Bikin Gak Nyaman Kalau Setir Mobil Goyang

Januari 20, 2024
By Getan Metodius
Bikin Gak Nyaman Kalau Setir Mobil Goyang-otospector

Yang namanya berkendara itu, kita harus pastiin mobil harus sehat dan dalam kondisi terbaik. Kamu perlu cek mulai dari kondisi mesin sampai juga pada kondisi komponen terluar mobil yaitu ban. Ada satu kondisi dimana mengemudi jadi tidak nyaman dan berbahaya, yaitu goyangnya setir mobil.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kondisi ini tentu bikin nyetir jadi tidak nyaman, sang pengemudi juga harus ekstra hati-hati dengan kondisi buruk seperti ini. Kita cari tahu dulu yuk penyebab setir mobil ini goyang.

#1: Ada problem pada pelek mobil.

pelek ban mobil penyok

Sumber: Kompas

Masalah pertama yang menjadi penyebab setir mobil jadi goyang atau begetar adalah terdapat masalah pada kondisi pelek mobil. Seperti contohnya ada penyok dibagian pelek, ini bisa membuat tekanan angin ban jadi berkurang.

Penyebab penyoknya pelek ini bisa jadi karena kondisi jalanan yang jelek, entah banyak lubang atau tidak rata dan juga terlalu terjal. Ini tentu berdampak pada keseimbangan mobil saat melaju, jadi bikin kemudi bergerak dari kanan dan kiri.

#2: Rusaknya link stabilizer mobil.

link stabilizer mobil

Sumber: Suzuki Indonesia

Penyebab setir mobil jadi getar atau goyang selanjutnya adalah ausnya link stabilizer. Komponen stabilizer adalah komponen yang punya fungsi untuk menahan guncangan mobil saat melewati jalanan bergelombang bahkan jalanan rusak. Jika komponen ini rusak, maka kendali dari mobil jadi tidak enak otofriends.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: 5 Manfaat Dari Spooring Dan Balancing Terbaru 2024

#3: Tidak melakukan spooring dan balancing.

spooring balancing

Sumber: Carvaganza

Kita tahu kalau kondisi ban dan juga kaki-kaki itu sangat berpengaruh langsung pada kemudi. Jika ada masalah maka akan langsung terasa saat kita mengemudi otofriends. Indikasi lain setir jadi goyang adalah kamu tidak melakukan perawatan spooring dan balancing.

Spooring dan balancing bisa bermanfaat menyeimbangkan kembali kondisi ban dan juga laju mobil. Spooring balancing juga secara langsung berguna untuk merawat kondisi kaki-kaki mobil untuk tetap dalam performa terbaiknya dan tidak cepat aus.

#4: Habisnya kampas rem.

kampas rem mobil

Sumber: Toyota Astra

Sebetulnya kalau kampas rem itu habis normalnya tidak langsung berasa pada kemudi, tapi itu berlaku jika kampas rem habis secara bersamaan antara kanan dan kiri. Kalau kampas rem habis hanya sebelah, bisa berdampak pada goyangnya setir mobil.

Karena komponen ini berfungsi sebagai penjepit piringan cakram atau juga tromol, jika salah satunya habis, kendaraan jadi tidak seimbang dalam mengerem.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Ban mobil benjol.

ban benjol

Sumber: Kompas

Kondisi ban mobil benjol atau menggelembung juga menjadi salah satu faktor setir goyang loh otofriends. Penyebab ban benjol bisa jadi karena umur ban, lalu juga sering menghantam lubang ataupun jalanan rusak.

Ketika ada benjolan, akan membuat laju ban jadi tidak seimbang dan langsung terasa nih saat kamu nyetir, makanya pastiin jangan sampai terlalu lama tidak ganti ban, apalagi sudah tipis atau banyak tambalan.

#6: Ada masalah pada suspensi mobil.

suspensi mobil

Sumber: Freepik

Suspensi adalah sistem yang memiliki fungsi cukup penting, karena komponen ini bertugas untuk menyerap getaran saat kita berkendara. Kalau suspensi ada kendala, tentu akan terasa tidak stabil saat kita mengemudi, salah satunya setir jadi goyang ke sisi kanan atau kiri.

Baca juga: Selain Ban Kempes, Ini Penyebab Setir Mobil Berat

Yuk pastikan mobil sehat saat dikendarai:

Buat kamu yang sering bepergian dengan mobil setiap hari, sering-seringlah melakukan pengecekan ringan. Seperti pada sisi ban mobil, kaki-kaki dan juga keseimbangan mobil kamu.

Karena ini cukup penting dan bisa berdampak pada diri kamu dan pengguna jalan lainnya. Penting juga untuk kamu yang berniat beli mobil bekas untuk melakukan pengecekan pada sektor ini, agar tidak banyak uang kamu keluarkan hanya untuk perbaikan sisi kaki-kaki, ban dan juga kemudi. Gunakan jasa inspeksi mobil bekas independen Otospector biar kamu tidak salah pilih mobil ya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi

Maret 13, 2024
Alhamdulillah Otofriends udah masuk bulan puasa lagi, kita dikasih waktu untuk kembali menjadi manusia yang bersih. Menuju hari kemenangan, hajat orang Indonesia akan kita rasakan, mudik setiap tahun menjadi momen yang seru untuk kita yang mau pulkam alias pulang kampung. Tahu kah kamu otofriends, menurut hasil survei Kemenhub, untuk tahun 2024 ini pemudik menggunakan mobil
Baca Lebih Lanjut

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut

Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

Maret 12, 2024
Fungsi tombol sirkulasi udara di mobil sering menjadi pertanyaan besar bagi pemilik mobil. Maklum, tombol ini memang terhitung jarang disentuh-sentuh. Bahkan mungkin sejak mobil baru dibeli. Tombol sirkulasi udara di mobil tentu berfungsi untuk menjaga kualitas udara yang dihirup oleh penumpang di dalam mobil. Namun sebaiknya Otofriends juga harus tahu secara spesifik, bagaimana peran tombol
Baca Lebih Lanjut