18-28 Juli GIIAS 2024 Siap Menggebrak Tanah Air

Juni 16, 2024
By Thomas W
18-28 Juli GIIAS 2024 Siap Menggebrak Tanah Air-otospector

Ajang pameran mobil terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show 2024 atau GIIAS 2024 akan segera digelar pada bulan Juli 2024. Pameran tahun ini disebut-sebut sebagai pameran yang terbesar yang penah diselenggarakan selama ini, kalau dihitung dari segi jumlah peserta pameran. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Bukan cuma peserta, jumlah mobil baru dan produk yang akan tampil dalam acara ini juga dikatakan lebih banyak dari biasanya. GIIAS 2024 di Tangerang juga akan menjadi pembuka dari rangkaian GIIAS di sejumlah kota di Indonesia. Kota mana saja?

Yuk, kita lihat beberapa fakta tentang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini:

#1: Penyelenggaraan GIIAS 2024

penyelenggaraan GIIAS 2024

Sumber: Indonesiaautoshow.com

Ajang GIIAS 2024 atau GIIAS The Series bakal diawali dengan penyelenggaraan di Tangerang pada 18 – 28 Juli 2024. Bertempat di ICE BSD, BSD-City, Kabupaten Tangerang. 

Rangkaian GIIAS The Series akan berlanjut di tiga kota lain yaitu GIIAS Surabaya di 28 Agustus – 1 September 2024 di Grand City Convex, Surabaya. Kemudian GIIAS Bandung pada 25 – 29 September 2024 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung. Lalu terakhir ada GIIAS Semarang pada 23 – 27 Oktober 2024 di Muladi Dome Undip, Semarang.

Baca juga: Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD

#2: Perbedaan Dengan Event Sebelumnya 

Perbedaan dengan event GIIAS sebelumnya

Sumber: Bisnis.com

Penyelenggaraan GIIAS 2024 lebih awal dibanding penyelenggaraan event serupa tahun-tahun sebelumnya yang biasa digelar pada bulan Agustus.

Menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, alasan dimajukannya jadwal GIIAS 2024 karena tahun ini ada pameran-pameran khusus untuk komersial selain GIIAS. Selain itu ada juga agenda politik berupa Pilkada Serentak. 

Karena membludaknya peserta dan diperkirakan bakal menjadi pameran terbesar, maka area pameran pada tahun ini juga akan memenuhi total 11 area hall ICE BSD-City Kab. Tangerang, dengan ada penambahan satu hall baru, yaitu Hall 11 seluas 12.000 meter persegi.

beli mobil bekas di tokopedia

 #3: Peserta Pameran Membludak 

Peserta pameran GIIAS 2024 membludak

Sumber: Sindonews.com

Dalam ajang GIIAS 2024 dipastikan akan hadir total 55 merek kendaraan bermotor dari berbagai negara. Rinciannya ada 31 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaeco, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling.

Akan hadir pula empat merek dari kendaraan komersial hadir yaitu Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, UD Trucks. Serta 20 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis, Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kuprum, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Vmove, Volta dan ZPT.

Ada pula tiga merek Karoseri yaitu Adiputro, Laksana, dan Tentrem, serta lebih dari 120 merek peserta dari industri pendukung.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Beberapa Mobil Baru Yang Akan Diluncurkan

Beberapa mobil baru yang akan diluncurkan

Sumber: Blackxperience.com

Berbagai merek sudah menyatakan bakal meluncurkan produk-produk terbarunya di GIIAS 2024 ini, antara lain Honda akan menampilkan lima model mobil baru yang menggunakan teknologi elektrifikasi. 

Sementara itu Toyota bakal meluncurkan dua model baru, salah satunya diduga adalah All New Prius. Sedangkan model lain diduga adalah Toyota GR Yaris dengan transmisi otomatis.

Kia berencana untuk meluncurkan empat model baru. Dua model telah diungkap, yaitu Kia Sonet facelift dan Kia Seltos facelift. 

Mercedes-Benz tidak mau ketinggalan akan merilis beberapa model baru, termasuk Mercedes-Benz E-Class baru, Mercedes AMG C63 SE, Mercedes AMG GLC 43 Coupe.

Berbagai merek lain seperti BAIC, Chery, GAC Aion, Lexus, Porsche, Mitsubishi, dll., juga sudah mengumumkan akan meluncurkan produk baru, namun perinciannya masih rahasia. 

#5: Tiket GIIAS 2024

Tiket GIIAS 2024

Sumber: Gridoto.com

Pemesanan tiket GIIAS 2024 dibuka mulai 14 Juni 2024 lewat tahap pre-sale Biggest Offer Ever dengan harga Rp 20 ribu dengan memilih kedatangan di weekends atau weekdays. 

Pada penjualan pre-sale ini akan ada diskon yaitu pre-sale pertama dibuka pada 19-21 Juni 2024 dengan diskon 50 persen dan pre-sale kedua dibuka pada 26-28 Juni 2024 dengan diskon sebesar 25 persen.

Untuk pemesanan tiket normal dibuka pada 29 Juni 2024 melalui Aplikasi Auto360, dengan harga Rp 50 ribu (weekdays), Rp 100 ribu (weekends), dan Rp 250 ribu (VIP). Sedangkan untuk tiket on-site dijual dengan harga Rp 75 ribu (weekdays), Rp 125 ribu (weekends), dan Rp 300 ribu (VIP).

Baca juga: 4 Cara Cek Kerusakan Transmisi Manual

Apakah mobil yang populer di pasaran harga bekasnya cenderung stabil?

Mobil-mobil yang populer di pasaran, harganya memang cenderung lebih stabil karena peminatnya memang relatif banyak.

Selain itu, mobil semacam ini juga punya ketersediaan spare part yang banyak, sehingga orang tidak ragu untuk membelinya. Namun semua itu juga dipengaruhi usia kendaraan dan kondisinya.

Kalau Otofriends ingin melakukan pengecekan mobil bekas, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Cara Cepat Cek Nomor Rangka Mobil

Juni 11, 2024
Ketika kamu sudah memiliki kendaraan, kamu juga harus mengetahui nomor rangka kendaraan. Dengan kamu mengetahui nomor rangka kendaraan tersebut kamu bisa memastikan jika kendaraan tersebut sudah terdaftar resmi. Untuk nomor rangka mobil merupakan 17 deretan dar kombinasi huruf dan angka yang bisa membantu membuktikan keaslian kendaraan tersebut. Nomor rangka kendaraan juga bisa kamu cek di
Baca Lebih Lanjut

Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD

Juni 10, 2024
Kelebihan dan kekurangan RWD belakangan sering dibicarakan orang, terutama karena sekarang ini, mobil-mobil keluaran terbaru banyak menggunakan sistem FWD. Sebut saja mobil-mobil MPV populer produksi dari Toyota, Mitsubishi, atau Suzuki, umumnya sudah memilih memakai FWD. Di masa lalu memang banyak mobil-mobil legendaris menggunakan RWD, tapi karena berbagai pertimbangan, sistem ini mulai ditinggalkan oleh produsen. Akibatnya,
Baca Lebih Lanjut

6 Mobil Harga 20 Jutaan Yang Masih Layak Dilirik 2024

Juni 10, 2024
Sekilas mungkin sebagian orang akan bingung ketika mendengar kata-kata: “mobil harga 20 jutaan”. Tapi jangan heran kalau kemudian akhirnya mereka malah jadi penasaran: mobil harga segitu kira-kira bentuknya kayak apa? Mobil bekas 20 jutaan ada disini. Dengan anggaran yang minim tersebut tentu kita tidak bisa berharap terlalu banyak. Namun bukan berarti sama sekali tidak ada
Baca Lebih Lanjut