Bahan Bakar Mobil Bisa Basi? Ya, Ini 4 Faktanya

Januari 05, 2022
By Thomas W
Bahan Bakar Mobil Bisa Basi? Ya, Ini 4 Faktanya-otospector

Banyak orang tidak menyadari, bahan bakar mobil juga punya masa kedaluwarsa. Istilahnya, bensin yang sudah basi.

Karena memang sudah basi tentu saja kualitasnya sudah tidak layak. Tentu saja dampaknya juga buruk terhadap pembakaran dan mesin mobil. Idealnya sudah tidak dipakai lagi.

Nah, agar Otofriends semakin paham tentang bahan bakar mobil yang basi, berikut ini 5 fakta yang dihimpun Otospector:

#1: Akibat Terlalu Lama Mengendap

Isi Bensin

Bensin menjadi basi akibat terlalu lama mengendap di dalam tangki mobil. Apalagi jika mesin tidak pernah dipanaskan. Bensin mulai basi setelah sekitar lebih dari 3 bulan mengendap dan tidak habis digunakan.

Akan tetapi bensin basi tidak akan berubah secara fisik. Tidak akan membusuk, berubah warna, ataupun berbau menyengat.

Namun jika dicek kandungannya, bensin sudah mengalami penurunan kualitas di beberapa unsur. Seperti pada bagian Research Octane Number (RON) atau oktan, destilasi, dan penambahan sedimen.

#2: Dipengaruhi Proses Penguapan

Bahan Bakar Mobil Bisa Basi? Ya, Ini 4 Faktanya

Bensin yang didiamkan terlalu lama di dalam tangki dengan ventilor, maka senyawa benzene di dalam bensin akan berhubungan dengan udara di luar. Akibatnya, akan terjadi penguapan cairan bahan bakar menjadi gas.

Hasil penguapan bahan bakar akhirnya membentuk kerak yang menempel di dalam tangki. Lama-kelamaan kerak ini akan makin mengeras dan membentuk endapan (sedimen). Kondisi ini yang diistilahkan basi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda

#3: Berdampak Buruk Pada Mesin

Melindungi mesin mobil

Seperti sudah dibahas, bensin basi akan membentuk endapan atau sedimen di dinding tangki. Endapan semakin lama bisa mengeras dan menggumpal.

Jika sedimen ini tersedot ke dalam pompa bahan bakar saat mesin dinyalakan, lapisan ini akan menyumbat sistem pembakaran. Susunan kimia dalam bensin juga sebenarnya sudah berubah, sehingga pembakaran tidak akan sempurna. Efeknya buruk pada mesin.

#4: Bisa Dicegah Asalkan Rajin

Starter Mobil

Karena terjadi akibat mengendap, maka biasakan agar tidak menyimpan bensin terlalu lama. Jika memang kendaraan akan didiamkan dalam waktu lama, maka tangki sebaiknya dikosongkan.

Untuk mencegah pengendapan, tetap panaskan mobil minimal dua kali dalam satu minggu. Lebih baik lagi kalau mobil dibawa berputar seputar rumah.

Selain itu, hindari juga parkir di bawah sinar terik matahari karena bisa memicu suhu tinggi di dalam tangki mobil.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 9 Mobil Paling Irit BBM yang Bisa Bikin Anda Hemat Terus!

Bagaimana memastikan bahan bakar di mobil kita selalu ada dalam kondisi layak?

Jika mobil selalu digunakan untuk aktivitas harian, tentu tidak ada persoalan. Namun jika jarang dipakai atau malah akan diparkir dalam waktu lama, pastikan tidak ada bensin yang akan mengendap terlalu lama di dalam tangki. Setidaknya dalam waktu sekitar 3 bulan, harus berganti atau ditambahkan.

Karena itu penting untuk memperkirakan jumlah BBM di dalam tangki saat mobil akan disimpan, agar bisa habis dalam waktu tidak terlalu lama dan selalu terjadi pergantian berkala.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat Nih! Mobil Bekas Harga 50 Jutaan Update 2024

Januari 12, 2024
Banyak alasan mengapa seseorang ingin memiliki mobil. Salah satunya sebagai alat transportasi yang relatif aman dari efek cuaca; hujan atau panas. Jadi, meski sudah punya sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari, orang tetap punya keinginan sebuah mobil. Meski dengan dana terbatas, pilihan mobil bekas sebenarnya bisa sangat beragam. Hanya saja mobil bekas dengan harga Rp50 juta
Baca Lebih Lanjut

Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body. Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan
Baca Lebih Lanjut

Cari Tahu Mobil Eropa Murah Bekas Update 2024

Januari 11, 2024
Hi Otofriends, siapa di sini yang suka banget sama mobil-mobil Eropa? Kalau kamu suka mobil-mobil Eropa dan pengen beli mobil Eropa bekas terbaik. Wets, pas banget nih kamu baca artikel dari Otospector kali ini. Emang mobil Eropa atau brand mobil-mobil Eropa itu gak bakal sepi peminat di tanah air, banyak dari temen-temen bang min yang
Baca Lebih Lanjut