Bikin Kaget Deretan Mobil Baru di GIIAS 2024

Juli 02, 2024
By Thomas W
Bikin Kaget Deretan Mobil Baru di GIIAS 2024-otospector

Salah satu momen paling ditunggu-tunggu para pencinta otomotif adalah deretan mobil baru di GIIAS 2024. Pameran industri otomotif terbesar di Indonesia ini memang menjadi salah satu ajang perkenalan mobil-mobil baru yang akan dilepas ke pasaran, sekaligus ada beberapa yang bisa langsung dipesan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

GIIAS 2024 kali ini akan terasa istimewa karena menjadi ajang penyelenggaraan paling besar, sepanjang event ini digelar. Ini terlihat dari luasnya jumlah area pameran yang mencapai 12.000 meter persegi, serta jumlah peserta yang berpartisipasi. Tentu, termasuk jumlah mobil-mobil baru yang bakal diluncurkan. 

Apa saja fakta-fakta yang layak disimak menyangkut mobil baru di GIIAS 2024?  Yuk kita bedah satu per satu:

#1: Jumlah Mobil Baru yang Bakal Diluncurkan

Booth Daihatsu GIIAS 2023

Sumber: Astra Daihatsu Motor

Dalam GIIAS 2024 mobil baru yang rencananya bakal diluncurkan, jumlahnya tidak kurang dari 40 buah. 

Jumlah ini terhitung besar, karena memang pameran kali ini kabarnya akan diikuti tidak kurang dari 50 merek, baik dari Asia seperti Jepang, Korea Selatan, China dan Vietnam; juga dari Eropa. 

Hanya saja, harus dipahami, tidak mobil-mobil tersebut tidak selalu langsung dilepas ke pasaran. Ada yang sifatnya memang eksibisi karena baru sebatas konsep. Selain tentu ada beberapa pertimbangan dari Agen Pemegang Merek sebelum mobil bisa dijual.

Baca juga:  Gak Cuma BYD, Ini Deretan Mobil Listrik Di GIIAS 2024

#2: Mobil Dari Merek Jepang

pabrikan mobil asal jepang

Sumber: Toyota Astra Motor

Toyota kabarnya bakal meluncurkan dua model barunya. Pertama adalah All New Prius yang selama ini dikenal sebagai salah satu pelopor di pasar mobil listrik. Sedangkan yang lain adalah salah satu dari model Gazoo Racing yakni Toyota GR Yaris transmisi otomatis

Sementara itu Honda kabarnya bakal menampilkan lima model mobil baru yang semuanya berteknologi elektrifikasi. Meski tidak resmi, namun diperkirakan mobil-mobil itu antara lain Honda Sustaina-C, Honda StepWGN e:HEV, dan Honda e:N1. 

Menyusul Mitsubishi juga kabarnya bakal meluncurkan beberapa model terbarunya. Meski informasinya belum resi, tetapi diperkirakan Mitsubishi All New Triton dan Mitsubishi XForce ADAS. 

Nissan juga termasuk brand yang bakal memamerkan mobil baru terbanyak. Nama-namanya antara lain Nissan Serena e-Power, Nissan Hyper Tourer Concept, Nissan X-Trail e-Power, Nissan Sakura, dan Nissan Ariya.

Beberapa merek asal Jepang lainnya juga dipastikan bakal menampilkan model-model terbaru, seperti Suzuki, Daihatsu, Lexus, dan Mazda. Sayangnya informasinya masih tertutup rapat.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Mobil dari Merek Asal Tiongkok

Baic X55 II

Sumber: Otoinfo

Merek-merek asal Tiongkok memang bakal merajai pameran ini. Dimulai dari BAIC yang merupakan debutan di GIIAS ini, bakal membawa BAIC BJ40 Plus dan BAIC X55 II. 

Sementara itu BYD yang juga termasuk pendatang baru, rencananya akan membawa beberapa model yang masih rahasia. Namun diperkirakan adalah BYD M6 dan BYD Yangwang U8.

Ada juga Chery yang kabarnya bakal memperkenalkan dua model baru yaitu Chery Tiggo 8 Pro Max. Lainnya adalah sebuah SUV 7 seater-nya yang khusus untuk pasar Indonesia.

Beberapa merek lain yang sudah menyatakan akan memamerkan produk-produk barunya tetapi masih rahasia antara lain BYD,  MG, GAC Aion, GWM, dan Neta. 

Menariknya, dalam GIIAS 2024 ini juga akan diramaikan oleh beberapa sub-brand, antara lain grup Chery yang akan memperkenalkan Jaecoo dan Jetour, serta GAC Aion memperkenalkan Hyper. 

#4: Mobil Dari Negara Asia Lain

Kia Carnival HEV

Sumber: Carmudi

Pabrikan dari Korea Selatan yaitu Kia memastikan akan meluncurkan empat model baru. Nama-namanya diperkirakan adalah Kia Sonet facelift,  Kia Seltos facelift, Kia EV9 New Variant, dan Kia Carnival HEV

Sementara itu Hyundai juga berencana meluncurkan produk baru yang semuanya ada di dalam pasar elektrifikasi. Antara lain Hyundai All New Kona EV, Hyundai Ioniq 5 N, dan Hyundai N Vision 74.

Sedangkan merek asal Vietnam, Vinfast tetap akan berpartisipasi namun tidak ada kabar apakah akan masuk dalam deretan mobil baru di GIIAS 2024 ini. Awal Juli 2024, Vinfast sudah memasarkan produk terbarunya yaitu VF 5. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Mobil Dari Merek Eropa

Volvo EX30

Sumber: Volvocars.com

Dari Eropa, ada pabrikan Mercedes-Benz yang akan merilis beberapa model baru, antara lain Mercedes-Benz E-Class baru, Mercedes AMG C63 SE, dan Mercedes AMG GLC 43 Coupe. 

Mercedes kabarnya akan membawa juga merek Smart dengan model Smart Brabus. 

Kabar dari Porsche, merek ini juga akan menghadirkan  dua model barunya. Namun dipastikan akan hadir Porsche Macan EV yang baru-baru ini tampil perdana di depan publik. 

Terakhir dalam deretan mobil baru GIIAS 2024 ini adalah Volvo yang menyatakan akan membawa lima unit display, yaitu dua model Plug-In Hybrid (PHEV) dan tiga model Battery Electric Vehicle (BEV). Satu yang terbaru adalah EX30 yang sudah diluncurkan di dunia pertengahan tahun 2023. 

Baca juga: 18-28 Juli GIIAS 2024 Siap Menggebrak Tanah Air

Mobil yang laku di pasaran apa benar harganya stabil?

Mobil yang pernah tercatat sebagai mobil yang laris di pasaran dan populer memang harganya cenderung stabil. Ini mengingat peminat mobil itu juga relatif banyak.

Mobil semacam ini juga punya populasi yang banyak, sehingga ketersediaan spare part yang banyak. Namun semua itu juga dipengaruhi usia kendaraan dan kondisinya.

Kalau Otofriends ingin melakukan pengecekan mobil bekas, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jangan Diabaikan Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah

Mei 24, 2024
Jika Otofriends termasuk pengemudi yang aktif dan peduli pada perawatan mobil, maka sebaiknya harus peka pada ciri-ciri rem mobil bermasalah. Pasalnya, fungsi rem mobil sangatlah vital untuk menunjang keselamatan berkendara. Terutama, jika Otofriends sering berpergian jarak jauh dengan kecepatan tinggi. Mengingat pentingnya fungsi rem, tak heran jika sistem ini termasuk piranti yang wajib dicek kondisinya
Baca Lebih Lanjut

Cuma 300rban Inspeksi Mobil Bekas Otospector

Mei 23, 2024
Transaksi mobil bekas kini semakin banyak otofriends, dimana kamu bisa mendapatkan mobil bagus dengan harga sangat terjangkau. Apalagi kalau kita tahu nih beli mobil baru itu bisa kena depresiasi yang cukup besar loh. Makanya nggak heran kan banyak banget orang yang mau beli mobil bekas, dan ini sejalan dengan makin maraknya dealer mobil bekas. Boleh
Baca Lebih Lanjut

Update Biaya Balik Nama dan Mutasi Mobil Terbaru 2024

Mei 23, 2024
Bersyukur kalau sudah bisa beli mobil, untuk otofriends yang baru beli mobil bekas mungkin bingung nih akan beberapa hal. Seperti berapa sih biaya balik nama dan mutasi mobil, bang min bakalan jabarin dengan lengkap di artikel berikut ini. Langkah selanjutnya ketika Otofriends sudah belu mobil bekas dari dealer terbaik seperti dealer rekanan otospector. Otofriends bisa
Baca Lebih Lanjut