Selain Ban Kempes, Ini Penyebab Setir Mobil Berat

Januari 13, 2024
By Thomas W
Selain Ban Kempes, Ini Penyebab Setir Mobil Berat-otospector

Penyebab setir mobil berat sebenarnya bisa bermacam-macam. Namun salah satu yang paling umum dan mudah dideteksi adalah kondisi ban mobil yang kempes. Saat melewati jalanan yang agak rusak, setir yang berat bisa langsung terasa.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tidak ada pilihan lain, untuk mencegah kondisi ini, Otofriends harus selalu mengecek tekanan angin pada ban secara rutin. Seiring waktu dan pemakaian, tekanan angin ban memang selalu berkurang.  

Selain dari ban kempes ternyata masih banyak kondisi yang menjadi penyebab setir mobil berat. Terutama masalah yang ditimbulkan dari seputar kaki-kaki mobil. Cara mengatasinya juga harus sesuai dengan penyebabnya.

Apa saja? Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi setir mobil berat tanpa kesulitan yang perlu Otofriends ketahui:

#1: Oli Power Steering Habis

Penyebab Setir Mobil Berat

Sumber: Carorbis.com

Dalam bekerja, power steering memakai menggunakan oli atau cairan untuk memberi tekanan hidrolik pada piston. Tekanan inilah yang akan meringankan beban setir. Nah, kalau cairan ini berkurang atau bahkan habis, maka tekanan menurun dan membuat setir mobil berat.

Untuk mengatasinya tentu dengan menambahkan cairan power steering sesuai dengan kapasitas atau di batas garis maksimum pada tabung.  

Sebaiknya Otofriends perlu melacak juga penyebab berkurangnya cairan. Jika memang ada kebocoran di rack seal dari rack steer, maka sebaiknya dibawa ke bengkel.

Baca juga: Cara Parkir Paralel Mobil Matic

#2: Kerusakan Pada Rack Steer

Penyebab Setir Mobil Berat

Sumber: Suzuki.co.id

Di dalam rack steer ada rack gear, pinion gear, dan rack seal. Rack gear dan pinion gear fungsinya mengubah gerakan setir berputar menjadi gerakan mendatar roda. Sedangkan rack seal mencegah cairan power steering bocor.

Kalau ada salah satu bagian yang rusak, maka efeknya setir akan terasa berat.

Tidak ada pilihan, Otofriends harus memperbaiki di bengkel khusus. Perlu diketahui, rack steer juga perlu dicek dan dirawat untuk untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Kerusakan Pada Belt Power Steering

Penyebab Setir Mobil Berat

Sumber: Bofiracing.co.uk

Dalam sistem kemudi, belt power steering berfungsi memutar pompa oli power steering. Pompa inilah yang menghasilkan tekanan hidrolik untuk power steering.

Kerusakan pada belt akan menyebabkan pompa tidak akan berputar. Akibatnya tekanan hidrolik akan berkurang dan setir terasa berat.

Otofriends bisa mengatasi masalah ini dengan mengganti belt. Disarankan juga untuk menggunakan belt yang sesuai dengan spesifikasinya.  

Pastikan pemasangan belt juga harus pas, tidak terlalu kencang atau longgar. Jika terlalu kencang, pompa akan cepat aus. Sedangkan kalau terlalu longgar, fungsi pompa tidak akan optimal.

#4: Pompa Oli Power Steering Mampet

Penyebab Setir Mobil Berat

Sumber: Freepik

Pompa oli power steering bisa mampet karena adanya kotoran atau oli yang kental. Kondisi ini akan mengurangi tekanan hi1drolik sehingga setir terasa berat.

Tentu saja kotoran pada pompa harus dibersihkan. Oli juga bisa diganti sekalian. Ingat, pastikan oli ini selalu bersih dan tidak tercampur kotoran atau air.

Kalau yang rusak adalah pompa, maka sebaiknya diganti baru. Komponen ini menyebabkan setir terasa berat.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Kerusakan Pada Ball Joint

Penyebab Setir Mobil Berat

Sumber: Depositphotos

Ball joint adalah komponen yang fungsinya menjadi engsel antara long tie rod dan steering knuckle. Kalau ada kerusakan pada ball joint, misalnya aus atau longgar, jadinya gerakan long tie rod tidak stabil. Setir mobil setir mobil menjadi berat dan bergetar.

Jika memang ball joint mengalami kerusakan, maka ganti dengan yang baru. Pastikan pemasangan pas, tidak terlalu kencang atau longgar.

Kalau ball joint dipasang terlalu kencang, long tie rod dan steering knuckle cepat aus. Kalau terlalu longgar, long tie rod dan steering knuckle bergerak tidak stabil.

Baca juga: Pahami Dulu Risiko Modifikasi Setir Mobil

Bolehkah kita memodifikasi setir mobil? Dan apa efeknya untuk mobil?

Sebaiknya Otofriends paham, modifikasi setir mobil risikonya cukup tinggi. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan jangan hanya melihat tampilan atau gaya saja, tapi juga fungsi dan keamanan.

Hal lain, modifikasi setir mobil juga bisa berdampak pada nilai jual mobil. Karena setir mobil adalah salah satu komponen mobil yang menentukan kualitas dan kenyamanan mobil. Jika dimodifikasi dengan produk yang tidak berkualitas akan turun harga jualnya.

Nah, kalau Otofriends bermaksud mengetahui kondisi menyeluruh dari sebuah mobil untuk menentukan nilai jualnya, maka jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan di lebih dari 150 titik dan dilakukan tenaga profesional, maka Otofriends bisa mengetahui kondisi mobil secara lebih baik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini. Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV
Baca Lebih Lanjut

Selain Civic Siapa Aja Mobil Sedan Terbaik 2024?

Februari 20, 2024
Kalau ada disini yang suka dengan mobil sedan, bang min pengen tanya kenapa kamu suka mobil sedan sih? Apa karna mobil sedan keren suka ada di film-film Amerika? Semua alasan kamu itu bang min setuju. Kalo bang min paling suka sama mobil sedan itu dari Eropa, yaitu Mercedes-Benz. Tapi kali ini kita bakalan bahas lebih
Baca Lebih Lanjut

Harga Xenia Bekas Sangat Variatif, Ini 6 Rekomendasinya

Februari 19, 2024
Di antara berbagai pilihan mobil MPV di pasaran, harga Xenia bekas sejauh ini adalah yang paling variatif. Maklum, mobil ini sudah muncul sejak 17 tahun lalu dengan tiga generasi dan paling tidak empat kali facelift, yaitu 2005, 2006, 2008, dan 2019.   Bagi konsumen tentu saja kenyataan ini sebuah keuntungan, lantaran mereka punya banyak pilihan.
Baca Lebih Lanjut