baca Lebih Lanjut