Sebagai pemilik kendaraan bermobil, alangkah baiknya untuk memahami setiap komponen mesin mobil. Pada dasarnya mesin mobil dapat membantu mengoptimalkan performa mobil serta kenyamanan pada saat akselerasi.
Dengan kamu sudah memahami setiap komponen mobil maka kamu juga akan mengetahui betapa sangat pentingnya memahami setiap komponen mesin mobil. Dan juga mengetahui cara untuk merawatnya dengan baik.
Ada juga komponen mesin mobil yang sangat wajib kamu ketahui sebagai pemilik mobil. Berikut ini ada beberapa komponen mesin mobil yang wajib kamu ketahui.
Sumber: mobilmo
Katup hisap merupakan komponen dari bagian komponen kepala silinder. Dan fungsi dari katup hisap in adalah untuk pembuka saluran udara lalu ke ruang pembakaran mesin dapat terisi dengan udara sesuai kebutuhannya.
Sumber: speedwork
Katup Buang merupakan bagian dari kepala silinder yang berfungsi untuk membuang sisa – sisa dari gas yang hasil pembakaran ke ruang bakar. Maka emisi gas tersebut akan terbuang sehingga nantinya akan diteruskan ke knalpot dan dibuang.
Sumber: moservice
Kepala silinder ini akan terpasang bersama -sama dengan blok silinder, sehingga berfungsi sebagai wadah mekanisme dari katup mesin ke wadah busi.
Cylinder head cover ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai penutup dari kepala silinder.
Sumber: Suzuki Indonesia
Blok Silinder ini merupakan komponen yang berfungsi untuk menopang dari beberapa komponen dari mesin lainnnya. Seperti dari oli pulen, gasket, piston, drainase plug, flywheel, sampai ke poros engkol. Dan fungsi lainnya dari blok silinder adalah sebagai jalur saat proses turun dan naik nya piston.
Sumber: Okezone Otomotif
Komponen dari piston merupakan komponen dari blok silinder, dan mempunyai fungsi yaitu sebagai pengatur atau pengontrol volume pembakaran bahan bakar yang berada di dalam ruang silinder.
Busi merupakan komponen dari bagian kepala silinder, yang berfungsi untuk menghasilkan bunga api pada saat sedang terjadinya proses pembakaran.
Komponen dari exhaust manifold adalah komponen yang berfungsi sebagai pintu saluran pembuangan emisi gas buang sisa pembakaran ke ruang bakar yang biasakan akan dikeluarkan melalui knalpot.
Sumber: Montiro
Komponen dari intake manifold berfungsi sebagai pintu saluran udara pada saat udara akan masuk ke dalam bagian ruang silinder.
Komponen rocker arm adalah bagian dari kepala silinder, yang berfungsi untuk pengontrol celah katup.
Sumber: AutoFun
Poros nok juga bagian dari kepala silinder, namun komponen ini berfungsi sebagai pengontrol dan penggerak dari katup hisap supaya katup dapat terbuka di waktu yang tepat.
Komponen poros engkol ini berfungsi untuk mengubah energi turun dan naiknya piston untuk menjadi energi putaran.
Sumber: Gridoto
Komponen ring piston berfungsi untuk tetap menjaga kerapatan antara piston dengan dinding ring piston, sehingga tidak adanya kebocoran pada saat proses kompresi mesin sedang berlangsung.
Gasket merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga kerapatan sambungan antara kepala silinder dengan blok silinder. Sehingga pelumas yang ada di dalam komponennya kelapa silinder dan di blok tidak bocor atau tidak rembes.
Sumber: duitpintar
Flywheel merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan energi mesin ke kopling supaya putaran mesin bisa menjadi lebih stabil.
Sumber: Gaspol
Komponen drain plug berfungsi untuk mengeluarkan oli pada mesin di saat mobil sedang dalam penggantian oli.
Sumber: Gaspol
Komponen oli pan atau carter berfungsi untuk tempat penampungan oli mesin supaya oli mesin tetap berada di dalam mesin mobil. Sehingga oli dapat digunakan sebagai pelumas dan mendinginkan komponen mobil yang lain nya.
Beli mobil bekas harus berkualitas.
Untuk otofriends semua, yang mau beli mobil bekas jangan sampai mesinnya ambyar. Makanya biar nggak salah pilih, mending kamu pakai layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja.
Inspeksi mobil bekas Otospector adalah pionir jasa inspeksi mobil bekas di Indonesia dan menjani no 1 sampai saat ini. Jadi dengan layanan inspeksi mobil bekas ini, kamu nggak perlu takut beli mobil bekas.
Bagikan