Pahami Dulu Risiko Modifikasi Setir Mobil

Juni 06, 2023
By Thomas W
Pahami Dulu Risiko Modifikasi Setir Mobil-otospector

Setir mobil adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan roda empat. Setir mobil berfungsi untuk membelokkan ban depan sesuai  arah yang diinginkan pengemudi. Selain itu, setir mobil juga bisa memberi rasa berkendara yang nyaman dan menyenangkan bagi pemilik mobil.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun, karena berbagai alasan, ada sebagian pemilik mobil yang ingin memodifikasi setir mobil. Ada yang ingin ganti setir dengan model yang lebih sporty, elegan, atau unik. Ada juga yang ingin menambahkan fitur-fitur seperti cruise control, sistem audio, atau tombol-tombol lainnya.

Modifikasi setir mobil memang bisa memberikan tampilan dan fungsi yang berbeda bagi mobil. Namun, ada juga risiko yang perlu diperhatikan pemilik mobil. Berikut beberapa risiko modifikasi setir mobil yang bisa terjadi:

#1: Mengganggu Keseimbangan Dan Stabilitas Mobil

Risiko Modifikasi Setir Mobil

Setir mobil adalah salah satu modifikasi yang bisa mempengaruhi geometri dan suspensi mobil. Jika ukuran setir aftermarket bisa jadi berbeda dengan ukuran setir bawaan pabrik, maka bisa menyebabkan perubahan sudut kemudi dan jarak sumbu roda. Akibatnya membuat mobil jadi kurang stabil dan mudah oleng saat berkendara.

Baca juga: Catat Nih, 7 Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

#2: Mengurangi Keamanan Dan Keselamatan Pengemudi Serta Penumpang

Risiko Modifikasi Setir Mobil

Setir mobil sesungguhnya terhubung dengan sistem keselamatan seperti airbag dan sabuk pengaman. Jika setir aftermarket tidak sesuai dengan spesifikasi dan standar pabrik, akibatnya bisa terjadi kerusakan atau malafungsi pada sistem keselamatan tersebut. Misalnya, airbag tidak bisa mekar dengan sempurna atau sabuk pengaman tidak bisa menahan tubuh dengan kuat saat terjadi benturan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Merusak Sistem Elektronik Dan Mekanik Mobil

Risiko Modifikasi Setir Mobil

Setir mobil terhubung dengan sistem elektronik dan mekanik lain. Jika setir aftermarket tidak kompatibel dengan sistem tersebut, bisa terjadi korsleting, kebocoran, atau kerusakan pada komponen-komponen tersebut. Misalnya, cruise control tidak bisa berfungsi dengan baik atau sistem audio tidak bisa mengeluarkan suara, dan lain-lain.

#4: Menimbulkan Biaya Tambahan  

Risiko Modifikasi Setir Mobil

Setir mobil adalah salah satu komponen yang cukup mahal untuk diganti atau dimodifikasi. Selain itu, modifikasi setir mobil juga membutuhkan tenaga ahli dan peralatan khusus. Jika modifikasi setir mobil tidak dilakukan dengan benar atau mengalami masalah, maka pemilik mobil harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaiki atau mengganti setir mobil tersebut.

Baca juga: Power Steering Mobil Terasa Berat? Ini 5 Penyebabnya

beli mobil bekas di tokopedia

Modifikasi Setir Tidak Mudah Dan Tidak Murah

Muhammad Bobby, pemilik bengkel spesialis modifikasi setir mobil di Jakarta, mengatakan bahwa modifikasi setir mobil memang memiliki risiko yang cukup tinggi. Ia menyarankan agar pemilik mobil tidak sembarangan melakukan modifikasi setir mobil tanpa mempertimbangkan faktor-faktor di atas.

“Modifikasi setir mobil bukanlah hal yang mudah dan murah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan modifikasi setir mobil. Jangan hanya melihat tampilan atau gaya saja, tapi juga fungsi dan keamanannya,” ujar Bobby seperti dikutip Kompas.com.

Selain risiko-risiko yang sudah disebutkan di atas, modifikasi setir mobil juga bisa berdampak pada nilai jual mobil. Setir mobil adalah salah satu komponen yang menentukan kualitas dan kenyamanan mobil. Jika setir mobil sudah dimodifikasi dengan produk-produk yang tidak sesuai atau tidak berkualitas, maka bisa menurunkan nilai jual mobil tersebut.

Nah, kalau Otofriends bermaksud mengetahui kondisi menyeluruh dari sebuah mobil untuk menentukan nilai jualnya, maka jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan di lebih dari 150 titik dan dilakukan tenaga profesional, maka Otofriends bisa mengetahui kondisi mobil secara lebih baik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mari Kita Cek, 5 Mobil Diesel Paling Irit 2024

Mei 11, 2024
Harus diakui, salah satu alasan sebagian konsumen otomotif di Indonesia menyukai mobil bermesin diesel adalah karena faktor bahan bakar. Selain irit, sudah jadi permakluman, kalau ada sebagian orang nekat memberikan bahan bakar Biosolar yang notabene harganya paling murah. Alhasil, biaya operasional mobil ini sangat ekonomis untuk pemakaian sehari-hari. Alasan lain tentu saja karena faktor mesin.
Baca Lebih Lanjut

Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

Mei 11, 2024
Ada sebagian orang yang memilih servis berkala mobil di bengkel resmi, sementara sebagian lagi memilih ke bengkel biasa. Kedua pilihan itu tentu tidak masalah, asalkan tetap dilakukan perawatan kendaraan sesuai periode servisnya. Service mobil tetap dalam kondisi prima secara berkala. Service jadi salah satu cara agar mobil bisa tetap sehat, service untuk mobil harus dilakukan.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Matic Murah Harga Dibawah 100 Juta, Per 2024

Mei 10, 2024
Arus lalu-lintas di perkotaan yang padat namun tetap ada kebutuhan dalam efisiensi berkendara, membuat konsumen saat ini banyak mencari mobil matic murah. Membeli mobil udah jadi kebutuhan dan bukan lagi barang mewah, disini kita bahas rekomendasi mobil matic murah terbaik. Bagi sebagian orang, transmisi otomatis memang masih terkesan mahal. Tapi itu tidak berlaku lagi setelah
Baca Lebih Lanjut