Mitos atau Fakta Menyalakan AC Mobil Tidak Boleh Langsung Full

Juni 26, 2024
By Getan Metodius
Mitos atau Fakta Menyalakan AC Mobil Tidak Boleh Langsung Full-otospector

Seperti yang kita ketahui jika AC mobil mampu membuat pengemudi dan penumpang nyaman saat berada di dalam nya. Lalu mitos atau fakta jika menyalakan AC mobil tidak boleh langsung full? 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

AC mobil merupakan komponen yang sangat penting, karena dengan ada nya AC di dalam mobil mampu membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, khusus nya jika sudah mudah memasuki cuaca panas. Tetapi, ada mitos mengenai AC mobil yang bisa jadi membuat kamu heran. 

Berikut ini adalah mitos atau fakta yang menarik untuk kamu ketahui.

#1: Ketika Mesin Mobil Sedang Dinyalakan AC Mobil Wajib Dinyalakan.

Menyalakan AC Mobil

Sumber: daihatsu

Faktanya : Sesungguhnya jika tidak dinyalakan sejak awal, alangkah baiknya kamu harus menunggu beberapa menit saat setelah mesin dinyalakan. Hal ini berfungsi agar minyak mesin tetap mengalir dan bekerja dengan baik sebelum AC mobil dinyalakan.

Mitos : Jika sebagian orang berpikir jika AC mobil wajib dinyalakan sejak mesin dalam keadaan menyala untuk bisa mencegah jika ada kerusakan pada fitur AC mobil.

#2: AC Mobil Bisa Menguras Bahan Bakar Bensin.

ac nyala bensin boros

Sumber: carro

Faktanya : Benar adanya, jika AC mobil dapat menguras Bahan Bakar Bensin. Tapi hanya sedikit bahan bakar atau bensin yang diambil. Namun perbedaannya tidak terlalu signifikan walaupun kamu mengemudi dengan kecepatan tinggi atau mengemudi pada saat dijalan tol.

Mitos : Ada yang meyakini jika AC mobil dinyalakan akan membuat bahan bakar bensin akan menguras bensin lebih banyak.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Mulai 250rb Biaya Perbaikan Untuk Pelek Mobil

#3: Perawatan AC Mobil Tidak Perlu Secara Rutin.

service ac mobil

Sumber: suzuki

Faktanya : Jika kamu rutin melakukan perawatan AC, seperti melakukan pengecekan tekanan freon, sampai membersihkan filter udara. Jika kamu melakukan perawatan rutin tersebut maka dapat membantu memperpanjang umur AC serta dapat mencegah jika ada kerusakan yang serius.

#4: Menutup Kaca Jendela Mobil Lebih Efisien.

menutup kaca mobil

Sumber: elang perkasa motor

Faktanya : Ternyata AC mobil tidak terlalu memerlukan kaca jendela yang tertutup untuk bisa bekerja secara efisien. Sebaliknya, kamu harus pastikan di mobil ada sirkulasi udara yang cukup baik, maka dari itu dengan kamu membuka kaca sedikit bisa membantu udara di mobil tidak terlalu pengap.

Mitos : Ada juga yan percaya jika menutup kaca mobil dalam keadaan yang rapat bisa membuat AC mobil bekerja dengan baik.

Berikut ini adalah tips yang aman jika ingin menyalakan AC mobil :

  • Sebelum ingin menyalakan AC mobil, alangkah baiknya kamu membuka jendela mobil terlebih dahulu, lalu tunggu hingga beberapa menit untuk sekedar mengeluarkan udara yang panas, yang berada di dalam mobil kamu.
  • Setelah beberapa menit kamu bisa menyalakan AC lalu gunakan volume yang rendah lalu tingkatkan secara bertahap.
  • Baiknya gunakan filter AC yang dijamin kualitasnya dan jangan lupa untuk bersihkan AC secara rutin.
  • Jangan menggunakan pengharum mobil yang berbahan kimia berbahaya.
  • Rutin melakukan perawatan AC untuk sekedar memastikan kondisi AC tetap dalam keadaan baik.

Baca juga: Honda Brio Bekas 70 Juta

Dengan kamu mengetahuinya mitos dan fakta diatas, kamu bisa menjadi lebih bijak jika sedang menggunakan AC mobil, dan jika kamu merawatnya dengan baik maka bisa menciptakan kenyamanan saat berkendara, dan pastikan kamu selalu rutin melakukan perawatan AC mobil agar AC mobil kamu bisa awet dan tahan lama serta dapat bekerja secara optimal.  

Maka dari itu jangan mudah percaya mengenai fakta atau mitos nya tentang AC mobil. Dan pastikan kamu selalu mencari tahu tentang fakta dan mitos dari AC mobil. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Pastikan beli mobil bekas dengan AC yang sehat:

Buat temen-temen yang mau beli mobil bekas dan bingung harus mengecek bagian apa, kamu butuh pihak independen profesional Otospector nih. Biar otofriends tinggal tunggu laporannya aja.

Jasa inspeksi mobil bekas Otospector akan melakukan pengecekan mobil dari A sampai Z. Termasuk komponen pendingin atau AC, kamu bisa memilih mana mobil yang bisa beneran kamu beli nantinya.

Ditambah lagi ketika mobil lolos inspeksi Otospector akan mendapatkan garansi sampai 1 tahun loh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fakta Seputar Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF

Juni 03, 2024
Wacana pemberlakuan bayar tol tanpa berhenti, sepertinya semakin dekat dengan realisasinya. Kepastian ini didapat setelah selama setahun kemarin sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau dikenal dengan Multi Lane Free Flow (MLFF) sudah diuji di beberapa pintu tol, di Jawa dan Bali. Dengan sistem MLFF ini, nantinya mobil tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol
Baca Lebih Lanjut

17 Komponen Dalam Mesin Mobil

Juni 01, 2024
Sebagai pemilik kendaraan bermobil, alangkah baiknya untuk memahami setiap komponen mesin mobil. Pada dasarnya mesin mobil dapat membantu mengoptimalkan performa mobil serta kenyamanan pada saat akselerasi.  Dengan kamu sudah memahami setiap komponen mobil maka kamu juga akan mengetahui betapa sangat pentingnya memahami setiap komponen mesin mobil. Dan juga mengetahui cara untuk merawatnya dengan baik. Ada
Baca Lebih Lanjut

Di Apps Ini, Beli Mobil Bekas Serasa Beli Mobil Baru!

Mei 31, 2024
Di masa lalu kalau ada konsumen beli mobil bekas, mereka merasa tidak punya banyak pilihan. Setelah mobil dibeli dan dibayar lunas, maka mobil diterima apa adanya,  tidak ada garansi, dan selalu ada risiko atas kerusakan tidak terduga. Kabar baiknya, kini situasi di pasaran mobil bekas sudah berbeda. Beli mobil bekas bisa seperti mobil baru. Bahkan
Baca Lebih Lanjut