Yang namanya berkendara itu, kita harus pastiin mobil harus sehat dan dalam kondisi terbaik. Kamu perlu cek mulai dari kondisi mesin sampai juga pada kondisi komponen terluar mobil yaitu ban. Ada satu kondisi dimana mengemudi jadi tidak nyaman dan berbahaya, yaitu goyangnya setir mobil.
Kondisi ini tentu bikin nyetir jadi tidak nyaman, sang pengemudi juga harus ekstra hati-hati dengan kondisi buruk seperti ini. Kita cari tahu dulu yuk penyebab setir mobil ini goyang.
Sumber: Kompas
Masalah pertama yang menjadi penyebab setir mobil jadi goyang atau begetar adalah terdapat masalah pada kondisi pelek mobil. Seperti contohnya ada penyok dibagian pelek, ini bisa membuat tekanan angin ban jadi berkurang.
Penyebab penyoknya pelek ini bisa jadi karena kondisi jalanan yang jelek, entah banyak lubang atau tidak rata dan juga terlalu terjal. Ini tentu berdampak pada keseimbangan mobil saat melaju, jadi bikin kemudi bergerak dari kanan dan kiri.
Sumber: Suzuki Indonesia
Penyebab setir mobil jadi getar atau goyang selanjutnya adalah ausnya link stabilizer. Komponen stabilizer adalah komponen yang punya fungsi untuk menahan guncangan mobil saat melewati jalanan bergelombang bahkan jalanan rusak. Jika komponen ini rusak, maka kendali dari mobil jadi tidak enak otofriends.
Sumber: Carvaganza
Kita tahu kalau kondisi ban dan juga kaki-kaki itu sangat berpengaruh langsung pada kemudi. Jika ada masalah maka akan langsung terasa saat kita mengemudi otofriends. Indikasi lain setir jadi goyang adalah kamu tidak melakukan perawatan spooring dan balancing.
Spooring dan balancing bisa bermanfaat menyeimbangkan kembali kondisi ban dan juga laju mobil. Spooring balancing juga secara langsung berguna untuk merawat kondisi kaki-kaki mobil untuk tetap dalam performa terbaiknya dan tidak cepat aus.
Sumber: Toyota Astra
Sebetulnya kalau kampas rem itu habis normalnya tidak langsung berasa pada kemudi, tapi itu berlaku jika kampas rem habis secara bersamaan antara kanan dan kiri. Kalau kampas rem habis hanya sebelah, bisa berdampak pada goyangnya setir mobil.
Karena komponen ini berfungsi sebagai penjepit piringan cakram atau juga tromol, jika salah satunya habis, kendaraan jadi tidak seimbang dalam mengerem.
Sumber: Kompas
Kondisi ban mobil benjol atau menggelembung juga menjadi salah satu faktor setir goyang loh otofriends. Penyebab ban benjol bisa jadi karena umur ban, lalu juga sering menghantam lubang ataupun jalanan rusak.
Ketika ada benjolan, akan membuat laju ban jadi tidak seimbang dan langsung terasa nih saat kamu nyetir, makanya pastiin jangan sampai terlalu lama tidak ganti ban, apalagi sudah tipis atau banyak tambalan.
Sumber: Freepik
Suspensi adalah sistem yang memiliki fungsi cukup penting, karena komponen ini bertugas untuk menyerap getaran saat kita berkendara. Kalau suspensi ada kendala, tentu akan terasa tidak stabil saat kita mengemudi, salah satunya setir jadi goyang ke sisi kanan atau kiri.
Buat kamu yang sering bepergian dengan mobil setiap hari, sering-seringlah melakukan pengecekan ringan. Seperti pada sisi ban mobil, kaki-kaki dan juga keseimbangan mobil kamu.
Karena ini cukup penting dan bisa berdampak pada diri kamu dan pengguna jalan lainnya. Penting juga untuk kamu yang berniat beli mobil bekas untuk melakukan pengecekan pada sektor ini, agar tidak banyak uang kamu keluarkan hanya untuk perbaikan sisi kaki-kaki, ban dan juga kemudi. Gunakan jasa inspeksi mobil bekas independen Otospector biar kamu tidak salah pilih mobil ya.
Bagikan