Mitos atau Fakta Menyalakan AC Mobil Tidak Boleh Langsung Full

Juni 26, 2024
By Getan Metodius
Mitos atau Fakta Menyalakan AC Mobil Tidak Boleh Langsung Full-otospector

Seperti yang kita ketahui jika AC mobil mampu membuat pengemudi dan penumpang nyaman saat berada di dalam nya. Lalu mitos atau fakta jika menyalakan AC mobil tidak boleh langsung full? 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

AC mobil merupakan komponen yang sangat penting, karena dengan ada nya AC di dalam mobil mampu membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, khusus nya jika sudah mudah memasuki cuaca panas. Tetapi, ada mitos mengenai AC mobil yang bisa jadi membuat kamu heran. 

Berikut ini adalah mitos atau fakta yang menarik untuk kamu ketahui.

#1: Ketika Mesin Mobil Sedang Dinyalakan AC Mobil Wajib Dinyalakan.

Menyalakan AC Mobil

Sumber: daihatsu

Faktanya : Sesungguhnya jika tidak dinyalakan sejak awal, alangkah baiknya kamu harus menunggu beberapa menit saat setelah mesin dinyalakan. Hal ini berfungsi agar minyak mesin tetap mengalir dan bekerja dengan baik sebelum AC mobil dinyalakan.

Mitos : Jika sebagian orang berpikir jika AC mobil wajib dinyalakan sejak mesin dalam keadaan menyala untuk bisa mencegah jika ada kerusakan pada fitur AC mobil.

#2: AC Mobil Bisa Menguras Bahan Bakar Bensin.

ac nyala bensin boros

Sumber: carro

Faktanya : Benar adanya, jika AC mobil dapat menguras Bahan Bakar Bensin. Tapi hanya sedikit bahan bakar atau bensin yang diambil. Namun perbedaannya tidak terlalu signifikan walaupun kamu mengemudi dengan kecepatan tinggi atau mengemudi pada saat dijalan tol.

Mitos : Ada yang meyakini jika AC mobil dinyalakan akan membuat bahan bakar bensin akan menguras bensin lebih banyak.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Mulai 250rb Biaya Perbaikan Untuk Pelek Mobil

#3: Perawatan AC Mobil Tidak Perlu Secara Rutin.

service ac mobil

Sumber: suzuki

Faktanya : Jika kamu rutin melakukan perawatan AC, seperti melakukan pengecekan tekanan freon, sampai membersihkan filter udara. Jika kamu melakukan perawatan rutin tersebut maka dapat membantu memperpanjang umur AC serta dapat mencegah jika ada kerusakan yang serius.

#4: Menutup Kaca Jendela Mobil Lebih Efisien.

menutup kaca mobil

Sumber: elang perkasa motor

Faktanya : Ternyata AC mobil tidak terlalu memerlukan kaca jendela yang tertutup untuk bisa bekerja secara efisien. Sebaliknya, kamu harus pastikan di mobil ada sirkulasi udara yang cukup baik, maka dari itu dengan kamu membuka kaca sedikit bisa membantu udara di mobil tidak terlalu pengap.

Mitos : Ada juga yan percaya jika menutup kaca mobil dalam keadaan yang rapat bisa membuat AC mobil bekerja dengan baik.

Berikut ini adalah tips yang aman jika ingin menyalakan AC mobil :

  • Sebelum ingin menyalakan AC mobil, alangkah baiknya kamu membuka jendela mobil terlebih dahulu, lalu tunggu hingga beberapa menit untuk sekedar mengeluarkan udara yang panas, yang berada di dalam mobil kamu.
  • Setelah beberapa menit kamu bisa menyalakan AC lalu gunakan volume yang rendah lalu tingkatkan secara bertahap.
  • Baiknya gunakan filter AC yang dijamin kualitasnya dan jangan lupa untuk bersihkan AC secara rutin.
  • Jangan menggunakan pengharum mobil yang berbahan kimia berbahaya.
  • Rutin melakukan perawatan AC untuk sekedar memastikan kondisi AC tetap dalam keadaan baik.

Baca juga: Honda Brio Bekas 70 Juta

Dengan kamu mengetahuinya mitos dan fakta diatas, kamu bisa menjadi lebih bijak jika sedang menggunakan AC mobil, dan jika kamu merawatnya dengan baik maka bisa menciptakan kenyamanan saat berkendara, dan pastikan kamu selalu rutin melakukan perawatan AC mobil agar AC mobil kamu bisa awet dan tahan lama serta dapat bekerja secara optimal.  

Maka dari itu jangan mudah percaya mengenai fakta atau mitos nya tentang AC mobil. Dan pastikan kamu selalu mencari tahu tentang fakta dan mitos dari AC mobil. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Pastikan beli mobil bekas dengan AC yang sehat:

Buat temen-temen yang mau beli mobil bekas dan bingung harus mengecek bagian apa, kamu butuh pihak independen profesional Otospector nih. Biar otofriends tinggal tunggu laporannya aja.

Jasa inspeksi mobil bekas Otospector akan melakukan pengecekan mobil dari A sampai Z. Termasuk komponen pendingin atau AC, kamu bisa memilih mana mobil yang bisa beneran kamu beli nantinya.

Ditambah lagi ketika mobil lolos inspeksi Otospector akan mendapatkan garansi sampai 1 tahun loh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Penyebab RPM Mobil Matic Naik Turun?

Mei 19, 2024
RPM mobil matic yang naik turun adalah tanda adanya ketidakberesan pada mesin atau sistem idle speed control. Pengemudi yang peduli kepada mobilnya, tentu bakal terganggu  dengan kondisi ini. Tetapi sebenarnya, yang lebih parah lagi kondisi ini bakal menyebabkan performa mobil yang tidak optimal bahkan mengakibatkan kerusakan. Kondisi RPM mobil matic yang naik turun bisa menyebabkan
Baca Lebih Lanjut

Cara Mudah Mengetahui Kaca Film Asli atau Palsu

Mei 18, 2024
Seperti yang kita ketahui, kaca film merupakan komponen yang sangat penting, karena berfungsi sebagai untuk penolak panas ketika kita di kabin mobil dan juga berfungsi untuk menjaga privasi penumpang. Di zaman sekarang ini banyak sekali merek kaca film yang mudah ditemui baik itu asli atau palsu. Tapi kalau nggak hati-hati kamu bisa dapetin yang aspal,
Baca Lebih Lanjut

Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Mei 16, 2024
Mungkin Otofriends pernah merasakan rem mobil terkunci secara tiba-tiba. Awalnya mungkin ada rasa panik, karena mobil tidak mau bergerak, meski persneling sudah masuk dan mobil siap jalan. Baru setelah dicoba berkali-kali, akhirnya rem yang terkunci itu biasanya baru terlepas. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya di atas 2 minggu, memang berisiko mengalami rem
Baca Lebih Lanjut