Begini Rute ke Pelabuhan Merak Naik Mobil Pribadi

Agustus 28, 2023
By Thomas W
Begini Rute ke Pelabuhan Merak Naik Mobil Pribadi-otospector

Bagi Otofriends yang ingin melakukan perjalanan darat ke Pulau Sumatera, salah satu pilihan transportasi yang bisa digunakan adalah menggunakan kapal penyeberangan dari Pelabuhan Merak di Banten ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung atau penyeberangan Merak-Bakauheni.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Rute ini bisa dikatakan sebagai rute yang terbaik, karena ditempuh menggunakan jalan tol dari Jakarta. Cukup dalam beberapa jam, Otofriends sudah akan sampai di Pelabuhan Merak. Simak rute untuk ke pelabuhan merak sekarang.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menempuh rute ke Pelabuhan Merak naik mobil:

#1: Melalui Ruas Tol Jakarta-Tangerang

Rute ke Pelabuhan Merak Naik Mobil

Untuk menuju ke Merak dari Jakarta, Otofriends perlu melewati ruas tol Jakarta-Tangerang terlebih dahulu.

Ruas tol ini memiliki sembilan gerbang masuk, di antaranya Tomang IC, Kebon Jeruk, Tangerang, Karawaci Barat, Tangerang Barat, Ramp Meruya, Ramp Meruya Utara, Ramp Kebon Jeruk, dan Karawaci Timur.

Untuk tarif tol kendaraan Golongan I berkisar antara Rp2.500 sampai dengan Rp5.500.

Baca juga: Yuk, Servis Mobil Sebelum Mudik

#2: Melalui Ruas Tol Tangerang – Merak

Rute ke Pelabuhan Merak Naik Mobil

Setelah Otofriends melewati ruas tol Jakarta-Tangerang dengan gerbang masuk Tomang IC dan keluar Cikupa, kini saatnya melanjutkan perjalanan ke Merak. Dari gerbang tol Cikupa, kita bisa langsung mengambil ruas jalan yang mengarah ke Merak.

Dari Cikupa sendiri, ada sembilan gerbang tol keluar, termasuk di kota Cilegon di antaranya Balaraja Timur, Balaraja Barat, Cikande, Ciujung, Serang Timur, Serang Barat, Cilegon Timur, Cilegon Barat, dan Merak.

Tarif tol Tangerang-Merak untuk kendaraan Golongan I dari gerbang cikupa adalah berkisar dari Rp2.500 hingga Rp53.500.

Apabila dijumlahkan, maka total tarif tol Jakarta-Merak adalah Rp60.500, dengan rincian Tomang IC ke Cikupa Rp7.000 dan Cikupa ke Merak Rp53.500.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Tiket di Pelabuhan Merak

Rute ke Pelabuhan Merak Naik Mobil

Setelah sampai di Pelabuhan Merak, Anda bisa membeli tiket kapal penyeberangan ke Pelabuhan Bakauheni di loket PT ASDP Indonesia Ferry, perusahaan BUMN yang mengoperasikan angkutan penyeberangan di Indonesia.

Tiket kapal penyeberangan untuk mobil golongan I seharga Rp 250.000 per kendaraan, sedangkan untuk penumpang dewasa seharga Rp 15.000 per orang. Untuk sepeda motor, tiket kapal penyeberangan seharga Rp 25.000 per kendaraan.

Tiket juga bisa dibeli secara online melalui aplikasi ASDP Mobile atau situs web resmi PT ASDP.

#4: Alternatif Pelabuhan Penyeberangan Pulau Jawa Ke Sumatra

Rute ke Pelabuhan Merak Naik Mobil

Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni merupakan pelabuhan penyeberangan terbesar dan tersibuk di Indonesia, menghubungkan pulau yang sibuk di Indonesia. Keduanya melayani sekitar 123 juta penumpang, 23 juta kendaraan, dan 1,5 juta ton barang per tahun. Untuk membantu dan menunjang transportasi laut, pelabuhan ini sangat ramai dan sibuk setiap hari.

Pada saat arus mudik lebaran, kedua pelabuhan ini mengalami lonjakan jumlah penumpang dan kendaraan yang bisa mencapai 2-3 kali lipat dari hari biasa.

Selain Pelabuhan Merak, ada juga alternatifnya yakni Pelabuhan Ciwandan yang jaraknya 16 km dari Merak. Pelabuhan ini adalah pelabuhan pendukung agar beban lalu lintas pada Merak bisa berkurang, terutama saat musim Mudik Lebaran atau libur panjang.

Baca juga: Tips dan Trick Saat Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi

beli mobil bekas di tokopedia

Baru beli mobil bekas, apakah layak jika langsung diajak mudik?

Sebuah mobil bekas tentu saja kondisinya tidak sesempurna mobil baru. Akan tetapi fakta ini tidak menjadi masalah asalkan pembeli bisa memastikan komponen yang perlu mendapat perhatian atau bahkan pergantian. Karena itulah kondisi mobil secara keseluruhan harus diketahui pasti.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas. Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting Otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada Otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut